Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sosok dan profil Indra Sjafrie: Menolak tawaran acara lawak dan program komedi di tv.

simpliciouszAvatar border
TS
simpliciousz
Sosok dan profil Indra Sjafrie: Menolak tawaran acara lawak dan program komedi di tv.
Selamat datang di thread ane gan.. Monggo dibaca dan disimak. Mudah2an jadi hot thread emoticon-Malu (S)
Siapa yang tidak mengenal sosok Indra Sjafrie? Pasti dia buta sepakbola atau bahkan kurang update seputar sepakbola nasional. emoticon-Cool Sosok satu ini harusnya sudah familiar di telinga para pecinta sepakbola tanah air. Dia adalah pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai AFF Cup U-19 dan berhasil meloloskan timnya ke Putaran Final Piala Asia U-19 setelah mengalahkan Korsel di Jakarta beberapa waktu lalu. Sebuah kemenangan yang dramatis dan fenomenal.
Sosok dan profil Indra Sjafrie: Menolak tawaran acara lawak dan program komedi di tv.
Jangan terlalu terburu-buru mengatakan para punggawa timnas sepakbola U-19 mati-matian berlaga di lapangan hijau demi negara. Karena sebelum menjadi juara Piala AFF U-19 September lalu, mereka tertatih berjuang sendirian tanpa kepedulian dan perhatian negara.

90% skuad TIMNAS U-19 adalah anak-anak kampung dari keluarga menengah ke bawah. Di kampungnya, keluarga mereka tak pernah disebut, bahkan sering dipandang sebelah mata. Indra Sjafri yang menemukan mereka tidak memotivasi anak-anak muda itu dengan cerita berbuih soal nasionalisme dan patriotisme. Hanya berangkat dari sesuatu yang sangat manusiawi, “Bermain bolalah sebaik mungkin demi membanggakan dan menaikkan harkat – harga diri keluarga kalian.”

Spirit itulah yang menjadi kekuatan TIMNAS U-19 asuhan Indra Sjafri. 15 menit sebelum pertandingan dimulai, semua pemain disuruh menelpon orangtuanya di kampung. Minta do’a restu. Tangis terisak. Bola mata mereka memerah. Tangisan membuat semangat membara dan siap memberikan seluruh kemampuan yang ada. Siapakah yang bisa mengalahkan perpaduan restu orang tua dan Tuhan? Jangankan Korea Selatan, Jerman, Brasil, Italia, Spanyol dan seluruh tim yang punya tradisi Piala Dunia sekalipun insya Allah bisa dikalahkan.

Semangat religius itu ditanamkan betul oleh Indra Sjafri kepada anak-anak asuhnya. Iringan syukur dan kepasrahkan kepada Tuhan mengiringi setiap laga. Tiap kali gol tercipta, tiada selebrasi kepongahan. Mereka langsung tersungkur mencium lapangan. Melakukan sujud syukur kepada Tuhan.

Indra Sjafri adalah urang awak yang punya visi jauh untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Masuk Piala Dunia adalah harga mati mengalahkan segalanya. Dalam sebuah sesi curhat bersama seluruh skuad U-19, telah terikrar janji untuk terus bersama mewujudkan mimpi membawa Indonesia menjadi peserta Piala Dunia U-20 2015 New Zealand. Meski harus hidup miskin dan kembali dilupakan negara yang seringkali hanya peduli saat hangat-hangatnya euforia untuk kembali lupa seiring nafsu ketenaran para pemimpinnya terpenuhi.

Indra Sjafri memulai sepakterjangnya dengan menukangi TIMNAS U-16 tahun 2011 dengan target Lolos Piala Asia U-16. List pemain sudah disiapkan oleh PSSI. Indra Sjafri tinggal melatih. Hasilnya, GAGAL TOTAL. Semua pemain dipulangkan, Kecuali Hargianto yang masih dipertahankan oleh Indra Sjafri dan kemudian menjadi pemain andalan di U-19. Saat evaluasi, dibukalah curriculum vitae seluruh pemain. Hampir semua pemain berasal dari Jakarta. Kalaupun ada anak daerah, itu sudah melewati aksi nepotisme yang sangat kental dengan orang Jakarta.

“Indonesia itu punya penduduk 210 juta. Masak mencari 11 pemain bola yang bagus saja tidak bisa???”. Tinggalkan cara-cara instan dengan mencari-cari para bule berdarah Indonesia dan naturalisasi pemain asing yang berlaga di Liga Indonesia yang beberapa tahun belakangan dilakukan PSSI, Indra Sjafri mulai berkeliling Indonesia. Terbang dari satu daerah ke daerah lain. Menyaksikan pertandingan tarkam di pelosok-pelosok desa. Pakai duit pribadi. Pernah suatu kali dalam kunjungannya ke Pasuruan, tim pencari bakat yang dipimpin Indra Sjafri kehabisan uang. Laparpun ditahan. Tapi pantang untuk mundur selangkahpun.

Anak-anak kampung yang kebanyakan dari keluarga miskin inilah yang kemudian menyentakkan rakyat Indonesia dengan gaya bermain sepakbola kelas dunia dan melibas semua lawan dalam ajang AFF CUP 2013 di Sidoarjo Jawa Tmur. Beberapa minggu kemudian, perjuangan lebih keras mesti dijalani. Kali ini adalah kualifikasi Piala Asia U-19. Laos dilibas, Filipina merana. Ada keraguan saat harus berhadapan dengan Juara Bertahan Korea Selatan.

Optimisme mengalahkan Korea Selatan jelang pertandingan dimainkan, ditanggapi sinis oleh para wartawan, yang sudah terbiasa hidup dengan semboyan “berita negatif adalah berita bombastis”, dengan mengalamatkan sindiran, “Indra Sjafri Arogan”.

“Saya tidak arogan. Tapi saya percaya tidak ada yang tidak bisa dikalahkan kecuali Tuhan. Saya tidak mendahului Tuhan. Tetapi saya ingin membuang jauh-jauh mental penakut yang terlalu akut menyerang hati bangsa Indonesia.” Bismillah. Laga di bawah guyuran hujan lebat memberi berkah. Timnas U-19 Indonesia membuat sejarah, mengalahkan sang juara bertahan Korea Selatan 3-2.

Kesabaran itu diuji tidak hanya ketika harus berdarah-darah saat memulai langkah dan menapak perjalanan. Ketika kesuksesan diraih, semua mata melirik. Pintu terbuka lebar-lebar menjadi selebriti. Para produser menelpon menawari tampil di program ini dan itu. Tak ketinggalan dari acara-acara lawakan seperti Soimah dan Bukan Empat Mata Tukul.

Namun bagi Indra Sjafri, tawaran itu tak sekalipun digubris. “Kalau untuk wawancara acara sepakbola dan berita okey. Tapi kalau untuk acara-acara ketawa-ketiwi dan lawakan tidak akan saya penuhi. Emang kami ini para pelawak??? Tak perlu datang di acara-acara begituan. Saat ini Timnas U-19 sudah dikenal orang dari Sabang hingga Merauke.”

Ujian materipun datang berjibun. Produser iklan ramai-ramai menghubungi. “Fee iklan yang hanya 30-50 juta rupiah tak sebanding dengan kekompakan pemain.” Indra Sjafri sangat menjaga perasaan satu rasa – satu jiwa skuadnya. Jika yang dikontrak hanya 1-2 pemain, tentu kecemburuan melanda tim. Dan itu sangat tidak baik. “Kalau mau iklan boleh. Tapi harus semua pemain baik inti ataupun cadangan harus dilibatkan.”

Dalam ranah pribadi, Indra Sjafri pun tak luput dari rayuan klub-klub besar Indonesia. Tawaran 500 juta sampai miliaran rupiah disampaikan pemilik klub. “Semua saya tolak. Karena yang paling penting bagi kami saya ini adalah menempatkan kaki di Piala Dunia.”

Penyakit akut bangsa ini adalah mental inlander. Mimpi Piala Dunia bagi sebagian orang Indonesia bisa jadi sesuatu yang muluk-muluk. Ketakutan bermimpi itu harus dibuang jauh-jauh. Karena sepakbola bukan lagi permainan tak terprediksi. Membawa filosofi empiris orang Minang, Indra Sjafri percaya hasil pertandingan bisa dikalkulasi dan diprediksi. Keyakinan kemenangan atas Korea Selatan ia dasarkan kepada hasil tes skill dan kekuatan stamina para pemainnya. Angka 50 adalah angka terendah (VO2max) pemain TIMNAS U-19 saat ini. Sang Kapten, Evan Dimas bahkan memiliki (VO2max) 60. Bandingkan dengan kadar tertinggi VO2max pemain Korsel yang hanya 56.

Banyak orang mengatakan gaya permainan anak asuh Indra Sjafri mirip tika-taka nya Barcelona. Namun, Indra tak mau disamakan dengan klub La Liga itu. “Permainan kami bukan tiki-taka ala Barcelona. Kami bermain dengan gaya Indonesia. Sesuai dengan kemampuan dan potensi anak-anak Indonesia bertalenta yang kami miliki di tim U-19 ini.”


Sosok dan profil Indra Sjafrie: Menolak tawaran acara lawak dan program komedi di tv.

Gimana gan, mantep gak ? emoticon-Smilie
Hidup uda Indra!emoticon-I Love Indonesia (S)

kalo suka, mohon dirate ya agan-agan yang baik hati,,, emoticon-Betty

Ane demen banget ama karakter pelatih yang begini, sosok yang dirindukan oleh negara ini .. ya gak gan? mudah-mudahan timnas u-19 bisa terus berprestasi dan membanggakan bangsa kita emoticon-I Love Indonesia

sumber: http://iwakbiroe.wordpress.com/2013/...indra-sjafrie/
Diubah oleh simpliciousz 11-11-2013 02:20
0
6.3K
48
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.