Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ozombieAvatar border
TS
ozombie
[Butuh Pengalihan Isu Lagi] Pusing Urus DPT, Mendagri Tak Perhatikan Pencetakan E-KTP
Pusing Urus DPT, Mendagri Tak Perhatikan Pencetakan E-KTP
Deytri Robekka Aritonang
Jumat, 8 November 2013 | 23:04 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tidak dapat selesai sesuai target awal pada bulan Oktober 2013. Proyek diperpanjang hingga Desember 2013. Atas kemoloran program itu, Kementerian Dalam Negeri menyalahkan tahapan pemutakhiran data pemilih hingga menjadi daftar pemilih tetap (DPT) nasional untuk Pemilu 2014.

"Targetnya (pencetakan e-KTP) sampai 175 juta lembar. Cuma saya pusing ini, waktu kita tiga bulan sudah habis untuk (mengurus) DPT. Saya belum mengecek, kerjanya (pencetakan e-KTP) bagaimana tiga bulan ini," ujar Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Ia mengatakan, hingga saat ini jumlah e- KTP yang tercetak baru mencapai 146 juta lembar. Padahal, jumlah data penduduk yang terekam diklaim telah mencapai 176 juta data penduduk. Gamawan meminta pencetakan dimaksimalkan.

Gamawan menambahkan, pihaknya menargetkan pencetakan e-KTP hingga 175 juta lembar pada akhir tahun ini. Menurutnya, pencetakan adalah perkara yang mudah. Namun, pihaknya terbentur persoalan data penduduk dari daerah.

Ia mengatakan, pihaknya sulit mengirimkan data dari daerah ke bank data Kemendagri untuk memastikan ketunggalannya. "Mencetak mudah, sebulan jadi. Cuma membawa yang offline ini bagaimana, masukkan satu per satu. Itu yang saya khawatirkan, keburu (tercapai) atau tidak," kata Gamawan.

Pencetakan e-KTP, kata Gamawan, hanya dilakukan bila data yang terekam sudah dipastikan tunggal. Data penduduk yang sudah dipastikan tunggal baru mencapai 146 juta. Data tersebut sudah teridentifikasi dan masuk pusat data Kemendagri.

http://nasional.kompas.com/read/2013...ampaign=Kkomwp

Ini janji Mendagri di tahun 2012. emoticon-Big Grin
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kembali menegaskan janjinya akan mundur dari jabatannya saat ini jika akhir Desember 2012 tidak mampu menyelesaikan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Saya sudah janji dengan bangsa Indonesia kalau perekaman e-KTP tidak sampai 172 juta akhir Desember tahun ini, saya minta berhenti dari Menteri Dalam Negeri,"
tegasnya di acara Rapat Koordinasi Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Riau serta Bupati/Walikota dan Camat se-Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (21/6) siang.


http://www.kemendagri.go.id/news/201...esai-tahun-ini

Janji kok tidak ditepati? Padahal sudah dibela mati2an oleh attack dog. emoticon-Big Grin
[Attack Dog KUMIS] Bela Mendagri, Selon FPI: Ahok Jangan Sok Tahu!
[Pura2 Bego] Mendagri Tak Tahu FPI Mulai Mengusik Jokowi, Lurah Susan dan Lurah Grace


Mau cari pengalihan isu lagi? Orang di belakang siap membantu. emoticon-Big Grin
[Butuh Pengalihan Isu Lagi] Pusing Urus DPT, Mendagri Tak Perhatikan Pencetakan E-KTP
0
1.5K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.