Tyres
Bridgestone, 16.5 inch front, 16.5 inch rear, available as slick and wet tyres.
Brakes
Brembo, two 320mm carbon front discs, two four-piston calipers. Single stainless steel rear disc, twin-piston caliper.
Weight
157 kg. In accordance with FIM regulations.
Fitur:
Yamaha Crossplane Crankshaft
Mesin inline 4 dengan sistem ini memiliki gerak piston yang sangat berbeda dengan gerak piston mesin flatplane. Pada sistem crossplane crankshaft, empat piston meledak bergantian secara lebih rapat tiap 90 derajat gan. Artinya, saat piston 1 (dari kiri) meledak, 90 derajat berikutnya piston 2 meledak…dan berturut turut sampai piston 4. Artinya lagi…saat piston 1 berada di atas (top silinder), piston 2 berada hampir di samping bawahnya, piston 3 pun begitu. Dan, Crossplane Crankshaft ini memiliki suara yang khas loh gan. Gak percaya? coba aja cari di YouTube, suaranya kaya Pesawat
Intinya, Crossplane Crankshaft ini memberikan YZR-M1 tenaga yang lebih besar, dan lebih efisien. Oiya kalo mau lebih jelas lagi, tonton aja video di atas ya gan
Engine Type Liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
Displacement (cc) 1,000
Maxmun power (kw) Over 170
Frame type Aluminum twin-tube
Front wheel (inch) 16.5
Rear wheel (inch) 16.5
Front suspension Telescopic fork
Rear suspension Pro-link
Fuel tank capacity (liter) 21
Fitur:
Ane yakin pasti motor ini banyak banget fitur sama kecanggihannya. Tapi udah ane cari-cari gak ketemu sama sekali mungkin Honda gak mau kalo fiturnya diketahui sama publik makanya diem diem aja doi. Abis gak mungkin banget RC213V ini minim fitur, wong di Sirkuit paling ngebut, Yamaha aja kalah kalo di Lurusan
Berbeda sama Yamaha YZR-M1, RC213V ini menggunakan V Engine, bukan Inline 4 Silinder kaya Yamaha.
Spoiler for RC213V Engine:
Spoiler for Inline 4 Cylinder YZR-M1:
Nah liat kan bedanya? Kalo YZR-M1 itu Silindernya 4 biji baris di depan, sementara RC213V itu Silindernya 2 depan, 2 belakang mirip seperti huruf V
Spoiler for Ducati:
Ducati
Motor: Desmosedici GP13 (Karena Tahun 2013, kalo 2011 ya jadi GP11, dst)
Spesifikasi:
Engine
Liquid-cooled, 90 degree V4 four-stroke, desmodromic DOHC,
four valves per cylinder
Capacity
1,000cc
Maximum power
More than 235hp
Maximum speed
In excess of 330 km/h (205 mph)
Transmission
Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final drive
Carburation
Indirect Magneti Marelli electronic injection, four throttle bodies
with injectors above butterfly valves. Throttles operated by the new EVO 2 TCF (Throttle Control & Feedback) system
Fuel
Shell Racing V-Power
Lubrificant
Shell Advance Ultra 4
Ignition
Magneti Marelli
Exhaust
Termignoni
Final Drive
D.I.D Chain
Frame
Aluminium
Suspension
Öhlins inverted 48mm fork and Öhlins shock absorber, adjustable for preload, new factory evolution damping system
Tyres
Bridgestone 16.5" front and rear
Brakes
Brembo, two 320mm carbon front discs with four-piston callipers.
Single stainless steel rear disc with two-piston calliper
Dry Weight
160 kg (353 lbs.)
Fitur:
Ducati Desmodromic Valve System
Fungsinya adalah untuk mempercepat penutupan klep dan mencegah kasus floating gan. Kalo floating kan gawat bisa bikin mesin ancur gan
Cara kerja nya dengan menggunakan rocker arm ganda yang salah satu berfungsi untuk menekan klep dan satu nya mengembalikan posisi klep dengan cepat.
Keuntungan sistem desmodromic:
1. Tidak membutuhkan per klep yang keras
2. Kasus floating dapat di minimalkan
3. Kerja kem jadi ringan, putaran mesin tidak berat
Thanks buat agan yang di bawah udah ngingetin. Desmosedici GP13 ini sebenernya bukan V Engine. Tetapi L Twin Engine. Karena sudut tiap silinder membentuk 90 derajat yang berarti seperti huruf L. Bukan V. Tapi kalo didiriin ya mirip huruf V
Thanks buat agan yang di bawah. 3 Motor Terakhir ini, dipakai sama Tim CRT, bukan Tim Pabrikan. Tim CRT ini sebenernya dibentuk dengan tujuan untuk membatasi penggunaan teknologi mahal dan rahasia oleh para tim independen. Tapi konon, tahun 2014 besok Tim CRT bakalan dihapus gan
Spoiler for Kawasaki:
FTR
Spesifikasi:
Overall dimensions:
Length: 2052 mm
Width: 645 mm
Height: 1110 mm
Distance: 1435 mm
Height: 115 mm
Engine:
- TKRP Honda or Kawasaki
Engine:
- 245+ HP.
Engine:
- 325 kph+.
Suspension:
- Front: Ohlins
- Rear: Ohlins
Chassis:
- FTR MGP13 – Aluminium tri-spar construction
Brakes:
- Front: Brembo
- Rear: Brembo
Dry weight:
- 157 kg (including ballast)
Spoiler for Aprilia:
Aprilia
Motor: Aprilia ART
Spesifikasi:
Bike Info
Bike Aprilia ART
Engine V4 16 valve 4-stroke
Power 225 hp
Top Speed 330 km/h
Chassis ART Aluminium frame
Suspension
Front Öhlins inverted front forks
Rear Öhlins rear shock absorber
Brakes
Front Two 320mm carbon front discs with four-piston callipers (Brembo)
Rear Single stainless steel disc (Brembo)
Spoiler for BMW:
BMW
Motor: BMW Loda-Suter
Spesifikasi:
Bike Info
Bike Ioda-Suter
Engine BMW inline-4 999cc
Power 225 hp
Top Speed 320 km/h
Chassis Aluminium Deltabox Ioda-Suter
Suspension
Front Öhlins
Rear Öhlins
Brakes
Front Brembo
Rear Brembo
Nah bisa diliat kan gan betapa sangarnya motor-motor di MotoGP
Kalo tanpa bantuan chip dan berbagai sensor, mustahil manusia bisa bawa motor kaya begitu. Beratnya cuma 160Kg (Ninja 250 Fi aja 172Kg) sementara tenaganya 240+ HP
Nih ane update sensor sensor & sistem canggih yang diaplikasikan di Motor Motor MotoGP. Cekidot
Spoiler for Traction Control System (TCS) (All Moto):
Nah itu yang nomor 3 gan. Sensor itu letaknya ada di ban depan, dan di dekat ban belakang. Sensor ini gunanya buat mengontrol pergerakan kedua ban. Kalo ban belakang muter lebih cepet dari ban depan, sensor ini bakalan bekerja dan mengurangi power motor meskipun Gas dibuka penuh sekalipun
Sensor ini juga bisa disetting manual gan. Bisa disetting low, medium, high, atau full sensitivitasnya
Ini yang bikin Pedrosa jatoh waktu disenggol sama Marquez. Pas disenggol, ternyata TCS yang ada di belakang error otomatis pas Pedrosa buka Gas penuh (Harus buka Gas banyak supaya motor bangun) dia langsung Sliding gan
Kalo yang nomor 4 itu, namanya Quick Release Brake Line Coupling. Ini berfungsi membuat pengereman sempurna gan. Ente bayangin aja, dari kecepatan 250++kmh bisa langsung ngerem dengan baik.
Spoiler for Brake Disc Temperature Infrared Sensor (All Moto):
Itu yang nomor 1 sensornya gan. Sensor itu gunanya supaya mekanik tau suhu yang pas dan optimal buat pengereman. Karena Disc yang digunakan bukan dibuat dari Besi kaya motor bebek gan tapi dibuat dari Carbon. Carbon, itu sangat baik digunakan pas temperature tinggi
Nah yang nomor 2, itu Brembo Billet Monoblock Caliper. Caliper yang digunakan di sini, beda jauh sama yang dipake motor motor biasa. Caliper ini memberikan tekanan yang lebih besar ke Disc gan, sehingga menghasilkan performa pengereman yang lebih baik
Spoiler for ASIMO Chip (Honda RC213V):
Lho kok robot? Iya gan Robot. Ini namanya ASIMO. Robot yang dibuat sama Honda. Nah RC213V itu pake Chip yang jadi Otaknya si ASIMO ini gan. Chip ini bekerja layaknya otak gan. Antara lain, dapat menganalisa sifat dari motor tersebut berdasarkan spesifikasinya, terus juga bisa mengontrol kemampuan mesin dengan sangat optimal, serta mengatur kestabilan dari RC213V gan. Gila gak tuh Honda motornya
Spoiler for Seamless Shift Gearbox (Zeroshift) (Yamaha, Honda, Ducati):
Ini gearbox yang paling keren gan. Gearbox yang paling mahal Yamaha jadi tim terakhir yang make Seamless Shift Gearbox ini. Gearbox ini berfungsi mengurangi hentakan yang terjadi saat perpindahan gigi gan serta meningkatkan akselerasi. Katanya si Lorenzo, pas pake Gearbox ini, serasa kaya naik motor matic. Pindah gigi tanpa jeda, pas melakukan engine brake ekstrim pun motornya gak goyang, soalnya ECU bisa ngatur pada rpm tertentu aja bisa nurunin gigi. Kalo di gerabox biasa gak bisa disetting
Cara Kerjanya:
Pada intinya kita hanya membicarakan 2 gear yaitu gear pertama dan kedua, kedua gear ini berputar bebas pada poros As Output. Kedua gear tersebut dihubungkan dengan gear dari poros As Input yang merupakan sumber tenaga dari rumah kopling dan As Kruk.
Diantara dua gear tersebut ada “Dog-Clutch” yang bertumpu pada As output dan terpasang pula 2 ring yang terdapat 3 bantalan (Bullet) ditiap kedua Ring. Bantalan ini bergerak maju-mundur sebagai penghubung antara Gear 1dan 2 – Dog Clutch – Output Shaft.
1. Pada posisi netral bantalan merah dan biru diposisi tengah, untuk mengaktifkan gear ke satu maka bantalan biru bergerak menuju gear pertama sehingga “Dog-Clutch” akan ikut berputar begitu pula dengan As Output.
2. Disusul kemudian oleh Bantalan merah menuju gear pertama. Bantalan merah ini berfungsi sebagai pengunci gear pertama agar efek Engine Brake dapat terjadi namun efeknya tidak separah pada transmisi manual, Engine Brake bisa diatur dengan kontrol ecu – artinya ketika “downshift” ecu akan memerintahkan hanya pada rpm tertentu saja (hal ini tidak terjadi pada sistim transmisi automatis.
3. Untuk mengaktifkan Gear kedua maka bantalan merah bergerak menuju gear ke dua.
4. Ketika Bantalan merah sudah menempel pada gear ke dua, maka bantalan biru akan keluar dengan sendirinya dari gear pertama akibat dari perputaran gear kedua yang lebih cepat dari yang pertama.
5. Terakhir bantalan biru bergerak menuju gear ke dua sebagai pengunci agar kendaraan bisa mendapatkan “Engine Breake”.
Sumber: Seamless Gearbox
Kata agan yang di belakang, harga gear ini bisa buat beli rumah mewah, plus perabotannya gan
Itu info yang baru ane dapet gan. Nanti ane update lagi kalo ane dapet Info baru. Oiya semua spesifikasi motor MotoGP di atas BELUM tentu akurat gan, mengingat gak mungkin lah spesifikasi motor kaya begitu dibeberin di Internet ya toh
Sekian thread ane gan, jangan lupa kalo bisa sih kasih
UPDATE
MotoGP 2013 Udah berakhir dengan Marc Marquez sebagai juara dunia
Congrats Marcuez udah bikin sejarah baru, dan buat Lorenzo, masih ada tahun depan
UPDATE #2
Karena banyak yang terheran heran sama berat Motornya, nih ane kasih tau kenapa itu motor bisa ringan aneet
Jadi dari mulai mesin, pretelan pretelannya, sampe body dibuat dari bahan yang sangat mahal dan tentunya sangat ringan seperti titanium dan karbon fiber yang udah diperkuat.
Beda kan sama motor motor biasa. Kalo motor biasa mah mungkin pake baja dan besi yang berat
Mungkin motor produksi masal yang Menggunakan Teknologi ini yaitu Ducati Panigale 1199 gan. 1200cc tapi beratnya cuma 162Kg kalo gak salah
UPDATE #3
Gak mungkin kan motor yang segitu kenceng dan ringan tapi dari pihak MotoGP gak mikirin keamanan Rider? Nah ini ane kasih tau 'Jubah' yang Rider MotoGP pake pas balapan. Cekidot
Spoiler for Baju Balap:
Dalam MotoGP para Rider ternyata pake baju balap yang nggak sembarangan gan. Kalo pake baju balap biasa, lari 200kmh terus jatoh bisa bisa abis tuh kulit daging beradu sama aspal
Tapi, mereka pake baju yang dibuat dari kulit Kangguru gan. Kenapa gak pake kulit sapi? Karena sapi kulitnya udah dipake buat bedug gan nggak gan becanda hehe Karena kulit Kangguru jauh lebih elastis ketimbang kulit Sapi. Rider butuh baju yang elastis karena dalam kecepatan tinggi, dibutuhkan refleks yang super cepat pula dari para Rider sehingga dituntut pula baju yang elastis biar gampang geraknya gitu gan.
Di area area yang rawan, seperti punggung dan dada, itu dilapisin sama carbon, kevlar, dengan kombinasi titanium gan biar gak terjadi hal yang parah sama organ dalam. Ada Airbagnya juga loh gan. Sensornya dipasan melingkari Bahu sama tulang selangka. Airbag ini bekerja berdasarkan tekanan (G-Force). Airbag mulai bekerja 0.168 detik sebelum kecelakaan terjadi, lalu hanya butuh 0.048 detik supaya baju terisi penuh sama udara, dan 0.055 detik kemudian sudah siap buat melindungi rider dari benturan gan
Kok bisa gitu? iyalah kan ada ini
Spoiler for Mikroprosesor:
Nah chip itu letaknya ada di punuk Rider gan. Yang gembung itu loh. Chip itu yang ngontrol air bag supaya bekerja, dan chip itu juga ngontrol cooling system di dalem baju Rider supaya bajunya tetep adem. Enak banget ya oiya di punuk itu juga ditaro botol minum yang dialiri pake selang ke mulut Rider gan supaya Rider gak kekurangan cairan pas lagi balapan.
Air Bag aktif saat ada 'gaya' yang gak biasa dari si Rider gan. Itu gunanya sensor + mikroprosesor yang ada di bajunya. Jadi kalo cuma sekedar racing style Rider, sensor gak bakal aktif. Tapi kalo udah mulai aneh, misalnya kelempar, lepas dari motor, dll baru air bagnya aktif gan. Mantap toh?
Dan.. REPLIKA baju balap ini harganya $4.995 lu mamam tuh baju
Begitu juga dengan sarung tangan, sepatu, dan knee slider.
Spoiler for Knee Slider:
Knee slidernya dibuat dari thermoplastic compound gan.
Total seluruh jubahnya bisa sampe 3.0 - 3.5 Kg
Diubah oleh Faldinv 11-11-2013 03:38
0
36.4K
Kutip
307
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru