makhfudAvatar border
TS
makhfud
Penjabaran Makna TAQWA kepada Tuhan
Sebelumnya terimakasih kepada momod yang telah menyetujui trit ini dibuat disini.
Spoiler for Bukti Approval :


Nah, mengapa saya buat trit ini dikarenakan terlalu banyak kata TAQWA (dalam ejaan Indonesia-nya ditulis TAKWA) yang dimuat dalam Undang-Undang negara kita. Salah satunya dimuat dalam UU no 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional pasal 3.

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Apa sih Taqwa itu?

Ini Gan definisi taqwa menurut kamus besar bahasa Indonesia kita:
Spoiler for Arti Takwa di kamus KBBI:


Namun, di sini saya hendak mendefinisikan pengertian kata taqwa dari bahasa asalnya yakni bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab, Taqwa berasal dari perkataan waqa-yaqi-wiqoyah yang artinya memelihara.

seperti yang termaktub dalam Al Quran at Tahrim ayat 6 yang artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu memelihara diri kamu dan keluarga kamu dari api Neraka." (At Tahrim: 6)

Di dalam Al Quran, Tuhan kerap menyeru dengan kalimah ittaqu atau yattaqi. Di mana ada tambahan huruf pada asal kalimah waqa yg membawa perubahan kepada makna. Di sini ittaqullah bermaksud maksud hendaklah kamu mengambil Allah sebagai pemelihara / pembenteng / pelindung. Yaitu, hendaklah jadikan Tuhan itu pelindung. Jadikan Tuhan itu kubu atau benteng. Bila sudah berada dalam perlindungan, kubu atau benteng Tuhan, perkara yang negatif dan berbahaya tidak akan masuk atau tembus. Atau jadikan Tuhan itu dinding dari kejahatan.

Usaha untuk menjadikan Allah sebagai pemelihara atau pelindung atau pembenteng ialah dengan melaksanakan perkara-perkara yang disuruh oleh Allah lahir dan batin. Dengan kata-kata yang lain, perkara yang disuruh itu ialah membina sifat-sifat mahmudah (sifat baik). Mengumpul dan menyuburkan sifat-sifat mahmudah (sifat baik) itulah usaha bagi menjadikan Allah itu sebagai pemelihara atau pelindung. Membina sifat-sifat mahmudah itulah usaha ke arah taqwa.

Taqwa atau wiqoyah telah disalah artikan. Maksudnya telah disempitkan. Padahal sebenarnya lebih global dan luas. la adalah gudang mahmudah (gudang sifat baik) dan merupakan himpunan segala sifat-sifat mahmudah. Di situ ada sabar, redha, pemurah, berkasih sayang, pemaaf, memberi maaf, meminta maaf dan se-bagainya. Seluruh sifat mahmudah itulah taqwa. Jadi, besarlah arti taqwa. la membawa keselamatan dunia dan Akhirat.

Oleh itu, kalau dikatakan ittaqullah, makna sebenarnya ialah `hendaklah kamu mengambil Allah sebagai pemelihara` .


Untuk menjadi orang yang bertaqwa artinya menjadi orang yang berada dalam perlindungan Tuhan atau dalam pemeliharaan Tuhan. Orang yang berada dalam benteng dan kubu Tuhan. Dia selamat dari serangan luar. Serangan luar tidak mengenai dirinya. Orang bertaqwa itu seolah-olah telah memakai baju besi atau jaket anti peluru.

Taqwa adalah pakaian jasad batin atau roh. la adalah amalan jiwa atau roh. Taqwa adalah perkara dalaman dan banyak melibatkan amalan hati. Kalau sungguh-sungguh diamalkan dan dihayati, akan lahir sifat-sifat mahmudah (sifat baik) seperti jujur, adil, benar, berkasih sayang, lemah lembut, pemurah, tawadhuk, pemalu, tenggang rasa, berperikemanusiaan, sabar, redha, tawakal, mengutamakan orang lain, pemaaf, amanah, tekun, rajin, lapang dada, bekerjasama, simpati, belas kasihan dan sebagainya.

Orang yang bertaqwa adalah orang yang luar biasa. Sebab dia manusia yang sudah bersifat malaikat. Sifat malaikat sudah ada dalam dirinya. Dia sudah jadi orang kepercayaan Tuhan. Sebab itulah dia dibantu dan dibela oleh Tuhan. Orang bertaqwa saja yang akan selamat di dunia dan di Akhirat.

Nah...sekian dulu trit ini dimulakan.

Nanti sambung lagi dengan dengan mengupas tuntas segala perkara berikut:

Apa hubungan taqwa dengan Iman?
Apa syarat-syarat Taqwa?
Apa saja rukun Taqwa?
Apa ciri-ciri Taqwa?
Apa yang dijanjikan oleh Tuhan buat manusia yang bertaqwa baik di dunia maupun di akhirat?
Contoh-contoh sejarah orang yang bertaqwa.

Note:

yang mau ikut diskusi di sini silahkan. Forum bebas tapi santai. Yang penting jangan gontok-gontokan, lempar-lemparan bata, dan debat-debat yang ngak berguna.

Kalau mau bagi emoticon-Cendol (S) atau nge-rate monggo saya terima emoticon-Big Grin
Diubah oleh makhfud 05-01-2013 00:37
tata604
tata604 memberi reputasi
1
7.9K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.2KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.