Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amsol1990Avatar border
TS
amsol1990
Makna 10-11-1945 pada Tugu Pahlawan ( hari pahlawan gan)
MOMENTUM Hari Pahlawan, Kota Surabaya menyimpan catatan bersejarah tentang perjuangan para pahlawan. Adalah Tugu Pahlawan, salah satu saksi bisunya.

Tugu Pahlawan, ikon Kota Surabaya ini menyimpan banyak cerita sejarah perjuangan para pahlawan melawan penjajah untuk memerdekakan Indonesia. Kota yang juga dikenal dengan julukan Kota Pahlawan ini menarik wisatawan dalam bentuk wisata sejarah, dengan banyak saksi bisu pergolakan bangsa Indonesia melawan Belanda. Tanpa peristiwa yang terjadi di Surabaya, sejarah bangsa dan negara Indonesia akan menjadi lain.

Salah satu bentuk penghormatan terhadap pergolakan tersebut adalah Tugu Pahlawan yang menarik perhatian, tak hanya warga lokal namun wisatawan dari daerah lainnya. Namun, apakah Anda tahu beberapa fakta menarik di balik kokohnya Tugu Pahlawan? Berikut ulasannya:

Makna 10-11-1945 di balik Tugu Pahlawan
Monumen setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau palu terbalik ini memiliki lengkungan-lengkungan sebanyak 10 buah dan terbagi lagi ke dalam 11 ruas. Semuanya mengandung makna tanggal 10, bulan 11, dan tahun 1945, dimana tanggal tersebut merupakan saat bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Saat itu terjadi pertempuran antara tentara Indonesia melawan pasukan Belanda di Kota Surabaya, Jawa Timur. Perang ini merupakan perang pertama dengan pasukan asing setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya itu, pertempuran ini merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Memperingati peristiwa pertempuran
Tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November guna mengenang banyaknya pahlawan yang gugur dalam membela bangsa dan negara dari musuh.

Simpang siur pemrakarsa di balik kemegahannya
Ada dua pendapat tentang pemrakarsa sekaligus arsitek Tugu Pahlawan. Pertama adalah Doel Arnowo. Ada pula pendapat yang mengatakan Tugu ini dibangun oleh Ir Soekarno. Namun, pada akhirnya Ir. R Soeratmoko lah yang mampu mengalahkan beberapa arsitektur dalam sayembara pemilihan arsitek untuk membangun monumen ini.

Museum Pahlawan
Di bawah lahan Tugu ini terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang berjuang di Surabaya. Tak hanya itu, di dalam museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H Abdurrahman Wahid.

Patung pahlawan menghiasi area Tugu Pahlawan
Di pinggir taman dari tugu ini terdapat patung tokoh yang ikut berperang membela bangsa dari tangan sekutu, di antaranya patung Bung Tomo. Dalam pertempuran berdarah tersebut, sosoknya yang sangat berpengaruh besar di masyarakat selalu mengggarakkan semangat perlawanan pemuda di Surabaya.

Makam Piramida
Tepat di belakang tugu, terdapat sebuah piramida yang sengaja dibangun sebagai tempat untuk memakamkan jenazah para pahlawan yang tidak diketahui identitasnya, gugur setelah berjuang membela bangsa dan negara. Untuk masuk ke dalam piramida ini, pengunjung terlebih dahulu harus masuk ke dalam museum yang terletak tak jauh dari tugu.

Prasasti Padamu Generasi
Di bagian barat tugu terdapat sebuah batu prasasti yang bertuliskan Padamu Generasi. Tanpa Pertempuran Surabaya, sejarah dan bangsa negara Indonesia akan menjadi lain
0
3.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.