Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cenleeAvatar border
TS
cenlee
Obat untuk Meringankan Gatal
Obat untuk Meringankan Gatal
Rasa gatal atau pruritus adalah rangsangan yang terjadi pada permukaan kulit yang mengakibatkan seseorang menggaruk bagian tersebut. Ada beberapa kondisi kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal kronis dan infeksi sekunder, diantaranya eksim. Penyebab yang paling umum dari rasa gatal adalah reaksi alergi yang menimbulkan gatal dan bercak merah. Ada beberapa jenis obat yang dijual bebas untuk membantu meringankan atau menyembuhkan gatal. Dalam beberapa kondisi yang parah diperlukan resep pengobatan untuk mengatasinya.

Tropical Hyrocortisone

Untuk mengontrol gatal dapat menggunakan obat hidrokortison. Obat ini sementara waktu dapat membantu meringankan gatal. Cara pemakaiannya dengan menyemprotkan gel tropikal atau salep. Persentase kekuatan obat hidrokortison diantara ½% – 1%. Resep dokter sangat diperlukan dalam beberapa kondisi yang parah. Untuk menghindari efek samping, sebaiknya ikuti petunjuk dosis yang ada pada label.

Obat Herbal
Penggunaan obat herbal juga sangat membantu untuk menghentikan rasa gatal atau alergi pada kulit. Ramuan topical yang sering digunakan adalah lidah buaya. Daun serta batang lidah buaya mengandung ekstrak yang mengandung aloin resin yang berguna sebagai anti gatal. Pemakaiannya dapat dioleskan pada kulit. Jenis herbal lain yang mempunyai sifat anti inflamasi adalah ginkgo biloba, calamine, calendua, dan akar licorice. Jenis obat tersebut sangat baik untuk mengatasi gatal. Sebelum memilih pengobatan herbal sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Anti Histamin
Obat antihistamin dapat mengurangi bahkan menghentikan gejala gatal dari reaksi alergi. Benadryl adalah jenis obat antihistamin yang umum digunakan. Di dalam obat ini terdapat inhibitor histamin dan diphenhydramine yang mampu mencegah terjadinya pelepasan bahan kimia histamine pada tubuh yang dapat menyebabkan rasa gatal. Bendryl dan lainnya adalah jenis obat antihistamin yang tersedia dalam bentuk pil oral, lotion, gel, krim topical dan semprotan. Sebaiknya jangan mengemudi atau mengoperasikan alat berat setelah meminum obat anti histamine. Obat antihistamin dapat menyebabkan kantuk. Patuhilah petunjuk serta dosis dalam penggunaan antihistamin.

Pengobatan Analgesik

Beberapa kondisi yang parah seperti syok anafilatik atau serangan alergi dapat menggunakan obat bius lidokain untuk mengatasinya. Krim lidokain dan suntikan berfungsi untuk mematikan rasa gatal sementara pada area yang terkena gatal.

source***

Komentar Hooot
Quote:

Diubah oleh cenlee 15-02-2013 15:02
0
6.1K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.