Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

master212Avatar border
TS
master212
ALASAN Mengapa Jasa Recovery Data Mahal
ALASAN Mengapa Jasa Recovery Data Mahal

Oke, kali ini saya ingin sekadar mengumpulkan pendapat dari para teman2 kaskuser mengenai "fenomena" yang menyangkut sebuah storage dalam sebuah unit komputer. Kali ini fokus pada storage HDD (dan juga Eksternal HDD)
Mungkin Para kaskuser bertanya Tanya mengenai biaya jasa recovery itu kenapa mahal, dari beberapa pertanyaan yang saya ambil banyak sekali berikut pertanyaan dan jawaban yang menurut para kaskuser sbb:

  • Bro saya mau tanya neeh, sebelumnya waktu itu komputer temen saya dikantor Meledak power supply'a dan kena Hardisknya. Karena data kantor jadinya di recovery deh dengan harga 2 jt.


  • Nah sekarang ada lagi hardisk yang mati karena mati lampu mendadak, gedenya hardisk 500gb, tapi pas mo direcovery dikenain harga 8 jutaemoticon-Mad:
    Worthed ga sich harga segitu. Mentang2 Mereka bisa recovery hardisk dan tau data2nya penting, masa maen ketok harga se'enaknya ?

    Gmn menurut kaskuser Lainnya emoticon-Big Grin


Jawabannya :
kalo recovery emang mahal beda kl cuma benerin hdd-nya aja Mungkin juga ya bro, emoticon-Big Grinkaget juga sih harganya....emoticon-Big Grin Proses recovery itu berlangsung selain memakan waktu lama juga membutuhkan ketelitian ketekunan dan kesabaran menunggu hasilnya. apalagi menyangkut jumlah data yg sangat besar dan storage besar karena saya yakin pembacaan dan pencarian data tidak lagi tersaji secara terstruktur dan terindex jika hardisk itu rusak. btw mending ambil positifnya bro, dg membandningkan berapa waktu, tenaga dan biaya jika perusahaan melakukan penulisan ulang menyangkut data2 tersebut termasuk didalamnya riset, perhitungan, kesimpulan dan record2 yg yg harus dikerjakan kembali untuk dapat ditulis ulang.emoticon-Smilie
tergantung tingkat kesulitan/kerusakannya juga sih, makin parah rusaknya wajarlah jika makin mahal ongkosnya, selain itu kemampuan teknisinya serta piranti/hardware yang digunakan (yang umumnya juga sama sekali tidak bisa dikatakan murah) untuk recovery juga menentukan biaya recovery nya.
mahal tidaknya tergantung seberapa kita mau menghargai data yang hendak kita recovery emoticon-Wink
Betul ... Betul ... Betul ... , masa harus didepan komputer 3 Minggu buat bikin data2 yang kemarin emoticon-Big Grin.
Tapi kalo sampe segitu pusing juga neeh emoticon-Frown

Jawabannya :
Setau ane jasa tsb mahal karena tidak mengandalkan perangkat lunak semata.
Jadi hard disk yang rusak itu dibuka dengan alat khusus di tempat khusus pula dengan sangat hati2

Kemudian dicari penyebab kerusakannya sehingga data tidak bisa diakses.

Kalau ada komponen yang bisa diganti; maka akan diganti

Intinya jasa itu mahal karena diusahakan dengan segala cara (bahkan dibawa ke Singapura) agar data2 nya bisa diakses kemudian disalin ke tempat yang aman.

Jadi kalo nilai dari data2 ente ngga mahal; ngapain mau bayar jutaan (bisa lebih mahal dari harga HD baru) buat recovery HD ?

Jawabannya :
Yang perlu dijelaskan disini adalah Bidang Recovery Data Sekolahnya itu Jarang dan biaya sekolahnya juga mungkin mahal. selain hal itu tingkat kesulitan kerusakan ada 3 yaitu:
1. Jika kesulitan rendah misalnya kerusakan karena faktor dari OS atau kesengajaan user terformat / terdelete sebenarnya tidak perlu ke recovery tersebut asalkan kita mengetahui software dan tools yang tepat.Tapi menurut pengalaman gw hati hati pakai sofware gratisan kadang dapat datanya tapi ga 100% balik dan banyak yang rusak
2. Tingkat sedang yaitu kerusakan karena firmware / korslet, dan lainnya yang belum menyentuh piringan data di bagian dalam hdd.
3. Tingkat tinggi yaitu kerusakan sudah menyangkut piringan data sehingga akan ada alat khusus dan pengganti komponen di HDD yang identik yang harganya sangat mahal...

Maka untuk itu ukurlah kerusakan hdd agan dengan tingkat urgensi file agan... Toh jika file agan misal photo / video sangat penting melebihi uang Rp. 100.000.000,- barulah pantas diselamatkan.

Jika ada file perusahaan yang penting saya sarankan beli HDD External dari kas perusahaan dan beli yang terbaik jangan yang abal-abal... soalnya penyimpanan data belum ada yang sempurna...

Sekian dari ane...

FYI. ane juga buka usaha pribadi recovery tapi yang kerusakannya rendah gan.. dan jika ane tidak sanggup baru ane sarankan tuk bawa ke ahlinya...

Dan prinsip ane ada hasil kerja baru bayar kalau nggak hasil ya ngerti dikitlah buat ongkos bensin... wkwkwkwkwk. khan beda sama yang ahlinya karena kita yang datang ke ahlinya dan kita bayar sedikitnya Rp. 150.000,- buat jasa doang tanpa keluar ongkos bensin...

Jawabanya :
data lebih mahal dari harga HDDnya, soalnya nyari datanya lebih susah daripada beli HDD emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

dulu aja HDD gw yang cuma 80GB aja tiba2 ilang sendiri datanya aja uda kesel banget apalagi ini uda ampe tera-an kapasitasnya...

ya mungkin dengan PSU yang baik dan menggunakan stabilizer atau UPS bisa memperpanjang masa pemakaian HDD

sekarang HDD 250GB IDE masih hidup meski sudah hampir 3tahunan dipake emoticon-Smilie

Jawabanya :
Gw selalu pakai minimal 3 HDD:
1 Buat System
1 Buat Data all in: dokumen, software, game, movie.
1 Buat Backup manual data2 penting harddisk Data.

Pakai system rotasi tiap 1-2 thn: kalo beli HDD baru ukuran besar, buat menggantikan harddisk data yg sekarang, lalu yg harddisk data digantikan buat backup. Yang buat backup lalu di jual emoticon-Big Grin

Gw Pernah Mengalami apes harddisk rusak, kalo pengalaman Gw sih cukup pakai PSU yg bagus, Stabilizer+UPS.

nah saran ini gw dapat dari irawanasep57 penyedia jasa recovery yang menurut pengalaman Gw dapat dipercaya, karena Hardisk Gw Pernah Mati Total Alhamdulillah dapat Diselamatkan Data Data Berharga kalau ngga Bisa Amsyong Kl Jatuh Ketangan Tukang Service Yg Asal - Asalan Benerinnya krn dia biasa cuma Bisa Service tapi Kebanyakan Ga ada Pengalaman Selamatin Data.

Jawabanya :
Yang mahal ialah teknologinya.

PC 3000 = 10,000 US$ kalau tidak salah.

Spin Stand Disk & mechanical head Tester = 350,000 US$

Magnescope : 80,000 US$

Clean Bench HEPA : 4,000 US$

Operator : Unlimited $$

http://forum.chip.co.id/f20-storage-...sk-5-jt-2.html

Teknologi apaan Bro ? logikanya , apakah biaya repair akan lebih mahal dari harga HD baru ? Contoh : Ente punya Ferrari seharga 6M , lalu tabrakan dan mengalami kerusakan maha fatal,interior hancur, apakah biaya perbaikan bisa seharga 30M ? Daripada bayar 30M mendingan beli baru seharga 6M . TAPI BERHUBUNG FERRARI ENTE PERNAH DI TUMPANGI PUTRI DIANA DAN ADA TANDA TANGAN DIANA PADA DASHBOARD , INI BUAT ENTE MAHA PENTING , maka seseorang menyanggupi Ferrari ente dibangun lagi , kepingan dashboard di kumpulkan lagi di pasang sedemikian rupa sampai mencapai kesempurnaan. Nah disinilah harga bermain ? bukan karena kerusakannya , tapi tanda tangan Diana itulah. Kalo untuk ini diminta biaya extra , ya OK aja ....tapi kalo ber-lipat2 dari harga barang baru ...yach ini namanya kurang ajar, pemerasan berkedok teknologi.
Lagi pula makin besar kapasitas HD makin besar biaya data recovery . Repairman gak peduli apakah data yg di recovery cuman 100GB atau 100KB Ini 'kan aneh ....!! Teknologi apaan nich....???
Jawab : Simple aja sih bro kalau menurut agan ADA TANDA TANGAN DIANA PADA DASHBOARD menurut agan ga mau diselamatkan ya bilang aja ke jasa recovery Cancel aja krn memang yang dibayar itu keahlian dan peralatan dan penuh hati hati kalau agan yang mau recovery sendiri tinggal beli alatnya aja sampai puluhan juta an mau dan bisa ga??

Jawaban :


Saya rasa, thread sejenis juga banyak dibuat di forum2 lainnya, bukan hanya di kaskus saja. Bukan hanya saya saja yang menghadapi dilema ini, rekan lainnya yang seprofesi juga menghadapi pertanyaan yang sama. Hal yang menurut saya lumrah, karena tidak semua orang mengalami kehilangan data dengan kondisi hard disk yang kerusakannya cukup parah sampai membutuhkan jasa data recovery dengan biaya yang relatif mahal.

Dan Untuk ANALISA Hardisk Yang Kami Terima Sebaiknya Harus SABAR menunggu hasil Pemeriksaan Kondisi Kesehatan Hardisk .
Pemeriksaan Standart yang Kita Lakukan yang harus Di ANALISA Dengan TELITI Bila Hardisk :
- MATI TOTAL
- Hardisk BUNYI Ctek Ctek Dan langsung Berhenti
- BAD SECTOR Logic/ Fisik
Kondisi Diatas Tidak Asal Menganalisa Butuh Waktu Agar Proses Recovery Dapat Akurat Dari Sisi Kerusakannya.Jika Kondisi Selain 3 Hal Tsb Dpt Dianalisa Lebih Cepat
Setelah Analisa Selesai Dilakukan Biasanya Kami Info Mengenai Jenis Kerusakan Dan Estimasi Biayanya
Catatan
Jika Ada Penyedia Jasa Recovery Meminta BIAYA Untuk Menganalisa HARDISKNYA Sebaiknya Jangan Diberikan Kepada Penyedia Jasa Tersebut

Banyak pertanyaan yang diajukan ke saya mengenai biaya termahal yang saya pernah saya terima untuk SATU pekerjaan data recovery sesuai dengan kompleksitas pekerjaannya.
Dengan bukti tertulis (SPK dicetak oleh klien) = Rp. 25,000,000 untuk kasus RAID-0 stripping failure (salah satu hard disk failure di head sehingga menghasilkan bunyi clicking head yang monoton)
Dengan bukti tertulis : Rp. 137,000,000 untuk salah satu Data Center Indonesia, kasus RAID-0 striping 24 hard disk x 750 GB, failure fisik di hard disk 0,1,2,18,22 (5 hard disk)
Dengan bukti tertulis : Rp. 18,000,000 untuk kasus 1 laptop yang "tercemplung" ke laut, hard disk short circuit terkena air laut dan air merembes masuk.
Tanpa bukti tertulis : Rp. 25,000,000 untuk kasus SSD 80 GB yang mati total
Lainnya masih banyak, berkisar di angka 10 - 15 jt, untuk kasus yang beraneka ragam, mulai dari kerusakan akibat unit external disk terbanting, laptop yang terbentur saat mobil tabrakan, hard disk portable yang dipukul-pukul oleh anak kecil......
Sebagai catatan, saat ini biaya data recovery ditentukan oleh 4 parameter yang harus diketahui untuk menentukan tingkat kesulitan dan biayanya :
1. Kerusakan yang terjadi : Apakah hanya masalah struktur logis data, atau masalah kerusakan firmware atau komponen elektronik dan fisik
2. Merk/Vendor : beberapa vendor mengembangkan teknologi yang "aneh" sehingga saat terjadi kerusakan fisik, tingkat kesulitan penyelesaian makin tinggi
3. Kapasitas FISIK (bukan jumlah partisi, bukan jumlah data atau jumlah file) sesuai dengan informasi sticker atau tabel produksi vendor
4. Teknik akses : apakah hanya mengandalkan hardware standard sejenis PC 3000, Salvation atau sampai dengan menggunakan Magnescope dan Servometer.

Jawabannya :

Iya gan Ane juga pernah Ngalamin Hardisk Ane Kagak DETEK ane udah coba pergi ke jasa recovery gan ternyata emang ga bisa di bilang MURAH mulai dari harga 4 - 8 Juta Keatas maximalnya itu kalau hardisk Umum dibawah 1 TB dan bukan Hardisk NAS/Server mungkin bisa lebih karena hardisk ane punya pribadi ane batalin tuh ke jasa recovery trus ane tanya tanya ke kaskuser yang lain.. ternyata ada yang berani dengan harga dibwah Standart tapi menurut ane memang agan ini udah sering banget menagani permasalahan segala jenis hardisk rusak.. mending dibawa aja dl gan Kejasa Recovery data nama ID kaskus irawanasep57 kl kata ane jangan Ragu ke agan satu ini untuk dilakukan pengecekan dan Gratis sesuai tingkat kesulitannya (objectif) dan kalau seandainya harganya ga sesuai dengan Kantong dia ga masalah kalau nggak jadi juga karena memang belum dikerjakan.ane udah 3x datang ke agan ini 2 berhasil karena punya kantor ane kl yang satu lagi ane cancel punya pribadi duitnya kagak cukup

SEKIAN Dulu dari ane Mungkin Menurut Agan Lainnya Bagaimana ????

Diubah oleh master212 09-03-2014 15:21
0
22.4K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread10KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.