Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jandakampungAvatar border
TS
jandakampung
Panduan Memilih Kuliah Jurusan Komputer

No Repostemoticon-Blue Repost
Spoiler for antirepsol:

Spoiler for ilustrasi:


Juli dan agustus adalah musim orang mendaftar kuliah. Mulai bulan-bulan sekarang (April) siswa-siswi SMA sudah memikirkan langkah selanjutnya, yaitu mau kuliah dimana dan ngambil jurusan apa. Bagi agan yang hobi dengan ilmu komputer tentu sudah menentukan mau kuliah dimana, misalnya di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer. Namun kemudian bingung dalam menentukan jurusan mata kuliah yang akan diambil. Ada beberapa jurusan komputer yang perlu kita ketahui


5 jurusan komputer tersebut adalah :

1. Computer Engineering (CE, Teknik Komputer),
2. Computer Science (CS, Ilmu Komputer),
3. Information Systems (IS, Sistem Informasi),
4. Information Technology (IT, Teknologi Informasi),
5. Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak).


Nah yang akan ane bahas adalah perbedaan dari 5 jurusan tersebut, sehingga agan nantinya bisa lebih yakin dalam memilih jurusan komputer. Semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan “sama”, hanya pembobotannya berbeda.

Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:

Ini perbedaannya gan

Computer Engineering (CE)(Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware

Computer Science (CS)(Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

Information System (IS)(Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi

Information Technology (IT)diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

[
Software Engineering (SE)diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

emoticon-I Love Indonesia

Mudah-mudahan trit ini bisa memberikan pemahaman untuk agan - agan sekalian yang baru lulus dan ingin melanjutkan kuliah di bidang komputer (computing). Masalah jurusan yang mana yang baik, ini tergantung “minat, keinginan, dan potensi” agan - agan sekalian.


Ane yakin tidak seorangpun yang bisa menjudge suatu jurusan lebih baik daripada jurusan lain. Sebenarnya ane ingin mengatakan bahwa “peluang” lebih utama daripada “minat, keinginan dan potensi”.

Yang terakhir, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa irisan bidang computing dengan bidang lain yang sepertinya mirip tapi sebenarnya beda. Misalnya, bagi yang ingin mendalami Desain Grafis dan Animasi secara mendalam, ane sarankan tidak masuk ke salah satu dari lima jurusan computing diatas.


Akan lebih baik apabila masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), yang biasanya ada di bawah fakultas seni rupa. Ane jamin lebih pas untuk yang berminat di Animasi dan Desain Grafis. Banyak mahasiswa yang cita-citanya menjadi Animator dan Graphics Designer akhirnya harus melongo dan menyesal karena salah masuk ke jurusan computing. Selamat memilih jurusan gan ! emoticon-shakehand





emoticon-Toastemoticon-Shakehand2





0
6.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.