Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

animanjiAvatar border
TS
animanji
Apakah arti kata "Yaasiin"...? (muslim harus masuk)
Sebelumnya ane minta maaf misalnya emoticon-Blue Repost , ane cuma sekedar berbagi pengetahuan yg belum lama ini ane dapet.

Buat muslim, tentu sudah tidak asing dengan Surat Yasin, salah satu surat dalam Al-Qur'an. Banyak yang mempelajari arti dalam surat Yasin. Tapi apa kalian tahu, apa arti kata "Yaasiin" itu sendiri..??

Sebagian ulama ahli tafsir berpendapat dan membagi makna yasin menjadi beberapa katagori,.diantara pendapatnya adalah :
Menurut kitab tafsir “hamami “ karangan syeikh hamami zadah pada halaman 3. Ada 5 pendapat ulama tentang kata “yasiin” :

  1. sebagian ulama ahli tafsir memaknai kata “yasiin” dengan arti “ya insan . dengan satu alasan “bahwa adat dan kebiasaan orang arab dalam mengambil kata melalui satu hurufnya, kemudian mereka mengucapkannya. Meraka mengambil kata untuk “nida” (memangil seseorang) dari huruf “ya”. dan mengambil kata insan dari huruf “siin”, maka meraka menyusunnya kedua kata tersebut menjadi dua huruf yaitu “yasiin”. Yang maknanya adalah: “ya insan,mempunyai artinya “wahai manusia . Maksud kalimatnya adalah : “ Ya Muhammad”(ini makna yasin yg pertama).
  2. sebagian ulama tafsir memaknai kata yasiin dengan arti “ya sayyidil mursaliin. Yang artinya “ wahai pemimpin para rasul ! (ini makna yasin yang kedua).
  3. sebagian ulama tafsir memaknai kata “yasiin dengan sebuah nama dari nama-nama Quran, .(ini makna yasin yang ketiga).
  4. sebagian ulama tafsir memaknai kata “yasin, dengan sebuah nama dari nama-nama surah (makna yang ke empat).
  5. sebagian ulama ahli tafsir memaknai kata “yasin dengan sebuah nama Allah SWT (ini makna yasiin yang kelima).


Didalam kitab tafsir istirabazy menjelaskan : “ bahwasanya Allah memiliki 4000 nama :
1000 namanya tidak ada yang mengetahui melainkan Allah sendiri.
1000 nya lagi tidak ada yang mengetahui melainkan malaikat-malaikatnya.
1000 nya lagi disimpan di “lauhul-mahfuzh”.
300-nya terdapat didalam kitab taurat.
300-nya terdapat didalam kitab injil.
300-nya terdapat didalam kitab jabur.
100- nya lagi terdapat di dalam kitab Al-Quran, dan Allah perlihatkan 99 namanya dan merahasiakan.salah satu namanya. Dan tidak ada mengetahuinya melainkan para nabi dan rasulnya..
Argumentasi :
Sebagian ulama berpendapat :“yasin adalah sebagian dari nama-nama Allah SWT.
Sumber-sumber dalil : di ambil dari kitab Tafsir shawi jilid 3 halaman 317, tafsir hamamy halaman 3, Tafsir jamal, Tafsir Ibnu katsir, tafsir khozin

Sebelum kita membahas tafsir yasin, tidak ada salahnya kita mengetahui dahulu tentang padilah-fadilah surat tersebut.mari kita mulai membuka kita tafsir hamamy pada halaman halaman pertama. Terdapat beberapa sumber hadist yang berhubung tentang fadilah surah yasin :
Hadist yang pertama : “inna likulli syain qolban, waqolbul qurani yasin. Atinya : sesungguhnya bagi tiap-tiap sesuatu ada hatinya(jantung). Dan hatinya alquran adalah surat yasin.
Hadist yang kedua : man qoro’a yasin, kataballahu lahu qira’atalqurani ‘asyara maratin. Artinya : siapa orang yang membaca surah yasin, maka Allah akan mencatat baginya pahala membaca 10 x khatam Qur’an.
Hadist yang ketiga : “ sesungguhya Allah telah membaca surah yasiin dan surat thoha sebelum Allah menciptakan langit dan bumi dalam kurun waktu 2000 tahun. Tatkala para malaikat menyimak apa yang telah di baca Allah, lalu berkatalah malaikat : “ alangkah bahagiannya umat nabi Muhammad dimana Allah akan menurunkan dua surah (yasin&toha), alangkah bahagianya bagi orang-orang yang hafal kedua surat itu, dan alangkah bahaginya lidah-lidah yang membacakannya.
Hadist yang ke-empat : sesungguhnya ahli surga tiadalah membaca Alquran sedikitpun melainkan surah thoha, surah yasin dan surah rahman.

Semua yg ane tulis di trit ini adalah pendapat dari para ulama. Tidak ada jaminan bahwa itu benar, tapi tidak ada salahnya untuk sekedar pengetahuan. Apa yg kita lihat dan kita rasa hanyalah sebagian kecil dari rahasia alam semesta. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. . .

Sekian trit ane. Tengkyu buat yg udah mampir...
Diubah oleh animanji 07-11-2013 15:20
0
101.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.