kerangberbuluAvatar border
TS
kerangberbulu
Citarum & Kalimantan Masuk Daftar Tempat Terpolusi Di Dunia Gan
Dua wilayah di Indonesia masuk ke dalam 10 besar 'World’s Worst Polluted Places 2013' atau daftar tempat dengan polusi terburuk di dunia pada 2013 yang dikeluarkan oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Switzerland.

Sungai Citarum di Jawa Barat dan wilayah tambang di Kalimantan masuk ke dalam daftar 10 tempat dengan polusi terburuk di dunia pada 2013 yang dipublikasikan oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Switzerland, di New York, AS, Senin (4/11).

Bantaran sungai Citarum merupakan tempat tinggal sekitar 9 juta orang dan juga lokasi 2.000 pabrik. Sungai yang digunakan untuk konsumsi manusia dan untuk irigasi sawah, tercemar aneka ragam zat beracun, termasuk logam aluminium dan mangan.

Uji air minum di sungai itu menunjukkan bahwa kandungan timbal di dalamnya 1.000 kali lebih tinggi daripada yang diperbolehkan dalam standar di AS, demikian menurut laporan tersebut.

Sementara itu, Kalimantan masuk ke dalam daftar tempat dengan polusi terburuk akibat tercemarnya lokasi penambangan emas skala kecil yang terus meluas di pulau itu.

Di Kalimantan Tengah dan Selatan, tambang emas skala kecil merupakan sumber pendapatan utama bagi 43 ribu orang.

Sebagian besar penambang ini menggunakan merkuri atau air raksa dalam proses ekstraksi emas, menyumbangkan emisi global dalam persentase besar dari logam berbahaya tersebut setiap tahun.

Ini untuk pertama kalinya Indonesia masuk ke dalam daftar yang dibuat berdasarkan lebih dari 2.000 penilaian risiko dari sejumlah tempat yang terkontaminasi di 49 negara.

Richard Fuller, yang mengepalai Blacksmith Institute, mengatakan, ratusan juta orang di dunia berisiko terpapar polusi zat beracun.

“Kami memperkirakan bahwa kesehatan lebih dari 200 juta orang berisiko akibat pencemaran di negara-negara berkembang,” ujarnya seperti dilansir AFP.

Selain Indonesia, Agbogbloshie di ibukota Ghana, Accra, juga untuk pertama kali masuk dalam daftar ini. Agbogbloshie adalah tempat terbesar kedua di Afrika Barat untuk memproses sampah elektronik, membakar kabel-kabel yang mengandung tembaga dan logam berat lainnya yang mengancam kesehatan.

Sejumlah sampel tanah dari sekitar tempat ini memperlihatkan konsentrasi logam beracun yang 45 kali lebih tinggi daripada tingkat yang dapat diterima, menurut laporan tersebut.

Berikut daftar 10 besar 'World’s Worst Polluted Places 2013':


Quote:


Quote:


Di indonesia ada 2 tempat masuk 10 tempat terpolusi gan emoticon-Sorryayoo agan / aganwati bangun indonesia ini jadi lebih bersih lagi, semoga lebih sadar pentingnya kebersihan itu
0
1.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.