Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilixAvatar border
TS
ilix
Sharing Sound System
PRINSIP KERJA SOUND SYSTEM


prinsip kerja dari sebuah sound system. Biasanya yang terjadi adalah seperti ini. Dari sumber suara, sumber suara ini bisa berbagai macam. Bisa dari suara kita, atau suara benda, atau suara gitar atau suara drum atau apa pun. Untuk memudahkannya kita ambil suara vokal saja ya.
Dari sumber suara yaitu suara kita sendiri, kemudian akan ditangkap oleh yang namanya tranducer. Transducer ini adalah sebuah alat yang fungsinya adalah merubah dari satu gelombang tertentu ke gelombang yang lainnya. Dalam hal ini dari gelombang akustik ke gelombang elektrik, karena dirubah ke energi listrik.
Transducer disini adalah sebuah microphone. Karena sebuah microphone akan merubah dari energi akustik menjadi energi listrik sebesar 0,1 Volt. Nah energi listrik sebesar 0,1 Volt inilah yang disebut dengan mic level. Kemudian sinyal ini akan dikirimkan ke yang namanya pre amp. Untuk nantinya dikuatkan sinyalnya dan dibentuk, dikuatkan menjadi 1 Volt.
Dari sini tergantung peruntukannya, kalau untuk recording akan lari ke sebuah komputer atau biasa kita sebut dengan sistem DAW. Kalau untuk live, dari pre amp ini akan lari ke power amp untuk diperkuat lagi menjadi 10 Volt atau lebih, dan kemudian dikeluarkan ke speaker.
Pada 1 Volt itu dinamakan dengan nama line level, sedangkan pada 10 Volt itu dinamakan dengan speaker level. Jadi kalau kita lihat jalur sinyalnya akan menjadi seperti berikut ini.


Sumber suara --> Microphone -->Preamp-->Poweramp-->Speaker


Nah yang sederhananya seperti itu, nanti kalau ada penggunaan signal processor seperti misalnya compressor, limiter atau EQ, dia akan berada antara preamp dengan power amp. Sementara kalau penggunaan crossover pasive katakanlah dia akan berada setelah power amp.

Jadinya saya tiap hari nenteng sound system
Hand phone sound sytem juga kaaan...?

sumber :clickhttp://tutorialaudio.blogspot.com/2013/04/mengenal-prinsip-kerja-sound-system.html

I. Sumber Suara

Sumber bunyi semisal : alat musik (keyboard, guitar, drum). suara vocal manusia. dll yang bisa menghasilkan getaran suara yang bisa di dengar manusia saja. ribet kalau suaranya gak bisa didengar nanti. naah untuk selanjutnya biar ahlinya saja yang berkomentar

II. Microphone
Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

Istilah mikrofon berasal dari bahasa Yunani mikros yang berarti kecil dan fon yang berarti suara atau bunyi. Istilah ini awalnya mengacu kepada alat bantu dengar untuk suara berintensitas rendah. Penemuan mikrofon sangat penting pada masa awal perkembangan telepon. Pada awal penemuannya, mikrofon digunakan pada telepon, kemudian seiring berkembangnya waktu, mikrofon digunakan dalam pemancar radio hingga ke berbagai penggunaan lainnya. Penemuan mikrofon praktis sangat penting pada masa awal perkembangan telepon. Beberapa penemu telah membuat mikrofon primitif sebelum Alexander Graham Bell.

Pada tahun 1827, Sir Charles Wheatstone telah mengembangkan mikrofon. Ia merupakan orang pertama yang membuat “mikrofon frasa". Selanjutnya, pada tahun 1876, Emile Berliner menciptakan mikrofon pertama yang digunakan sebagai pemancar suara telepon. Mikrofon praktis komersial pertama adalah mikrofon karbon yang ditemukan pada bulan Oktober 1876 oleh Thomas Alfa Edison. Pada tahun 1878, David Edward Hughes juga mengambil andil dalam perkembangan mikrofon karbon. Mikrofon karbon tersebut mengalami perkembangan hingga tahun 1920-an.

James West and Gerhard Sessler juga memainkan peranan yang besar dalam perkembangan mikrofon. Mereka mempatenkan temuan mereka yaitu mikrofon elektrik pada tahun 1964. Pada waktu itu, mikrofon tersebut menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh mikrofon sebelumnya, yaitu harga rendah, sehingga dapat dijangkau oleh seluruh konsumen. Bagian lain dalam sejarah perkembangan mikrofon ialah revolusionalisasi mikrofon dalam industri dimana memungkinkan masyarakat umum untuk mendapatkannya. Hampir satu juta mikrofon diproduksi tiap tahunnya. Lalu pada tahun 1970-an, mikrofon dinamik dan mikrofon kondenser mulai dikembangkan. Mikrofon ini memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi. Oleh karena itu, hingga saat ini mikrofon tersebut digunakan dalam dunia penyiaran.
sumber : Wikipedia

naaaah coba sitem kerjanya bagaimana
bentuknya gimana ya? besar / kecil kayak mic handphone
nah bahas yang standar saja yang biasa dipegang buat nyanyi
kalau mono bagaimana stereo bagaimana (stereo bisa dimono gak, jumper kabelnya gimana)
harganya berapa?
merk apa?
beli dimana?
terusin.......


III. Pre Amp

Aku bingung.....
da yang tau? player masuk Pre Amp, Mixer ?


IV. Power Amplifier

Penguat (bahasa Inggris: Amplifier) adalah rangkaian komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Dalam bidang audio, amplifier akan menguatkan signal suara yaitu memperkuat signal arus (I) dan tegangan (V) listrik dari inputnya menjadi arus listrik dan tegangan yang lebih besar (daya lebih besar) di bagian outputnya. Besarnya penguatan ini sering dikenal dengan istilah gain. Nilai dari gain yang dinyatakan sebagai fungsi penguat frekuensi audio, gain power amplifier antara 20 kali sampai 100 kali dari signal input.
Sebuah penguat suara elektronik

Jadi gain merupakan hasil bagi dari daya di bagian output (Pout) dengan daya di bagian inputnya (Pin) dalam bentuk fungsi frekuensi. Ukuran dari gain, (G) ini biasanya memakai decibel (dB). Dalam bentuk rumus hal ini dinyatakan sebagai berikut:

G(dB)=10log(Pout/Pin)).

Pout adalah Power atau daya pada bagian output, dan Pin adalah daya pada bagian inputnya.

Dalam bagian rangkaian amplifier pada proses penguatan audio ini terbagi menjadi dua kelompok bagian penting yaitu bagian penguat signal tegangan (V) kebanyakan menggunakan susunan transistor darlington, dan bagian penguat arus susunannya transistor paralel dan masing-masing transisistor berdaya besar dan menggunakan sirip pendingin untuk membuang panas ke udara, sekarang ini banyak yang menggunakan transistor simetris komplementer.sumber : Wikipedia

Naaaaahhh.....
bahas rangkaian sederhananya....
biar wujudnya kelihatan
bisa bagi-bagi ilmu
atau mau bedah ampli pabrikan


V. Speaker

Pengeras suara (bahasa Inggris: loud speaker atau speaker) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.

Dalam setiap sistem penghasil suara (loud speaker), pengeras suara merupakan juga menentukan kualitas suara disamping juga peralatan pengolah suara sebelumnya yang masih berbentuk listrik dalam rangkaian penguat amplifier.

Sistem pada pengeras suara adalah suatu komponen yang meggubah kode sinyal elektronik terakhir menjadi gerakan mekanik. Dalam penyimpan suara pada kepingan CD, pita magnetik tape, dan kepingan DVD, dapat di reproduksi oleh pengeras suara loud speaker yang dapat kita dengar. Pengeras suara adalah sebuah teknologi yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita,


VI. Ilmu Elektronika

bahas ilmu dasarnya biar tahu
yang mau ngomongin rumus bulet atau segitiga
komponen elektronik pengertian dan fungsinya
yang asli atau palsu
kwalitas
peralatan


VII. Istilah istilah

misal :
mengenal definisi feedback. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan berkaitan dengan masalah feedback adalah, "Microphone apa yang tidak dapat mengakibatkan terjadinya feedback?" dan jawaban untuk pertanyaan ini adalah TIDAK ADA! Feedback terjadi karena kombinasi dari banyak faktor, antara lain penempatan loudspeaker yang kurang tepat, penempatan microphone yang kurang tepat, respons frekuensi yang berbeda antara loudspeaker dan microphone yang digunakan, dan juga karena pengaruh akustik ruangan.


Apa sih feedback itu?

Feedback adalah suara-suara mendengung seperti bunyi ngung, nging yang cukup mengganggu. Echo dan Reverb yang diakibatkan oleh akustik ruangan tidak sama dengan feedback dan tidak dapat dihilangkan dengan cara yang sama seperti cara kita menghilangkan feedback.

Apa sih yang menyebabkan terjadinya feedback?

Feedback terjadi pada waktu suara yang dikeluarkan oleh loudspeaker ditangkap lagi oleh microphone, kemudian dikeluarkan oleh loudspeaker, ditangkap lagi oleh microphone, begitu terus menerus. Cara termudah untuk menciptakan feedback adalah dengan cara mengarahkan microphone langsung didepan loudspeaker(kalau penasaran, silakan dicoba! Hehehe..). Menempatkan microphone terlalu dekat dengan loudspeaker, terlalu jauh menempatkan microphone dengan sumber suara yang diambilnya, atau menaikkan volume microphone secara berlebihan membuat masalah feedback menjadi lebih parah. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan masalah feedback menjadi lebih parah antara lain, terlalu banyak microphone yang digunakan, akustik ruangan yang jelek, dan tidak samanya respons frekuensi antara microphone dengan loudspeaker.

Apa yang dapat saya lakukan untuk meminimalkan feedback?

Salah satu cara termudah untuk meminimalkan terjadinya feedback adalah dengan menempatkan microphone sedekat mungkin dengan sumber bunyinya. Lebih lagi, dengan menggunakan directional microphone(cardioid, super cardioid, dan lain-lain) akan menambah gain before feedback. Mengurangi jumlah mic yang on yang tidak dipakai akan sangat berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya feedback karena semakin banyak microphone yang on akan memperbesar kemungkinan terjadinya feedback. Dan yang terakhir perbaiki akustik ruangan dengan menghilangkan permukaan yang keras dan dapat memantulkan suara seperti kaca, marmer dan kayu. Apabila solusi diatas telah diterapkan, langkah berikutnya barulah penggunaan equalizer dan automatic feedback reducer.

terusin saja istilah yang lainnya
bla
bla
bla..........
Diubah oleh ilix 15-03-2014 19:25
0
4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.