Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

s4ty4Avatar border
TS
s4ty4
[ASK] Mohon Saran dan Nasehat Soal Keris Peninggalan Kakek
Sesepuh Forsup yang saya hormati, sesuai judul thread saya mohon bantuannya. Jadi ceritanya almarhum Kakek saya dulunya adalah Glondong/Lurah di desanya. Beliau mempunyai 12 keris/senjata yang beberapa diantaranya nampak di foto yang saya lampirkan. Sekarang kondisinya sudah tidak terawat, bahkan beberapa saya coba tarik dari sarungnya tidak bisa karena sudah berkarat. Padahal dulu sampai sekitar tahun 2000-an peninggalan tersebut masih dirawat, termasuk dijamas setiap 1 Suro.

Cerita tentang keris tersebut antara lain pernah ketika dijamas ada seseorang yang tidak sengaja terbeset jarinya oleh salah satu keris, yang bersangkutan langsung pingsan. Cerita lainnya pernah keduabelas peninggalan tersebut dibawa lari orang. Namun sesampainya di pelabuhan ketika hendak menyeberang ke Kalimantan (kalau tidak salah ingat), tiba-tiba tas berisi keris tersebut menjadi sangat berat sehingga tidak bisa diangkat.

Melihat kondisinya sekarang saya sangat prihatin. Anak-anak Kakek saya (Ayah dan Paman-paman saya) sepertinya tidak ada yang mau merawatnya, terlebih sepeninggal Nenek (Nenek saya baru meninggal 40 hari yang lalu). Saya tergerak untuk merawatnya, tetapi sepertinya mertua saya kurang berkenan dengan hal-hal seperti itu sehingga saya khawatir ada konflik dengan mertua.

Sehubungan hal itu saya mohon saran apakah yang sebaiknya saya lakukan dengan keris-keris itu? Dan sekiranya keris-keris itu saya rawat, barangkali bisa dibantu penerawangan sesepuh sekalian apakah ada energi negatif dari keris-keris itu?



0
3.8K
35
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.