Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

supercopyuhuyAvatar border
TS
supercopyuhuy
[Nah Lo] Ratusan Buruh Pabrik Gitar Yamaha Terancam Dipecat
Seratus lima puluh empat karyawan pabrik gitar PT Yamaha Musik Manufacturing Indonesia (YMMI) di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, terancam pemecatan. Rencana itu terungkap saat negosiasi antara manajemen dengan Serikat Pekerja YMMI di Kantor Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Timur, Jumat.

Dalam negosiasi itu, pihak manajemen diwakili beberapa pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jakarta Timur. Ketua Apindo Jakarta Timur, Sadia Yasa, mengatakan daftar yang disodorkan itu berupa penskorsan mengarah ke pemecatan. "Alasannya, karena menggalang mogok kerja," katanya kepada Tempo, Jumat, 18 Oktober 2013.

Ketua Serikat Pekerja YMMI, Suradi, menolak rencana itu. "Jangan ada pemutusan hubungan kerja," katanya. Kepala Sudin Tenaga Kerja Jakarta Timur, Hikmah, mendukung penolakan Suradi. Menurut dia, penskorsan yang dijatuhkan sebaiknya mengarah kepada pembinaan. "PHK tidak menyelesaikan masalah," ujarnya.

Pemecatan ini buntut mogok kerja ribuan pekerja YMMI pada 9-17 September 2013. Mogok kerja disebabkan kekecewaan Serikat Pekerja YMMI terhadap manajemen yang melanggar perjanjian kerja bersama.

Sadia menilai, konflik buruh dan manajemen ini berpotensi menyebabkan pabrik gitar yang memproduksi 3.000 unit per hari itu angkat kaki dari Indonesia. Selengkapnya baca "Bara di Pabrik Gitar" yang akan terbit di Majalah Tempo edisi Senin,.

Sumur : Tempo.co

Kalo Dah Gini Gmn emoticon-Cape d... (S) Anak Bini mau Pada Makan Apaan Coba emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh supercopyuhuy 30-10-2013 16:36
0
21.9K
290
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.