Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Jam
  • Informasi mengenai Jenis Micro Battery !

vhogionoAvatar border
TS
vhogiono
Informasi mengenai Jenis Micro Battery !
Pengetahuan mengenai “Micro Battery” atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut baterai mikro, baterai kancing atau baterai arloji / jam tangan.

Ada 4 jenis baterai mikro atau baterai kancing di dunia saat ini, yaitu:

LR (Alkaline Manganese)
Baterai alkaline ini sama dengan baterai alkaline pada umumnya yang dipakai untuk mainan, senter, dll, hanya ukurannya yang diperkecil. Voltase baterai alkaline adalah 1.5V. Kelebihan dari baterai ini adalah:
1. Ongkos pembuatannya yang murah
2. Karakteristik stable discharge* yang sangat baik
3. Karakteristik high-drain pulse discharge yang sangat baik
4. Anti bocor (leakage resistance) yang sangat baik.
Sebenarnya baterai alkaline tidak cocok dipergunakan untuk arloji atau jam tangan. Hal ini dikarenakan oleh sifat dari baterai alkaline yang seiring dengan penggunaannya maka voltasenya semakin lama semakin turun dan habis.
Contoh 1: senter yang memakai baterai alkaline, semakin lama sinarnya akan semakin redup dan lama-lama sinarnya akan mati.
Contoh 2: arloji yang dipaksa untuk memakai baterai alkaline memang bisa menyala, namun tidak bisa maksimal (hanya beberapa minggu atau bulan sudah mati). Dan penggunaan baterai alkaline pada arloji, dapat mengakibatkan keterlambatan waktu pada arloji tersebut.

Penggunaan dari baterai alkaline sangat luas, berikut beberapa contohnya.
Contoh barang yang menggunakan alkaline:
- Mainan Eletronik - Senter - Kalkulator - Portable Devices - Kamera
- Radio - Thermometer Elektronik - Remote Kontrol AC/TV
- DLL

Official website:
http://www.sony.net/Products/MicroBa.../lr/index.html

CR (Lithium Oxide)
Baterai 3V ini dikenal karena ketahanannya yang luar biasa. Baterai ini digunakan oleh alat-alat yang membutuhkan ketahanan yang lama, seperti back up ic memori yang terdapat pada PC motherboard, PDA, dan kunci remote mobil.
Kelebihan dari baterai 3V ini adalah:
1. Ringan dan Voltasenya tinggi, oleh karena voltasenya 2x lipat dari baterai biasa, maka jumlah baterai yang diperlukan untuk suatu alat dapat dikurangi, dan hasilnya berat total bisa berkurang
2. Karakteristik discharge* yang sangat baik sekali, oleh karena ketahanannya yang sangat baik, maka seringkali pada alat-alat tertentu, bahkan penggantian baterai hampir tidak diperlukan, contohnya: back up ic memori pada PC
3. Ketahanan terhadap temperatur yang sangat baik, bahkan merk “Sony” dapat beroperasi pada suhu antara -30°C sampai dengan 70°C
4. Anti bocor yang sangat baik pada waktu yang sangat lama
5. Sangat handal untuk disimpan dalam jangka waktu lama, merk “Sony” dalam keadaan suhu ruangan, discharge*nya setiap tahun hanya 1% dari kapasitas totalnya. Yang berarti apabila baterai tersebut tidak dipakai selama 10 tahun, maka kapasitas atau isi nya hanya berkurang 10% dan masih bisa dipakai

Berikut contoh beberapa produk yang menggunakan baterai CR:
- Arloji/jam tangan (kebanyakan digital)
- Weker dan Jam dinding (beberapa model tertentu)
- PC motherboard dan PDA
- kunci remote mobil (car keyless entry system)
- alat-alat kesehatan (cth: alat tes gula darah, dll)
- alat gesek kartu (cth: alat gesek kartu atm atau alat gesek kartu kredit)
- key untuk internet banking

Official website:
http://www.sony.net/Products/MicroBa.../cr/index.html

SR (Silver Oxide)
Baterai ini hampir dikhususkan untuk arloji/jam tangan. Oleh karena bahan pembuatannya dari perak, maka biaya pembuatannya sangat mahal. Bahkan meskipun baterai sudah habis, masih ada kandungan peraknya yang dapat diekstrak kembali. Banyak pengepul yang mengkhususkan diri untuk membeli baterai SR yang sudah habis ini, mereka mengumpulkan dalam jumlah ratusan ribu bahkan jutaan biji untuk kemudian dilebur dan diambil peraknya. Dengan voltase 1.55V, ukuran dari baterai ini juga sangat beragam (namun hampir semua nya digunakan untuk arloji). Mulai dari diameter 4mm sampai dengan diameter 11.8mm, semuanya dikhususkan untuk memenuhi beragam model besar kecilnya suatu arloji tersebut.
Kelebihan dari baterai ini adalah:
1. Kepadatan energi yang tinggi
2. Output voltase yang sangat konstan meskipun pada waktu pemakaian
3. Daya tahan bocor yang sangat baik
Karakteristik baterai ini sangat cocok dengan arloji, yang dimana pemakaian baterai ini secara terus menerus tidak mengurangi voltase, sehingga waktu pada arloji tetap akan cocok (tidak ada keterlambatan), meskipun isi dari baterai tersebut sudah tinggal sedikit. Seringkali kita menemui bahwa arloji kita mati secara tiba-tiba, padahal kemarinnya tidak ada tanda-tanda bahwa baterai akan habis.

Berikut beberapa produk yang menggunakan SR:
1. Arloji / Jam Tangan
2. Kalkulator
3. Thermometer Elektronik
4. Kamera
5. Remote Kontrol

Official website:
http://www.sony.net/Products/MicroBa.../sr/index.html

Zinc Air Battery
Baterai ini khusus hanya digunakan untuk alat bantu pendengaran (Hearing Aids). Baterai ini tidak dapat digunakan pada alat-alat lain selain alat bantu pendengaran. Baterai ini harus disimpan pada suhu ruangan dan tertutup. Udara yang terlalu kering, penyimpanan yang terekspos/terkena sinar matahari langsung dan tempat penyimpanan yang terlalu dingin dapat sangat mengurangi daya tahan baterai. Baterai juga tidak boleh tersentuh oleh logam seperti kunci atau koin, karena dapat merusak baterai (terjadi korsleting).

Meskipun ukurannya dan bentuknya yang sama dengan baterai mikro lainnya, namun karakteristik baterai ini benar-benar berbeda. Packaging dari baterai Zinc Air biasanya berbentuk 1 lembar dengan ada bundaran ditengahnya yang bisa berputar. Packaging yang unik ini didesain sangat khusus dan benar-benar kedap udara (baterai didalamnya dilengkapi dengan stiker khusus yang menjaga agar baterai tidak terkena oksigen, hal ini juga bertujuan agar menjaga voltase baterai tetap rendah). Pada waktu akan dimulainya pemakaian baterai tersebut, stiker yang tertempel pada baterai dilepas dan ditunggu 1-2 menit, maka oksigen akan masuk memenuhi baterai sehingga voltase baterai akan naik menjadi 1.4V, baru baterai dipakai di alat bantu pendengaran.

Seringkali kita salah dalam memilih baterai untuk alat bantu pendengaran. Banyak sekali yang menggunakan LR44 (alkaline) untuk alat bantu pendengaran, dikarenakan ukuran dan bentuknya yang sama persis. Masalah yang sering terjadi pada penggunaan LR44 (alkaline) pada alat bantu pendengaran adalah:
1. Daya tahan baterai yang cepat habis (1-2 minggu penggunaan sudah habis)
2. Mengeluarkan bunyi dengungan yang mengganggu (hal ini disebabkan oleh karena voltase LR44 yaitu 1.5V, sedangkan untuk Zinc Air yaitu 1.4V)
3. Kerusakan pada alat bantu pendengaran itu sendiri karena voltase yang berlebihan

Oleh karena itu, penggunaan baterai Zinc Air mutlak harus untuk alat bantu pendengaran.

Produk yang menggunakan baterai Zinc Air:
- Alat bantu pendengaran (Hearing Aids) Analog dan Digital





Terimakasih sudah membaca artikel kami. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan dalam memilih baterai yang dibutuhkan.



* Discharge adalah pengurangan kapasitas atau daya tahan suatu baterai yang disebabkan oleh pemakaian.

* Self Discharge adalah pengurangan daya tahan suatu baterai secara perlahan yang disebabkan oleh waktu (bukan pemakaian). Contohnya: baterai baru yang meskipun tidak kita pakai samasekali, namun lama-lama akan mati dengan sendirinya.
tata604
tata604 memberi reputasi
2
13.6K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jam
JamKASKUS Official
1.6KThread1.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.