Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atheizAvatar border
TS
atheiz
Apindo: Gaji Buruh Rp2,4 Juta Lebih Besar dari PNS


Apindo: Gaji Buruh Rp2,4 Juta Lebih Besar dari PNS


JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai permasalahan mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) buruh akan terus menghadapi pertentangan. Pasalnya gaji Rp2,4 juta yang diterima buruh lebih besar dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kalau kita bicara masalah PNS yang paling rendah itu golongan 1A itu Rp1,2 juta dengan UMP Rp2,4 juta ini sama dengan 3C, artinya seorang sarjana yang berpengalaman sekian tahun, gajinya sama dengan buruh. Ini enggak fair," ungkap Wakil Ketua Apindo Anton Supit dalam sebuah diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Anton menjelaskan, dalam penetapan UMP 2014 harus melihat dari segi nasional juga, meskipn dia setuju bahwa sebagian kaum buruh merupakan kaum marjinal. "Buruh menderita saya setuju, marilah kita perbaiki. Tetapi janganlah kita merusak dimana tempat kita hancurkan, apakah hal itu bisa lebih baik," tambahnya.

Menurut Anton, seharusnya buruh bersyukur telah mendapatkan pekerjaan. Menurut data saat ini, sekira 40 juta masyarakat Indonesia saat ini masih belum memiliki pekerjaan. "Jadi lebih baik bekerja daripada pemutusan hubungan kerja terus terjadi," tegasnya.

Namun, dengan permasalahan yang tidak pernah usai, Anton tidak menutup mata bahwa permintaan buruh sangat rasional meminta kenaikan gaji. Namun, meminta kenaikan gaji pun harus dilihat dari sektor industrinya.

"Sangat wajar bila buruh meminta kenaikan upah, khususnya kepada perusahaan besar atau tergolong industri padat modal. Tetapi untuk usaha padat karya, sangat sulit untuk merealisasikan tuntutan kenaikan gaji buruh sebesar 50 persen," tukas dia.




sumber
0
2.1K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.