Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

doniedonieAvatar border
TS
doniedonie
Share Pengalaman, JAPAN
Sebenarnya rada basi jg sih baru sekarang mau sharing cerita perjalanan saya, tapi kata pepatah, biar lambat daripada tidak ada sama sekali emoticon-Matabelo

Bulan Oktober tahun lalu, saya ke Jepang, rutenya muter. Dari Makassar->Surabaya->KL-> Osaka, ini sayalakuin supaya hemat aja, dan kebetulan waktu beli tiketnya,duit g langsung cukup buat beli rute langsung.
totalnya PP 2,3jt, visa FREE (karena status Mahasiswa emoticon-Najis )
Tempat tinggal saya uda prepare buat semua kota yang bakal saya kunjungi (Osaka,Hiroshima+Pulai Miyajima, Kyoto, Tokyo).
Semuanya itu gratis, ga ada bayarnya. Untuk di TOkyosaya sempat minta ijin ke pengurus Masjid di Tokyo untuk diperbolehin tinggal 2 mlam,tapi akhirnya batal, karena tiba2 dari CS ada yg invite ane buat tinggal di rumahnya.
Untuk di Kyoto sendiri, saya tinggal di rumah pengusaha tempe asal Indonesia yang sukses disana, namanya Mas Rustono 'Tempeh" (sering masuk tv kok). Ga tahu mimpi apa saya, ditengah ng-gelandang-nya saya di stasiun di Kyoto (teman janjian saya tiba2 hilang ga tahu kemana), tiba-tiba Mas Rustono ngajakin saya tinggal dirumahnya, sekaligus ikut panen dan makan tempe buatannya.
Di Hiroshima saya tinggal sama senior saya yg lagi tugas disana. Diajarin cara hemat disana, dan diajakin jalan-jalan ke beberapa tempat di Hiroshima. Hiroshima kota kecil, tapi menyimpan sejarah yang dalam buat bangsa ini maupun bangsa kita. Di museumnya, ada penjelasan mengguanakan bahasa Indonesia loh!
Osaka saya tinggal di rumahnya teman, yang beberapa minggu sebelumnya sudah di Jepang untuk beasiswa belajar disana, walopun cuma satu malam, mengenang banget perjuangan untuk nemuin alamatnya ini.
Ada beberapa hal yang saya dapat setelah backpacking seorang diri ini dengan menjelajah beberapa kota di Jepang, dengan modal 3 juta rupiah
1. Jangan pernah sia-siain makanan, karena makanan itu rejeki, mungkin kita belum tahu susahnya untuk dapat makanan itu, tapi percayalah,makanan itu MAHAL!
2. Sayangi orang-orang disekitar, karena kalo lagi jauh, semua hal jadi ngangeni. Apalagi klo perginya bercampur dengan derita emoticon-Matabelo,hahahha,lebay
3. Asal kita mau, kita bisa. Asal tahu aja, H-2 keberangkatan, biar 100 ribu saya g punya.
Di Museum Hiroshima (lupa namanya)
Share Pengalaman, JAPAN
Di rumah kakak, Hiroshima
Share Pengalaman, JAPAN
Di rumah Mas Rustono
Share Pengalaman, JAPAN
Foto bareng anak SMA di Hiroshima Castle (awalnya mereka yang sapa saya duluan,dikiranya saya orang sana,hohoho)
Share Pengalaman, JAPAN
0
3K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.