Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atheizAvatar border
TS
atheiz
Gaji Rp28 Juta Per Bulan, Hakim Agung Ngeluh

JAKARTA- Hakim Agung, Gayus Lumbuun, mengeluhkan soal gaji yang diterimanya saat ini. Menurutnya gaji Hakim Agung masih kalah dibanding Hakim Konstitusi.

Hal tersebut disampaikan Gayus, ketika ditanya soal hasil Munas Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) di Bali, yang telah memutuskan Imam Soebchi sebagai Ketua Umum periode 2013-2016. Dia mengaku, masih ada beberapa persoalan yang harus dibenahi IKAHI, salah satunya soal gaji Hakim Agung.

"Ada tiga paling tidak yang perlu mendapat catatan, yang pertama paling tidak adalah menyelesaikan keadaan gaji Hakim Agung yang jauh dari kelayakan, yaitu Rp28,8 juta/bulan," ungkap Gayus kepada wartawa di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Kamis (31/10/2013).

Ketua IKAHI cabang MA, ini menyatakan gaji hakim agung ini sangat prinsipil. Sebab, gaji hakim lain sudah agak memadai, walaupun kinerjanya belum maksimal.

"Jadi Hakim Agung sekitar Rp28 juta ini sangat sangat kecil bagi kebutuhan Hakim Agung dan keluarganya. Kalau disandingkan gaji hakim di tempat lain sangat jauh dengan hakim tinggi kita kalah Rp48 juta, Hakim Adhoc Rp45 juta dan Hakim Konstitusi katanya Rp150. Ini perlu perhatian IKAHI," tegasnya.

Selain masalah gaji, Gayus juga mengkritik soal keselamatan hakim saat bertugas. "Saat ini banyak hakim berantem, baik secara psikis maupun fisik, apa sikap IKAHI? Ini harus jelas," sambungnya.

Terakhir, Gayus meminta IKAHI memperhatikan kesehatan hakim. Dia mengaku sudah memberikan ide dan gagasan untuk memperhatikan kesehatan hakim-hakim yang sudah pensiun. "Di situ titik awal asuransi itu bisa digunakan, ini terbalik. Ketika hakim pensiun digunting asuransinya, akhirnya ada kesulitan. Bahkan ketika meninggalpun masih meninggalkan utang," pungkasnya.



sumber
0
2.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.