Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leylam4ajnunAvatar border
TS
leylam4ajnun
JK akan Dicapreskan Parpol Islam, Ical & Golkar pun Panik Suaranya Tergerus ke JK
JK akan Dicapreskan Parpol Islam, Ical & Golkar pun Panik Suaranya Tergerus ke JK
Jusuf Kalla

JK Nyapres Suara Golkar Pecah, Ical Cemas
Rabu, 30-10-2013 19:19

JAKARTA, PESATNEWS - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tanjung mengaku partainya akan mengalami goncangan apabila benar nantinya Jusuf Kalla (JK) menjadi calon presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Menanggapai kabar perihal, JK yang akan diusung oleh PKB, Akbar mengembalikan ke mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Pasalnya hal tersebut menyangkut haknya sebagai warga negara untuk dipilih dan memilih. Namun tidak dipungkiri apabila itu benar terjadi maka akan ada perpecahan diinternal partai warisan Orde Baru tersebut antara pendukung JK dan pendukung Aburizal Bakrie (Ical). "Tentu di iternal Partai Golkar akan ada problem ini maksudnya adalah tentu ada orang Golkar yang lebih cenderung ke JK dan tentu ke Ical," kata Akbar saat ditemui di Akbar Tanjung Institut, Pancoran, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Ketua DPR RI periode 1999-2004 ini mengatakan sosok JK di Sulawesi sangat berpengaruh. Hal ini akan memberi dampak negatif apabila benar terpecah lantaran bukan cuma tokoh partai dan kader namun masyarakat Sulawesi yang lain dapat mendukung mantan Wakil Presiden ini. "Yang cenderung ke Pak JK diperkirakan orang-orang Golkar, tokoh Golkar dan kader yang ada di Sulawesi, mungkin bukan hanya Partai Golkar tapi juga masyarakat pada umumnya tentu ini punya dampak juga," ungkapnya.

Akbar yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengakui basis massa JK berada di wilayah Sulawesi yang merupakan salah satu kantong suara Golkar. Maka ketakutan Akbar suara Golkar pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 nanti suara Golkar tidak lagi masif. Dan akan merugikan partai berlambang pohon beringin dan Capresnya yaitu Ical. "Seandainya Pak JK maju dan sebagian besar suara Golkar memberikan suara kepada dia sudah tentu mempunyai dampak mempengaruhi keterpilihan calon Golkar yang lain yaitu Pak Ical," ucap Akbar menyesalkan.
http://www.pesatnews.com/read/2013/1...cah-ical-cemas

JK Didorong PKB untuk Nyapres
October 29, 2013 10:59:02 wib

ASATUNEWS - Beberapa pimpinan wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Papua, dan pengurus wilayah se-Kalimantan, NTT, NTB, dan Banten yang memberikan dukungan pada Jusuf Kalla untuk maju jadi calon presiden. Sebelumnya, sempat mengulirkan 11 pengurus wilayah Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Papua telah menyampaikan usulan pencapresan JK kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Meskipun demikian, hal tersebut akan bergantung pada mekanisme partai menentukan capres. "JK punya banyak kelebihan," kata dr Zairullah Azhar, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Kalimantan Selatan, di Jakarta, Senin (28/10/2013).

Setidaknya terdapat tujuh alasan yang menjadi dasar dukungan terhadap pencalonan Ketua Palang Merah Indonesia ini yang dituangkan dalam surat pernyataan dukungan yang ditandatangani sejumlah pimpinan wilayah tersebut di Jakarta hari ini. Pertama, kapabilitas dan kredibilitas sebagai negarawan sudah terbukti saat menjadi wakil presiden. Kedua, kemampuan JK menangani konflik dan mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam dan pluralistik. Misalnya, perannya mendamaikan pihak-pihak yang berkonflik di Poso, Ambon, dan Aceh.

Ketiga, JK sudah terbukti mampu memecahkan masalah pemerintahan dan kenegaraan, bukti sebagai teknokrat yang unggul. Keempat, JK mempunyai keberanian mengambil risiko untuk kepentingan lebih besar. Kelima, JK menjadi pencetus kebijakan-kebijakan revolusioner dan visioner melihat peluang dan tantangan bangsa ke depan. Keenam, JK adalah seorang warga NU yang dekat dengan ulama dan warga Nahdliyin. Ketujuh, menjadikan JK sebagai capres PKB akan mendongkrak citra partai yang berdampak terhadap perolehan suara pada Pemilihan Legislatif 2014.

Sementara itu, juru bicara media dari JK, Husain Abdullah, mengalirnya dukungan PKB kepada JK adalah karena ideologi JK selama ini yang nasionalis religius. Lagi pula sejak dulu kiprah JK sebagai Islam moderat memang dekat dengan kalangan santri, kaum ulama baik NU maupun Muhammadiyah yang berakar dari pengaruh ayahnya Hadji Kalla. “JK adalah perintis NU dan pengurus NU di Sulawesi Selatan, sedangkan Hj. Athirah, ibu JK, adalah seorang aktifis Aisyiah. Jadi trend dukungan PKB bukan suatu kebetulan, tetapi sangat beralasan karena memiliki akar historis yang kuat,” kata Husain pada Senin (28/10/2013) dalam rilisnya yang diterima ASATUNEWS.COM

Selain itu, tambah Husain, JK sendiri adalah seorang mantan aktifis HMI. Di situlah kekuatan modal politik JK, bisa diterima semua pihak. “Dengan kelompok non-Muslim pun JK juga sangat dekat. Lihat saja bagaimana JK mampu menyelesaikan konflik Poso dan Ambon. Konflik mampu diselesaikan JK karena kekuatan hubungan personalnya dengan umat kristiani. Dan hubungan hubungan tersebut terawat sampai saat ini,” ujar Husain.

Husain menambahkan bahwa PKB sendiri sepertinya meyakini Indonesia akan bangkit kembali dari keterpurukan jika negeri ini dipimpin seorang Jusuf Kalla yang syarat dengan pengalaman dan sudah teruji selama 7 tahun jadi aktifis mahasiswa, 30 tahun menjadi pengusaha, 10 tahun sebagai aparat pemerintah dan dalam empat tahun terakhir ini berkiprah di bidang sosial kemanusiaan. Lantas apakah JK akan maju lagi dan siap bertarung di Pilpres 2014, kita lihat nanti!
http://www.asatunews.com/berita-1097...k-nyapres.html

Akbar Tanjung Menuju Pilpres 2014:
Bisa Jadi Alternatif Atas Aburizal Bakrie yang Elektabilitasnya Tak Bergerak

Sat, 26/10/2013 - 14:04 WIB

JK akan Dicapreskan Parpol Islam, Ical & Golkar pun Panik Suaranya Tergerus ke JK
Akbar Tanjung

JAKARTA- Golkar harus mempertimbangkan Akbar Tanjung sebagai alternatif atas Aburizal Bakrie yang elektabilitasnya rendah. Akbar Tanjung bisa jadi kuda hitam dari Golkar menuju 2014. Demikian pandangan para analis dan aktivis pergerakan. '' Para pendukung dan jaringan Akbar Tanjung sebaiknya jangan diam saja, sebab dia alternatif atas Ical Bakrie menuju 2014 yang elektabilitasnya masih belum bergerak,'' kata Cherry Augusta MA, seorang analis dan mahasiswa PhD di UGM. ''Akbar bisa jadi kuda hitam, kan dia pendukungnya di Golkar masih kuat,'' kata Dhuha Hadiansyah MA, pengajar UIN Jakarta. '"Saya yakin Pak Ical Bakrie tak akan memaksakan diri kalau elektabilitas tak naik,'' ujar Hadiyansyah yang juga aktivis LSM.

Apalagi,kegelisahan yang dipertontonkan oleh Bakrie Group terkait jatuh tempo pembayaran utang kepada Bank of New York menunjukkan bagaimana sikap seorang yang mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2014 yang ternyata lebih takut kepada Bank dibanding Rakyat Sidoarjo yang menjadi korban keganasan lumpur Lapindo. Merujuk pada pemberitaan di media massa , Jumat (25/10/2013), terlihat jelas bagaimana grup Bakrie pontang panting menawarkan tanahnya yang diklaim masih tersisa ribuan hektar berupa lahan kosong, untuk dijual atau dijadikan pembayar utang kepada Bank of New York Mellon Cabang London senilai US$ 155 juta (Rp 1,5 triliun). “Hal ini sangat ironis mengingat hingga saat ini PT. Minarak Lapindo yang merupakan perusahaan milik Bakrie ternyata masih menunggak ganti rugi terhadap ribuan KK korban keganasan semburan lumpur di Sidoarjo,” ungkap Peneliti Indonesia Economic Development Studies (IEDS) Musyafaur Rahman, Jumat (25/10/2013) malam.

IEDS menilai, seharusnya Bakrie mendahulukan pembayaran gantirugi kepada rakyat Sidoarjo dibanding pelunasan hutang mereka di Bank Asing. Jika memang Bakrie sebagai salah satu tokoh nasional dan pernah menduduki jabatan publik masih memegang ucapannya untuk bertanggungjawab penuh atas kerugian moril maupun materiil yang dialami rakyat Sidoarjo, semestinya tawaran atas lahan-lahan kosong tersebut lebih dulu diberikan kepada rakyat korban lumpur dibanding kepada Bank Asing. “Jika tidak maka kami menilai rakyat Sidoarjo berhak untuk melakukan pendudukan lahan milik Bakrie yang diklaim masih tersisa ribuan hektar sebagai pengganti atas lahan mereka yang terimbas semburan lumpur Lapindo,” tegas Musyafaur. Ketidakmampuan Bakrie dalam mengelola bisnisnya, lanjutnya, juga bisa menjadi tolak ukur rakyat dan catatan penting dalam Pemilihan Presiden 2014 nantinya yang diharapkan unggul dalam mengelola perekonomian di negeri ini.http://www.rimanews.com/read/20131026/123602/akbar-tanjung-menuju-2014-bisa-jadi-alternatif-atas-aburizal-bakrie-yang

Akbar Tandjung: Siapa Bilang Pencapresan Ical Harga Mati?
Selasa, 17 September 2013 | 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung tertawa dengan pernyataan sejumlah pengurus Partai Golkar yang menyatakan pencalonan Aburizal "Ical" Bakrie sebagai presiden adalah harga mati. Akbar menekankan, tak ada kemutlakan dalam dunia politik. "Siapa yang bilang Ical harga mati?" ujar Akbar sambil tak kuasa menahan tawa kecilnya saat ditanya wartawan soal pencapresan Ical, Selasa (17/9/2013). "Tidak ada politik yang mutlak-mutlakan sehingga tidak tepat disebut harga mati. Apalagi politik, kan ada perubahan-perubahan," lanjut Akbar.

Mantan aktivitis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu mengingatkan elektabilitas Ical yang harus diamati. Ia mengatakan, jika pada satu titik Ical dinilai tidak bisa meraih kemenangan, Golkar perlu memikirkan langkah-langkah lain. KOMPAS/Hendra A Setyawan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (kiri), didampingi Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham (tengah), dan Ketua Bidang Informasi dan Penggalangan Opini Partai Golkar, Fuad Mansyur saat refleksi akhir tahun di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (27/12/2011). "Bukan maksud saya mengubah Aburizal, saya tidak punya niat itu. Tapi, salah satu solusinya adalah dengan mencari cawapres yang bisa meningkatkan elektabilitas Ical," kata Akbar.

Seperti diberitakan, elektabilitas Ical tidak berbanding lurus dengan elektabilitas Partai Golkar dalam sejumlah survei. Elektabilitas Ical cenderung stagnan, sementara elektabilitas partainya terus berada di urutan teratas. Elektabilitas Ical juga di bawah sejumlah kandidat capres lainnya, seperti Prabowo Subianto dan Joko Widodo alias Jokowi. Atas elektabilitas Ical yang tak kunjung menjanjikan, Akbar pun pernah melontarkan kritikan. Ia menilai, perlunya evaluasi pencapresan Ical dalam Rakernas Partai Golkar bulan Oktober mendatang.

Selain itu, Akbar juga mengkritik penetapan Ical sebagai capres Partai Golkar yang tak melibatkan pengurus daerah tingkat II. Atas kritikan Akbar ini, internal Partai Golkar pun memanas. Sekretaris Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin meminta setiap kader menahan diri. "Di dalam kesempatan ini, kami imbau agar seluruh pihak dalam polemik ini untuk hentikan polemik ini. Setelah ditimbang-timbang, lebih banyak mudarat dibandingkan baik-baiknya," ujar Ade, Senin (7/1/2013), di Gedung Kompleks Parlemen Senayan.

Ade mengatakan, setiap kader Golkar harus senantiasa menjunjung tinggi keputusan dan disiplin organisasi. Ia pun masih percaya meski mendapatkan gangguan dari pihak luar, kader Golkar tetap solid menjalankan keputusan partai dalam mengusung Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden. "Sampai hari ini mereka bekerja melakukan pemenangan Partai Golkar dan pencalonan Ical," kata Ade.
http://nasional.kompas.com/read/2013...al.Harga.Mati.

--------------------------

Golkar sulit unggul di Pemilu 2014 kelak, sebab selain faktor Ical yang diketahui rakyat pemilih yang akan dijagokan Golkar sebagai Capres kalau parpol ORBA itu menang Pemilu, parpol Nasdem dan figur Golkar-Tua seperti JK dan Akbar Tanjung tentu tak akan rela kalau republik ini akhirnya dikuasai Ical dan orang-orangnya. Terlalu berisiko bagi masa depan NKRI. Kehadiran JK sebagai capres parpol lain, juga kemungkinan Akbar Tanjung melakukan manuver yang sama kalau Ical tetap ngotot nyapres sebagai capres Golkar, diyakini banyak pihak sebagai 'pengorbanan' tokoh tua Golkar itu untuk meyelamatkan NKRI dari naiknya Ical sebagai Presiden kelak


emoticon-Sorry
0
2.6K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.