Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hasankakonAvatar border
TS
hasankakon
Misteri Laut Sargasso (segitiga bermuda) dari majalah Bobo
Misteri Laut Sargasso (segitiga bermuda) dari majalah Bobo

Laut Sargasso adalah lautan di Segitiga Bermuda. Laut Sargasso penuh misteri sejak ratusan tahun lalu.
emoticon-Takut
Laut yang Menipu
Laut Sargasso pertama kali ditemukan oleh Christopher Columbus saat mencari India. Waktu itu, Columbus sudah berbulan-bulan berlayar di Samudra Atlantik. Mereka belum tahu apakah ada dataran lain di seberang Samudra Atlantik.
Di tengah samudra, Columbus menemukan hamparan ganggang. Betapa senangnya Columbus. Dia mengira daratan sudah dekat. Yaps, biasanya, ganggang memang menancapkan akarnya ke dasar laut yang dangkal. Daunnya muncul di permukaan air supaya mendapat sinar Matahari. Jika ada ganggang, itu pertanda daratan sudah dekat. Sayangnya dugaan Columbus salah. Daratan ternyata masih jauh. Dasar lautnya juga sangat dalam. Hamparan ganggang itu ternyata tidak berakar di dasar laut.

Ganggang Terapung
Misteri Laut Sargasso (segitiga bermuda) dari majalah Bobo
Ganggang yang ditemukan Columbus ini istimewa. Ganggang tersebut mempunyai bintil-bintil bulat mirip buah anggur. Bintil itu berisi udara yang membuat ganggang terapung. Dalam bahasa Spanyol, anggur disebut Sargasso. Columbus lalu menamalan lautan penuh ganggang ini sebagai Laut Sargasso. Artinya lautan anggur.

Empat Keanehan Sargasso
Laut Sargasso menyimpan misteri yang menakutkan pelaut selama lima ratus tahun. Pertama, pelaut heran ada ganggang hidup di tengah samudra yang luas. Biasanya daerah tengah samudra tidak dihuni makhluk hidup karena miskin makanan. Daerah tengah samudra mirip gurun pasir di daratan.
Keanehan kedua, ganggang itu hidup di wilayah mirip lingkaran. Pelaut menduga ada pusaran air di Laut Sargasso.
Ketiga, Laut Sargasso juga dikenal sebagai laut tanpa angin. Hmm, kapal Columbus terapung-apung lama karena tidak ada angin yang bertiup. Awak kapal Columbus sampai putuh asa. Mereka bahkan mengira kapal mereka digelayuti monster ganggang Sargasso. Muatan kapal mereka pun dibuang ke laut agar kapal bisa berlayar kembali. Tahu enggak, muatan kapal yang dibuang itu adalah kuda!
Keempat, di zaman modern, ilmuwan heran laut Sargasso memiliki banyak oksigen, ini adalah hal yang aneh. Karena daerah tengah samudra biasanya miskin zat oksigen.

Badai Dasar Laut
Untungnya, ilmuwan rajin meneliti laut Sargasso. Wilayah Laut Sargasso memang berbentuk lingkaran. Laut Sargasso dikelilingi arus Laut Gulf Stream, Laut Atlantik Utara, Laut Canary, dan Laut Atlantik Selatan. Arus laut itu berputar searah jarum jam. Ssst, Laut Sargasso itu satu-satunya laut di Planet Bumi yang tidak dibatasi daratan, lo.
Rupanya, di dasar Laut Sargasso sering terjadi badai. Badai itu bernama Badai Eddy berwujud pusaran air dingin yang naik ke permukaan laut. Badai Eddy ini mengangkat zat nutrisi dari dasar laut ke permukaan. Wow, berkat Badai Eddy, ganggang dan plankton dapat nutrisi. Ganggang dan Plankton pun hidup. Mereka lalu menghasilkan oksigen di Laut Sargasso.
Misteri Laut Sargasso (segitiga bermuda) dari majalah Bobo

Perlahan-lahan misteri Laut Sargasso mulai terjawab. Seharusnya orang tidak gemetar lagi, ketika mendengar nama Laut Sargasso di Segitiga Bermuda. (rna*)
emoticon-2 Jempol

Kalo artikel ini bermanfaat bagi agan2, siramin cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Malu

Oiya mampir lah ke toko online ane gan www.planetmodis.com

salam emoticon-Cool
nona212
nona212 memberi reputasi
1
12.4K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.