tomosukeAvatar border
TS
tomosuke
Kalo Lagi Hujan Gini, Enaknya Makan Yang Kuah-Kuah Gan
Nama masakan yang bikin ane ngiler itu bernama Oden gan. Asalnya dari Jepang...

Sejak pertama kali melihat masakan ini di serial anime Naruto, ane langsung beranggapan bahwa oden terlihat seperti soto dan ane punya fantasi tersendiri mengenai rasanya yang menurut perkiraan ane lezat top markotop. Walaupun sampai saat ini ane belum pernah mencoba rasa oden yang asli dari Jepang emoticon-Berduka (S)

Spoiler for Oden:


Menurut berbagai sumber di google, oden adalah jenis masakan yang banyak disajikan pada musim dingin di Jepang. Pada dasarnya oden adalah kuah kaldu (ikan) yang dicampurkan dengan berbagai bahan makanan lainnya seperti tahu, telur rebus, konnyaku (semacam jelly), lobak, dan lain-lain. Campuran bahan makanannya dapat berbeda tergantung pada daerah pembuatnya, beberapa campuran bahan oden antara lain:

Urat sapi
Gurita
Tahu
Telur rebus
Konnyaku
Lobak putih
Kentang
Kol yang digulung
Jamur shiitake
Wortel
Bakso ikan atau daging
Sosis

Bukan hanya di Jepang saja, ternyata masakan seperti oden juga dapat ditemukan di negara-negara lain seperti Korea Selatan, Taiwan, dan China. Di negara-negara tersebut, masakan seperti ini juga menggunakan bahan makanan lokal, misalnya di Taiwan menggunakan bakso daging babi atau juga menggunakan pudding darah. Di Indonesia, oden itu mungkin berevolusi menjadi semacam soto ya? Atau mungkin bisa juga disebut sapo tahu?

Spoiler for Oden:


Oden biasanya dijual di gerobak-gerobak penjaja, namun toko swalayan juga menyediakan oden pada musim dingin. Harganya relatif murah dengan variasi campuran makanan yang cukup banyak. Kalau tidak salah, ane juga pernah melihat salah satu toko swalayan di Jakarta menjual oden, sayang waktu itu ane lagi buru-buru. Kalau agan pernah mencicipi oden, jangan lupa kasih tau rasanya ya.

Spoiler for Oden:


Sumber:
Diubah oleh tomosuke 30-10-2013 18:28
0
3.7K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.