Fahri.FAvatar border
TS
Fahri.F
Apa untungnya Blackberry melepas BBM di Android dan IOS?
Sukses BBM di Android dan iOS, Apa untungnya Bagi Blackberry?

Sukses BlackBerry Mesenger (BBM) tak dapat disanggah. Jumlah download yang mencapai jutaan baik di Google play maupun App Store adalah buktinya. Lalu apa untungnya bagi BlackBerry? Bukankah hal itu justru membuat orang berpikir tak lagi menggunakan smartphone BlackBerry karena sudah bisa memakai BBM di iPhone dan ponsel Android?

Besarnya jumlah pengguna BBM app di iPhone dan Android tentu saja merupakan keuntungan bagi BlackBerry. Monetisasi atau menghasilkan uang dari BBM tampaknya akan segera diberlakukan, meskipun belum diketahui apakah dalam bentuk menyisipkan iklan di dalam BBM atau menjadikan pengguna BBM membayar per tahun seperti Whatsapp.

Sementara bentuk monetisasi dalam BBM belum diketahui, pengguna iPhone dan Android saat ini justru telah bisa merasakan ekosistem BlackBerry OS 10 melalui BBM app. Adanya sejumlah perbedaan dan tidak adanya sejumlah fitur kecil di BBM for iOS dan Android bukan tidak mungkin akan menjadikan para pengguna ingin menjajal handset BlackBerry 10 untuk merasakan ‘the real BBM’.

Membiarkan jutaan pengguna iOS dan Android merasakan ekosistem BB10 via BBM dinilai sejumlah pihak sebagai langkah efektif untuk promosi BB10. Berbeda dari promosi via iklan, memperkenalkan langsung BBM di ponsel Android dan iOS diharapkan dapat mengalihkan pengguna iOS dan Androdi KEMBALI ke BlackBerry. Apakah mungkin?

Dari pengalaman Gopego, sejauh ini fitur BBM di iOS dan Android tidak selengkap di BlackBerry handset. Selain itu faktor ‘pending’ dan sering crash di Android menjadikan banyak pihak sering membandingkan betapa nyamannya ‘BBMan’ di BlackBerry handset.

Hingga saat ini download BBM app telah mendekati angka 100 juta kali dan diharapkan pencapaian angka bulat tersebut akan terjadi hari ini. Dengan demikian akan semakin banyak orang yang mengenal ekosistem BB10 melalui BBM app di iPhone dan Android dan diharapkan misi BlackBerry untuk mendapatkan kembali pelanggan yang hilang bisa terjadi.

Sumber : http://android.gopego.com/2013/10/su...agi-blackberry

BBM Capai 80 Juta Pengguna Aktif, Termasuk 20 Juta Pengguna Baru iPhone dan Android

Apa kabar pengguna iPhone dan smartphone Android? Anda tentu sudah install BBM app yang telah hadir di iOS dan Google Play Store sekitar seminggu yang lalu. Tahukah Anda bahwa hanya dalam waktu singkat BBM telah menjadi aplikasi gratis terpopuler baik di App Store maupun Google Play Store. Hari ini BlackBerry mengumumkan bahwa BBM telah mencapai 80 juta pengguna aktif, termasuk 20 juta pengguna baru BBM app di iPhone dan smartphone Android.

Dengan kata lain, sejak rilis di App Store dan Google Play Store pada tanggal 22 Oktober lalu kini BBM app di iPhone dan smartphone Android pada telah mencapai 20 juta pengguna aktif di minggu pertama. Yak, ada sebanyak 20 juta pengguna aktif, bukan sekedar pengguna yang melakukan download BBM app. Sayangnya BlackBerry tidak mengumumkan berapa jumlah download BBM app di App Store dan Google Play Store pada saat ini. Tapi jika dilihat ada sebanyak 20 juta pengguna aktif, tentunya jumlah download BBM app di App Store dan Google Play Store mencapai lebih dari 20 juta kali.

Tidak terlalu mengherankan jika hanya dalam waktu singkat BBM telah menjadi aplikasi terfavorit di App Store dan Google Play Store, hal ini tidak lain karena BBM app memiliki sejumlah fitur yang tidak dimiliki messaging app lain. Beberapa fitur tersebut antara lain seperti kemudahan dalammembuat grup chat, berbagi foto, mengirim file dan status BBM app yagn selalu terhubung dengan ponsel tanpa harus membuka aplikasi. Well, meski saat ini fitur BBM app di iPhone dan smartphone Android masih terbatas tapi Anda bisa berharap Executif VP BBM, Andrew Bocking, akan segera memberikan update BBM Voice, BBM Video dan BBM Channel.

Sumber : http://android.gopego.com/2013/10/bb...ne-dan-android

Nb. Kl menurut ane, semua ini merupakan strategy matang dari pihak RIM. Bayangkan BBM yg menjadi andalan Blackberry dilepas ke Android dan IOS, tentu kita berfikiran bahwa itu sebuah langkah "bodoh". Karena pengguna BB akan beralih ke android.

Bahkan sampai ada yg meledek dengan membuat status FB "Apa yg difikirkan pengguna BB Z10 bila di PING!!! oleh HP CROOSS?" emoticon-Ngakak (S)

Mungkin salah satu alasan dari RIM adalah menunjukan ke pengguna hanset lain bahwa BBM merupakan aplikasi chat terbaik, dengan dibuktikan bahwa sekitar 20 Jt pengguna Android dan IOS mengunduh aplikasi BBM emoticon-Big Grin
Atau mungkin kedepan RIM akan mengeluarkan BB menggunakan OS Android? who Know? emoticon-Malu (S)
0
6.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.