Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hasankakonAvatar border
TS
hasankakon
Buah Kola yang Kaya Manfaat
Kola yang biasa dikenal adalah minuman ringan manis berkarbonasi yang biasanya menggunakan pewarna karamel dan mengandung kafein. Rasa minuman kola masa kini adalah campuran dari lemon, kayu manis, dan vanila; namun kandungan utama kola berasal dari biji tumbuhan yang disebut kola (dari nama pohon inilah nama minuman ini berasal).

Tanaman Kola

Tanaman yang satu ini berasal dari Afrika Barat dan banyak terdapat di Kamerun. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah tropis. Tinggi pohon Kola bisa mencapai 4-5 meter. Bahkan ada yang tingginya sampai 10 meter. Wow, tinggi banget! emoticon-thumbsup

Oiya tanaman ini masih satu keluarga dengan kakao atau tanaman cokelat. Pohon kola yang berukuran besar ini, memiliki daun lebar yang selalu hijau. Tanaman Kola ini banyak jenisnya. Ada, Cola acuminata, Cola anomala, Cola nitida dan Cola verticillata. Namun yang biasanya dibudidayakan adalah Cola acuminata dan Cola nitida.


Masing-masing jenis kola ini, memiliki waktu tumbuh yang berbeda. Cola acuminata, membutuhkan waktu 60 hari. Cola nitida memerlukan waktu sedikitnya 80 hari.

Biji Kola yang ajaib

Bagaimana cara membuat minuman bersoda dari biji cola? Mm, pertama-tama, biji-biji buah kola yang sudah matang, dikeringkan dulu. Setelah itu, biji buah Kola diolah untuk dijadikan bahan baku pembuatan minuman.


Enggak hanya itu, ternyata biji Kola juga dipakai sebagai campuran untuk pembuatan obat. Biji buah Kola dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti batuk, diare, dsb. Wah hebat sekali ya biji Kola ini!

Sayangnya tanaman ini semakin jarang ditemukan. Penyebaran dan budidaya tanaman ini memang terbatas. Malah bisa dibilang tanaman buah langka. Semoga usatu hari nanti, tanaman Kola bisa dibudidayakan lebih banyak lagi.

Apakah Agan Penikmat Kola?

Saat ini, kola masih merupakan jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Setiap tahun, milyaran kaleng kola terjual dan otomatis menjadi sudah menjadi industri tersendiri. Iklan minuman-minuman ini tak henti menyapa kita ke segenap pelosok di manapun berada.

Namun akhir-akhir ini berhembus bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh jenis minuman ini. Awalnya, dari sebuah penelitian tentang bahaya minuman kola yang dilakukan oleh International Journal of Clinical Practice, sebuah studi baru yang dilakukan Jurusan Kedokteran di Universitas Ioannina, Yunani dan diketuai oleh Dr. Moses Elisaf pada awal Juni 2009. Menurut penelitian ini, orang yang setiap hari meminum kola sebanyak 2 sampai 4 liter, sangat dekat dengan kerusakan hati dan pelemahan otot sehingga susah berdiri tegak dalam usia 40 tahun. Bahkan orang yang rutin mengonsumsi kola sebanyak 4 liter sehari akan dipastikan mengalami hipertensi, penyakit kronis lainnya dan terserang gejala penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa minuman kola tidak hanya akan merusak gigi tapi juga bisa menimbulkan diabetes, penyakit kardiovaskular, demineralisasi tulang dan hypkalemia (masalah otot). Ini karena minuman kola mengandung banyak sekali glukosa, fructose, dan kafein.

Tapi dari penelitian selanjutnya universitas ini, walaupun minuman kola sangat berbahaya, survey tetap membuktikan kalau kola masih lah tetap favorit. Satu harinya, rata-rata setiap restoran di dunia ini bisa menjual sekitar 355 ml dalam kemasan yang berbeda. Yang paling umum, adalah setiap orang diperkirakan meminum kola 2 liter per hari.

Kesimpulan

Kola dengan berbagai macam manfaatnya jika diolah untuk pengobatan akan sangat bermanfaat bagi manusia. Namun jika terlalu sering minum minuman Kola yang banyak beredar di pasar, malah akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita. Oleh karena itu bijaklah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang sekiranya memang baik bagi kesehatan kita..

siramin cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau kasih rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-2 Jempol

mampir2 lah ke toko online ane www.planetmodis.com
Diubah oleh hasankakon 29-10-2013 14:54
0
8.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.