Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yoewin100pwtAvatar border
TS
yoewin100pwt
Cara Mudah Mengatasi Hp Terkena air
Assalamu'alaikum Agan Kaskuser mimin momod ijin berbagi. Ini ane tulis sendiri, no repost ataupun copas. Langsung saja.

Handphone (HP) bukan lagi barang mewah kan Gan? Duit 50rb aja udah dapat. Makanya anak SD pun banyak yang sudah memilikinya. Tapi, bila suatu saat mengalami masalah yang biasanya disebabkan oleh kelalaian kita pada saat menaruh hp sehingga bisa terkena air bahkan tercebur di dalam air. Pastinya akan langsung panik apa yang harus Agan lakukan. Ane punya beberapa tips berdasarkan pengalaman ane waktu hp ane kecebur di ember. Kalau cerita keceburnya gak usah diceritain ya?hehe. Kalau keceburnya gak lama, mungkin Hp Agan masih bisa diselamatkan. Ane dapat tips ini waktu dulu PKL di bengkel. Alhamdulilah hp ane gak mengalami kerusakan sedikit pun. Tips ini berlaku bila terkena air tawar, kalau air laut beda lagi penanganannya karena sifatnya yang korosif. Langsung disimak baik-baik (maaf kalau gak ada gambarnya).

1. Jangan Panik
Bila Agan panik malah ntar bisa nambah masalah lain lagi. Kemudian ambil hp nya jangan dinyalakan. Apabila dinyalakan, hp Agan dijamin rusak.

2. Cabut Battery
Amankan Hp (jangan dinyalakan) kemudian cabut battery-nya. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting (short) yang dapat memperparah kerusakan.

3. Keringkan Hp
-Kalau Agan punya obeng atau sejenisnya untuk membukanya, buka lah Hp dengan hati- hati. Keringkan dengan menggunakan handuk atau kain halus. Gunakan alkohol (90% agar cepat kering) untuk membersihkan jalur PCB agar air cepat mengering. Kemudian keringkan dengan blower atau dengan dijemur cahaya matahari langsung 2 jam. Kalau sudah kering pasang kembali.

- Kalau agan tidak punya obeng atau sejenisnya bisa dengan mengelapnya dengan handuk atau kain halus. Kemudian Hp digoyang goyangkan agar air di dalam bisa keluar. Terus masukin ke tumpukan beras Gan (karena beras memiliki daya serap air yang bagus) kira-kira 6 jam kemudian dijemur matahari langsung 2 jam. Kemudian Hp agan bisa dinyalakan.

Insya Allah bisa nyala kembali. Bila semua tips di atas sudah dilakukan tetapi Hp Agan masih tetap mati atau mengalami masalah yang lain, langsung siapin duit bawa ketukang servis.
Sekian tips dari Ane semoga bermanfaat.

Salam malem minggu.
0
22.2K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.