Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ponkkyyAvatar border
TS
ponkkyy
Berlian Bernilai Tinggi Berhamburan di Lokasi Ini
sebelumnya maaf yah gan ini thread baru ane....maaf kalau berantakan....emoticon-Sorry emoticon-Sorry

maaf kalau repost.... emoticon-Hammer2

gak nolak ijo-ijonyanya gan....

boleh di bantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star....hehehehe....


langsung aja ini....


Seorang remaja, Tana Clymer, menemukan sebuah berlian kuning 3,85 karat di Kawah Berlian Taman Negara di Murfreesboro, Arkansas, Amerika Serikat, Sabtu (19/10). Untuk menemukannya tidak dibutuhkan banyak keahlian lantaran remaja ini hanya mencari di permukaan di wilayah yang memang terkenal akan temuan berliannya itu.

Sejak taman tersebut dibuka tahun 1972, sudah ditemukan lebih dari 30.000 berlian. Dua temuan terbesarnya tahun ini ditemukan oleh anak-anak. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai taman ini, kami berbincang dengan juru tafsir di Kawah Berlian, Waymon Cox.

Apakah berlian yang ditemukan jadi milik remaja itu?
Ya, begitulah cara kerjanya di sini. Yang menemukan jadi pemiliknya. Anda hanya harus membayar tiket masuk, US$7 untuk dewasa (sekitar Rp75 ribuan) dan US$4 (sekitar Rp43 ribu-an) untuk anak usia 6 - 12 tahun.

Orang mengasosiasikan berlian dengan Afrika, bukan Arkansas. Bagaimana berlian itu bisa sampai kemari?

Ada letusan gunung api sekitar 100 tahun lalu yang menghasilkan kawah seluas 85 acre. Erupsi tersebut membawa batu dan mineral dari mantel Bumi ke permukan. Dan, seiring waktu, erosi membuang tanah yang lebih ringan dan meninggalkan materi yang lebih besar, termasuk berlian.

Pakar geologi memperkirakan berlian ada karena tanahnya agak kehijauan, yang artinya mirip dengan tanah vulkanik yang hampir sama dengan ladang berlian di Afrika Selatan. Sayangnya ketika mereka mengambil sampel pada 1889 tidak menemukan adanya berlian.

Jadi siapa penemu berlian pertama?
Berlian perdana ditemukan oleh petani lokal, John Wesley Huddleston, tak lama setelah ia membeli tanah itu pada 1906. Tak ada yang tahu cerita pastinya dan hanya jadi cerita legenda. Tapi satu versinya menyebut begini: ia tengah merangkak ketika melihat kelereng yang bersinar. Ia membawanya ke sungai terdekat dan mencucinya di panci penambang emas.

Ternyata itu adalah mika, bukan emas. Tapi di bagian bawah panci ia melihat batu mulus bulat dan membuatnya nanar. Lalu, dibawanya batu itu ke bank di Murfreesboro. Dalam perjalanan, ia kembali menemukan berlian.

Petugas bank menawarinya uang 50 sen untuk batu-batu bernilai tersebut, tapi ditolaknya. Presiden dan bank tersebut kemudian mengirim berlian itu ke Little Rock lalu ke toko perhiasan Tiffany's. Di situlah seorang ahli berlian menyatakan batu-batu tersebut merupakan berlian berkualitas.

Huddleston tidak tertarik menambang berlian sendirian. Maka itu ia menjualnya pada sebuah grup investor.

Apakah saat itu banyak ditemukan berlian?
Iya, rasanya seperti jadi jutawan. Huddleston mengira hal ini bisa membiayai dirinya dan keluarga. Tapi nyatanya ia kehilangan banyak untung dan rugi karena melakukan beberapa investasi buruk.

Memang ada usaha penambangan lain, namun tidak sukses. Lalu pada 1950, ada atraksi turis yang ditawarkan dua perusahaan untuk membayar apa yang mereka gali. Mereka kemudian menjual tanah ini, yang kemudian dijual lagi pada negara. Hingga akhirnya taman ini dibuka pada tahin 1972.

Apa berlian dari sini luar biasa?
Berlian terbesar di AS, bernama Uncle Sam, ditemukan di sini tahun 1924. Besarnya 40,23 karat dan pada 1950-an, seorang wanita menemukan berlian 15,33 karat.

Apa taman ini akan kehabisan berlian?
Tidak dalam waktu dekat. Tanah ini pernah diuji coba sebuah perusahaan tambang pada 1990an, mereka menggali 182 meter dan mereka kehabisan mata bor. Uji coba itu menentukan bahwa kami memiliki ladang berlian terbesar kedelapan di dunia dalam hal area permukaan.



ini sumbernya gan....
http://nationalgeographic.co.id/beri...-di-lokasi-ini
0
1.5K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.