Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oomradenAvatar border
TS
oomraden
Agama yang mengajarkan kekerasan? Agama sesat?
Seperti bela diri, ada teknik menangkis, menghindar, serangan balasan, dll termasuk serangan langsung. Sesuai namanya, bela diri itu sebenarnya untuk membela diri sendiri, tetapi juga bisa digunakan untuk menyerang orang. Apakah kemudian bela diri itu buruk? Ada praktisi yang menggunakan ilmunya hanya untuk melindungi yang tak berdaya, tapi ada juga yang untuk menindas. Apakah dengan adanya penindas itu berarti kita bisa menyalahkan ajaran bela diri?

Perdebatan tentang agama mana yang paling benar tidak pernah benar benar berakhir dari dulu sekali sampai sekarang. Mereka yang berdebat selalu membandingkan ajaran ajaran di dalam agamanya masing masing. Siapakah kita memiliki kemampuan untuk menilai suatu agama? Kita hanya manusia. Apakah kita punya kapasitas untuk mendikte ajaran YME? Mengatakan bahwa ajaran ini sebenarnya salah, itu benar, dan seterusnya? Apakah kebijaksanaan kita melebihi YME sehingga kita bisa seenaknya menilai?

Apakah berdebat itu perlu? Yang namanya perdebatan itu selalu ada pihak yang menang dan kalah. Bukankah hasilnya hanya akan condong menjadi destruktif terhadap pihak yang kalah? Mungkinkah akan kemudian berakhir baik? Kemudian, apakah kemenangan itu bentuk egoisme satu pihak atau untuk kebaikan? (Jangan bilang tidak ada bedanya, apalagi hubungannya.) Terakhir, bagaimana jika sebenarnya kedua pihak itu salah? Siapa tau..

Mengapa tidak berdiskusi saja? Daripada mencari cari perbedaan lebih baik membangun persamaan untuk kebaikan bersama. Bukankah dengan begitu kemungkinan egoisme satu pihak bisa lebih dihindari? Hasil akhirnya juga tentu lebih bermanfaat daripada debat, betul?
Diubah oleh oomraden 28-10-2013 15:48
0
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.