Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Dibalik Pudarnya Boyband Dan Girlband Indonesia
Sejak tahun 2010 scene musik tanah air diserbu oleh hadirnya sekumpulan pria dan wanita yang menari enerjik sambil menyanyi di atas panggung. Dengan gaya yang berciri, meski terkadang berkiblat pada Korean Style dan segala turunannya, musik-musik dari mereka yang ear catchy mampu diterima masyarakat dan meledak.

Namun seiring berjalannya waktu, girlband dan boyband ini mulai tenggelam. Para penggemar pun mulai meninggalkan mereka. Menanggapi fenomena tersebut, pengamat musik Budi Ace pun berkomentar.

Menurutnya, ada tiga faktor yang membuat konsumen atau penikmat musik meninggalkan mereka. Faktor pertama menurut Budi, boyband-girlband ini hanyalah sebuah boneka yang hadir tanpa visi dan misi.

"Mereka hanyalah boneka semata. Apa yang mereka lakukan hanyalah semacam menyanyikan saja tidak ada visi dan misi yang jelas tentang karya yang mereka bawakan. Di sini kepentingan bisnis industri lah yang dikedepankan," katanya saat dihubungi KapanLagi.com®, Minggu (20/10).

Faktor kedua, tidak adanya penjiwaan terhadap karya yang dimiliki. "Tidak ada penjiwaan terhadap karya. Di mana mereka kurang menyadari betul pentingnya penjiwaan atas sebuah karya. Contohnya tidak ada yang bisa meniru bagaimana Duta menyanyikan lagu-lagu Sheila On 7, karena Duta kental dengan logat Jawanya. Atau Ariel yang sangat kentara nuansa Bandung, atau Slank yang kental dengan gaya Jakarta-nya," ujar Budi yang juga seorang jurnalis musik itu.

Budi Ace juga mengaku telah membaca sebuah studi bahwa pemerintah Korea, dengan sungguh-sungguh memperhatikan potensi boyband-girlband ini untuk ke depannya. Sehingga keunikan mereka dikenal tak hanya di kandang sendiri, tapi juga di dunia musik internasional. Hal itu yang menurut Budi tidak diterapkan di Indonesia.

"Pemerintah memperhatikan pentingnya pemahaman akan budaya, teknologi, pokoknya segala yang menyangkut potensi dari Kor-Sel. Selain itu pemerintah di sana juga melakukan inkulturasi budaya untuk nantinya mereka (boyband-girlband) bawa ke luar. Itulah sebabnya mereka memiliki kekhasan dan keunikan sendiri yang tidak ditemukan di dunia lain. Dan itu juga yang menjadi salah satu nilai jual yang menguntungkan bagi mereka," ungkap Budi Ace.

Budi lalu memberi contoh tentang wujud dari sikap pemerintah Korea tersebut. "Kita bisa lihat beberapa waktu lalu saat bagaimana Gangnam Style sempat merajai dunia dan itu bukti dari kesungguhan dan kerja keras banyak pihak di Korea sana. Lihat bagaimana dia menyanyi. Itu kan sangat Korea banget melody lagunya," jelasnya.

Lalu, bagaimana dengan faktor terakhir? "Pernah saya menyaksikan sebuah acara audisi boyband di mana masukan dari para juri kepada para peserta hanya dalam batasan gerak ataupun olah vokal. Buat saya, dunia musik lebih dari itu, butuh penjiwaan, butuh identitas untuk dapat bertahan. Dan untuk dapat dicintai, mereka harus dapat menghasilkan suatu karya. Menulis lagu bagi saya adalah hal yang mutlak. dan itu tidak saya temukan pada era gegap gempita boyband yang sekarang hampir mati ini," paparnya.

Budi lalu menambahkan, "Kalau saya amati, data di lapangan menunjukkan 40% pecinta SMASH itu adalah pecinta Morgan, 60%-nya dibagi sama personel lainnya. Jadi bisa dibayangkan bagaimana nasib sebuah grup boyband itu ke depannya."

Namun faktor yang paling memprihatinkan dari itu semua adalah minusnya identitas bangsa ini dikemas oleh para boyband maupun girlband di tanah air.

"Mari tengok karya boyband-girlband kita, mereka Korean look sekali. Mulai dari penampilan dan melody vokal dan pola ritme lagu, semuanya mengadaptasi habis pesona Korea. Kita kehilangan identitas kebudayaan Indonesia, yang sesungguhnya merupakan jiwa atau roh yang diekspresikan melalui lagu," pungkas Budi.


Sumber: kapanlagi,com

ambruk satu >> ambruk semuanya..
Akhirnya momentum itu tiba juga..
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
28K
192
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.4KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.