Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rockbenkAvatar border
TS
rockbenk
[BERITA MENGERIKAN] Jika AS gagal bayar, negara Asia paling menderita
http://nasional.kontan.co.id/news/ji...ling-menderita

JAKARTA. Jika pembicaraan mengenai penaikan pagu utang pemerintah AS tak tercapai hingga batas akhir Kamis (17/10/2013) pekan ini, negara-negara yang selama ini memegang surat utang pemerintah AS terancam akan rugi.

Hal ini karena negara-negara pemegang obligasi pemerintah AS tak mendapatkan pembayaran dari AS, alias surat utang yang dipegang menjadi default (gagal bayar).

Atas kemungkinan terjadinya kondisi itu, para petinggi institusi keuangan global telah memperingatkan Pemerintah AS, jika terjadi gagal bayar, hal itu akan menjadi musibah katastropik di pasar keuangan dan membuat instabilitas global.

Sejauh ini, batas atas utang pemerintah AS adalah 16,7 triliun dollar AS, dan pagu tersebut ingin dinaikkan sekitar 1 triliun dollar AS.

Negara-negara di Asia merupakan pemegang obligasi pemerintah AS dalam jumlah besar. Posisi teratas dan pemberi utang paling besar bagi AS, ditempati oleh China, dengan nilai obligasi yang dipegang mencapai 1,27 triliun AS.

Posisi kedua ditempati oleh Jepang, di mana negara ini memberikan utang kepada pemerintah AS sebesar 1,13 triliun dollar AS.

Di luar dua negara tersebut, ada beberapa negara di Asia yang terancam tak memperoleh pembayaran dari pemerintah AS, jika hingga Kamis besok belum ada kesepakatan mengenai anggaran antara DPR dan Senat AS.

Berikut adalah daftar negara-negara di kawasan Asia yang memegang obligasi pemerintah AS dalam jumlah cukup besar. Data didasarkan pada jumlah obligasi yang dipegang per Juli 2013

China : 1,27 triliun dollar AS
Jepang : 135 triliun dollar AS
Taiwan : 185,8 miliar dollar AS
Singapura : 81,5 miliar dollar AS
India : 59,1 miliar dollar AS
Korea : 51,4 miliar dollar AS
Thailand : 43,7 miliar dollar AS
Malaysia : 15,9 miliar dollar AS

(Tribunnews.com)


==========


Debt ceiling dan shutdown cuman sandiwara pemerintah US agar rakyat US memaklumi kalau utang segunung 16.7T USD ditambah lagi.
Mereka bersandiwara guna menakut2i pasar betapa gawatnya kalau debt ceiling nggak dinaikkan + dibumbui sinetron shutdown.
Padahal yang harus mereka lakukan, masalah sebenarnya tentunya adalah MEMBAYAR utang tersebut.
Tapi untuk membayar utang, pemerintah mesti menaikkan pajak dan mengurangi belanja negara. Sedangkan kebijakan tersebut sangat sangat tidak populis. Jelek bagi karier politik mereka. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Sooo, Obama melemparkan bola panasnya kepada pemerintahan selanjutnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


Jadi buat haters US, jangan kecewa ya, US ga bakalan bangkrut sekarang kok, rakyat US dan dunia masih bisa dikibulin kok emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Tapi ane percaya kejayaan USD nggak akan bertahan selamanya.
Soo mending prepare for the worst, karena mengejek/mencaci US nggak akan menyelamatkan kalian dari efek domino bencana finansial.
Indonesia yg nyimpen devisanya dlam bentuk USD pasti ikut keseret, perdagangan ekspor/impor bakalan kacau balau emoticon-Takut (S):emoticon-Takut (S):emoticon-Takut (S):

Soo mumpung masih ada waktu, saran ane :
- perlahan2 convert uang tabungan, apapun jenis mata uangnya ke HARD ASSET macem tanah, properti, sawah, kebun, peternakan, emas, perak, atau usaha real
- jauhi utang konsumtif
- gaya hidup sederhana aja, yang penting bahagia

emoticon-Angkat Beer


emoticon-Takut (S): emoticon-Ngacir
0
5K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.