Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ozombieAvatar border
TS
ozombie
[65 Juta e-KTP Bodong] Japto Pemuda Pancasila: Gamawan Fauzi Alihkan Permasalahan
Japto: Menteri Gamawan Fauzi Alihkan Permasalahan
Rian Sartono Perdana
26 Oct 2013 20:29:11


Jakarta, Aktual.co — Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno heran atas pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, yang menginstruksikan agar kepala daerah bekerja sama dengan organisasi masyarakat seperti Front Pembela Islam (FPI).

Instruksi tersebut dianggap aneh, karena baru dikeluarkan baru-baru ini.

"Kalau Mendagri mengingatkan untuk ormas kerjasama dengan pemerintah, apa selama ini enggak bekerjasama?," tegas Japto, di Twin Hotel, Slipi, Jakarta Barat.

Bahkan menurut dia, pernyataan Mendagri hanya sebagai pengalihan isu yang kini tengah melanda Kemendagri. "Ini untuk alihkan permasalahan," kata dia lagi.

Menurutnya, selama ini ormasnya kerap melakukan agenda bersama, salah satunya dengan Lembaga TNI/Polri dalam pelatihan bela negara.

"Baru sekarang ada instruksi itu, apa bawahannya (pegawai Kemendagri) enggak lapor?" imbuhnya.

Ia menegaskan bahwa ormas juga mendapatkan kucuran dana dari pemerintah sebagai dukungan agar ormas dapat memiliki kegiatan.

"Nah sekarang bagaimana kalau Menteri enggak tahu kegiatan kita? Berarti kan dana-dana pemerintah itu juga tidak tahu digunakan untuk apa. Apa dialirkan menjadi air, atau apa?," sindir Japto.

Sekedar informasi, sebelumnya Mendagri memberi himbauan agar kepala daerah bekerja sama dengan organisasi masyarakat seperti Front Pembela Islam (FPI).

http://m.aktual.co/politik/194136jap...n-permasalahan


Sistem Aplikasi E-KTP Tidak Beres, Banyak Indikasi Kecurangan
Selasa, 1 Oktober 2013 | 7:02


[JAKARTA] Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi harus bekerja keras membenahi sistem aplikasi e-KTP yang tidak beres.

Bahkan muncul indikasi, sistem itu sengaja dibuat untuk menciptakan kecurangan pada databased.

“Kisruhnya pelaksanaan E-KTP menunjukkan kuatnya indikasi kecurangan dalam proyek E-KTP. Ditemukannya 65 juta E-KTP bodong oleh KPU dan kasus E-KTP ganda yang dimiliki seorang penduduk menandakan sistem aplikasi perekaman E-KTP tidak beres,” kata Ketua Forum Akademisi IT (FAIT), Hotland Sitorus dalam rilis yang diterima SP di Jakarta, Selasa (1/10).

Menurut Hotland, bila dalam pembuatan E-KTP saja seseorang dapat memiliki lebih dari satu E-KTP, itu artinya sistem aplikasi pembuatan E-KTP tidak beres, dan tidak dapat diharapkan.

“Kuat dugaan, database kependudukan dan aplikasi pembuatan E-KTP yang canggih sebagaimana dijanjikan Kemendagri hanya isapan jempol belaka,” kata dosen IT di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Ia mengaku tidak bisa memahami, apabila suatu sistem pembuatan E-KTP yang canggih menghasilkan output yang buruk dan tidak masuk akal. Bagaimana mungkin, seseorang bisa memiliki E-KTP ganda.

“Bukankah perekaman E-KTP telah menerapkan sistem biometric, dimana sidik jari dan iris mata adalah identitas unik. Jadi, apabila data yang sama direkam berulang-ulang, seharusnya sistem akan memberitahukannya, sehingga E-KTP ganda dapat mengantisipasi,” tandas Hotland Sitorus.

Dijelaskan, kasus kebobrokan pembuatan E-KTP terjadi di berbagai daerah. FAIT juga menemukan berbagai permasalahan E-KTP.

Terdapat 1.500 E-KTP bermasalah di Medan dengan permasalahan yang sangat mendasar. “Bagaimana mungkin E-KTP diterbitkan dengan sidik jari yang tak jelas,” kata Sekjen FAIT, Janner Simarmata.

Menurut Janner, pihaknya heran dan tidak bisa memahami ada E-KTP dicetak tanpa data sidik jari. Karena apabila salah satu bagian data tidak terisi, seharusnya sistem memberikan peringatan kesalahan tersebut.

“Jelas ini menandakan bahwa database E-KTP tidak terintegrasi dan sistem yang digunakan dalam pembuatan E-KTP gagal total,” lanjut Janner Simarmata.

Untuk mengungkap penyebab kisruhnya pembuatan E-KTP, FAIT berinisiatif turut berpartisipasi untuk membenahi kisruh E-KTP.

FAIT akan melayangkan surat resmi kepada Mendagri agar mengizinkan FAIT memvalidasi database dan sistem pendukung E-KTP yang digunakan, tegas Janner Simarmata.

“Kami akan mengirimkan surat resmi kepada Mendagri selambat-lambatnya hari Jumat, 4 Oktober 2013. FAIT akan membantu Kemendagri untuk mengatasi kisruhnya pembuatan E-KTP ini,” kata Janner.

http://www.suarapembaruan.com/home/s...curangan/42697

Attack dog-nya golkar bela FPI tapi serang Mendagri. emoticon-Big Grin
[Solidaritas Sesama Preman] Ketua Pemuda Pancasila: Tak Ada yg Boleh Mengecam FPI
Diubah oleh ozombie 27-10-2013 12:31
0
3.7K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.