- Beranda
- Website, Webmaster, Webdeveloper
[Curhat] Layanan Buruk Hosting Indosat (IM2 Hosting), Agan Pernah Mengalaminya?
...
TS
bgspp
[Curhat] Layanan Buruk Hosting Indosat (IM2 Hosting), Agan Pernah Mengalaminya?
Sebelumnya mohon maaf jika ada pihak-pihak yang tersinggung dengan postingan ane. Ane tidak bermaksud untuk mencemarkan nama baik maupun hal-hal negatif lainnya. Di sini ane cuma mau curhat, sesuai dengan kenyataan yang ada, no hoax. Maaf juga jika
Ceritanya begini.....
Ya sudahlah, mungkin mereka memang perlu belajar untuk menjadi perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
Sekian curhat dari ane, ane harap agan-agan lebih berhati-hati dalam memilih webhosting. Jangan cuma cari harga murah jika akhirnya kualitasnya murahan.
Ceritanya begini.....
Spoiler for Ceritanya begini...:
Quote:
Saya sebagai pelanggan hosting Indosat, sejak tanggal 21 Oktober 2013 kemarin, servernya terkena serangan. Akibatnya semua domain saya yang ada di hosting tersebut hanya menampilkan pesan "Hacked By Mr-GanDrunX". Wah, website kena hack. Kok bisa-bisanya yang ngehack masuk ke server? Entahlah, mungkin karena keamanan server yang kurang canggih atau si hacker yang lebih canggih. Biasanya kasus deface seperti itu cuma hal sepele, mereka cuma replace file index saja. Setelah ane cek masuk ke cpanel, ternyata memang benar kalau file index direplace oleh si hacker. Namun untuk kejadian kemarin, file index yang direplace bukan cuma satu, tapi semua yang ada di tiap folder.
Ane nginstall Joomla! di sana. Kebayang kan berapa banyaknya file index? Ribuan file jumlahnya. Nggak mungkin banget kalau ane upload satu per satu. File backup yang ada di komputer ane kebetulan udah cukup lama, udah nggak sesuai lagi dengan yang ada di hosting. Akhirnya ane minta bantuan pihak hosting untuk menyelesaikan masalah. Mereka ane suruh untuk merestore semua file ane sebelum tanggal 21 Oktober 2013. Ane berencana untuk kirim ticket support ke mereka.
Tapi ternyata.... Pada tanggal tersebut, website hosting Indosat maintenance. Ane menduga mereka takut kena komplain dari klien. Sekarang webnya udah on lagi, namun untuk login juga susah. Password harus direset dulu. Mungkin mereka sengaja biar klien tidak dapat atau kesulitan login.
Setelah ane kirim tiket pun, jawaban mereka kurang memuaskan. Jawaban lambat dan tidak to the point, sehingga masalah tidak segera teratasi.
Berikut bukti-bukti ticket supportnya:
Ajaibnya, kurang dari 15 menit sudah ada jawaban, namun jawabannya kurang memuaskan.
Siangnya ane balas lagi dengan jawaban seperti ini:
Akhirnya malam hari mereka membalas lagi:
Ane udah mulai muak, disuruh restore website aja kelamaan, ane curiga mereka benar-benar tidak punya backup. Trus besoknya ane jawab lagi:
Udah ane jawab gitu sampai ane tunggu keesokan harinya belum dijawab juga, bener-bener ini hosting busuk. Ane komplain sekali lagi:
Setelah ane komplain gitu, jawaban mereka:
Ane nginstall Joomla! di sana. Kebayang kan berapa banyaknya file index? Ribuan file jumlahnya. Nggak mungkin banget kalau ane upload satu per satu. File backup yang ada di komputer ane kebetulan udah cukup lama, udah nggak sesuai lagi dengan yang ada di hosting. Akhirnya ane minta bantuan pihak hosting untuk menyelesaikan masalah. Mereka ane suruh untuk merestore semua file ane sebelum tanggal 21 Oktober 2013. Ane berencana untuk kirim ticket support ke mereka.
Tapi ternyata.... Pada tanggal tersebut, website hosting Indosat maintenance. Ane menduga mereka takut kena komplain dari klien. Sekarang webnya udah on lagi, namun untuk login juga susah. Password harus direset dulu. Mungkin mereka sengaja biar klien tidak dapat atau kesulitan login.
Setelah ane kirim tiket pun, jawaban mereka kurang memuaskan. Jawaban lambat dan tidak to the point, sehingga masalah tidak segera teratasi.
Berikut bukti-bukti ticket supportnya:
Spoiler for Tiket 1:
Klien 23/10/2013 07:54
Selamat pagi,
Semua website saya yang hostingnya di Indosat terkena serangan pada tanggal 21 Oktober 2013, sehingga hanya menampilkan kata "Hacked By Mr-GanDrunX". Semua file index.html maupun index.php direplace oleh mereka. Dapatkah Indosat melakukan replace semua file saya dengan backup sebelum tanggal tersebut? Terima kasih.
----------------------------
IP Address: xxx.xxx.xxx.xxx
Selamat pagi,
Semua website saya yang hostingnya di Indosat terkena serangan pada tanggal 21 Oktober 2013, sehingga hanya menampilkan kata "Hacked By Mr-GanDrunX". Semua file index.html maupun index.php direplace oleh mereka. Dapatkah Indosat melakukan replace semua file saya dengan backup sebelum tanggal tersebut? Terima kasih.
----------------------------
IP Address: xxx.xxx.xxx.xxx
Spoiler for SS:
Ajaibnya, kurang dari 15 menit sudah ada jawaban, namun jawabannya kurang memuaskan.
Spoiler for Tiket 2:
Richa N.J
Staff 23/10/2013 08:06
Selamat pagi Bapak *****,
Sehubungan dengan informasi yang Bapak sampaikan, kami informasikan bahwa memang ada beberapa domain yang di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
dan kami telah melakukan koordinasi mengenai hal tersebut ke bagian technical.
Saat ini kami telah melakukan peningkatan keamanan di server hosting tersebut, selanjutnya mohon agar Bapak melakukan upload file index.php nya saja serta melakukan update CMS yang digunakan ke versi yang paling baru, dan juga mengganti password cpanel dan admin webnya segera dan secara berkala.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu.
Salam,
Customer Care IM2 Hosting
Staff 23/10/2013 08:06
Selamat pagi Bapak *****,
Sehubungan dengan informasi yang Bapak sampaikan, kami informasikan bahwa memang ada beberapa domain yang di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
dan kami telah melakukan koordinasi mengenai hal tersebut ke bagian technical.
Saat ini kami telah melakukan peningkatan keamanan di server hosting tersebut, selanjutnya mohon agar Bapak melakukan upload file index.php nya saja serta melakukan update CMS yang digunakan ke versi yang paling baru, dan juga mengganti password cpanel dan admin webnya segera dan secara berkala.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu.
Salam,
Customer Care IM2 Hosting
Spoiler for SS:
Siangnya ane balas lagi dengan jawaban seperti ini:
Spoiler for Tiket 3:
Klien 23/10/2013 14:56
Saya di sana menginstall Joomla! 2.5.14, dan itu versi terbaru untuk Joomla! versi 2.5.x. File index.php maupun index.html jumlahnya ribuan, karena tersebar di semua folder, tidak mungkin saya bisa menguploadnya satu per satu.
Saya berharap agar pihak hosting dapat mengembalikan file-file saya ke backup terakhir yang ada, backup seminggu atau bahkan sebulan yang lalu tidak saya permasalahkan. Saya rasa hampir semua perusahaan hosting selalu melakukan backup secara berkala. Sebagai pelanggan, saya memang bertanggung jawab untuk melakukan backup, namun setidaknya dari pihak hosting juga harus selalu menyediakannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Backup yang ada di komputer saya saat ini memang sudah agak lama, sehingga sudah tidak sinkron lagi dengan yang ada di hosting.
Demikian permintaan saya. Kalau memang di situ tidak mempunyai backup, mungkin benar bahwa memang ada "perusahaan hosting di Indonesia" yang tidak menyediakan backup secara berkala.
Terima kasih.
Saya di sana menginstall Joomla! 2.5.14, dan itu versi terbaru untuk Joomla! versi 2.5.x. File index.php maupun index.html jumlahnya ribuan, karena tersebar di semua folder, tidak mungkin saya bisa menguploadnya satu per satu.
Saya berharap agar pihak hosting dapat mengembalikan file-file saya ke backup terakhir yang ada, backup seminggu atau bahkan sebulan yang lalu tidak saya permasalahkan. Saya rasa hampir semua perusahaan hosting selalu melakukan backup secara berkala. Sebagai pelanggan, saya memang bertanggung jawab untuk melakukan backup, namun setidaknya dari pihak hosting juga harus selalu menyediakannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Backup yang ada di komputer saya saat ini memang sudah agak lama, sehingga sudah tidak sinkron lagi dengan yang ada di hosting.
Demikian permintaan saya. Kalau memang di situ tidak mempunyai backup, mungkin benar bahwa memang ada "perusahaan hosting di Indonesia" yang tidak menyediakan backup secara berkala.
Terima kasih.
Spoiler for SS:
Akhirnya malam hari mereka membalas lagi:
Spoiler for Tiket 4:
A. Fahrizal
Staff 23/10/2013 23:25
Selamat malam Bapak *****,
Menindaklanjuti permintaan restore untuk *****.com, saat ini sedang dalam koordinasi. Mohon kesediaan Bapak untuk menuggu selama proses tersebut.
Update informasi akan kami sampaikan kembali.
Demikian kami sampaikan, terima kasih.
Customer Care IM2 Hosting
Staff 23/10/2013 23:25
Selamat malam Bapak *****,
Menindaklanjuti permintaan restore untuk *****.com, saat ini sedang dalam koordinasi. Mohon kesediaan Bapak untuk menuggu selama proses tersebut.
Update informasi akan kami sampaikan kembali.
Demikian kami sampaikan, terima kasih.
Customer Care IM2 Hosting
Spoiler for SS:
Ane udah mulai muak, disuruh restore website aja kelamaan, ane curiga mereka benar-benar tidak punya backup. Trus besoknya ane jawab lagi:
Spoiler for Tiket 5:
Klien 24/10/2013 09:13
Baik, saya tunggu secepatnya. Namun hendaknya pelanggan tidak disuruh untuk menunggu terlalu lama. Jangan sampai kekecewaan saya ini tersebar luas di forum-forum akibat ketidakpuasan pelanggan.
Terima kasih.
Baik, saya tunggu secepatnya. Namun hendaknya pelanggan tidak disuruh untuk menunggu terlalu lama. Jangan sampai kekecewaan saya ini tersebar luas di forum-forum akibat ketidakpuasan pelanggan.
Terima kasih.
Spoiler for SS:
Udah ane jawab gitu sampai ane tunggu keesokan harinya belum dijawab juga, bener-bener ini hosting busuk. Ane komplain sekali lagi:
Spoiler for Tiket 6:
Klien 25/10/2013 10:56
Bagaimana ini?? Saya sudah menunggu lebih dari 24 jam. Ini menunjukkan kalau hosting Indosat benar-benar TIDAK PROFESIONAL. Kalah jauh dibandingkan dengan hosting kecil yang responnya cukup cepat dalam melayani segala macam komplain. Beberapa saat yang lalu, di sebuah hosting lain langganan saya, mereka sangat cepat dalam merespon komplain. Hanya dalam waktu kurang dari 2 jam sejak saya komplian, masalah langsung teratasi. Untuk merestore website dengan backup seminggu/sebulan yang lalu juga cepat, tidak lebih dari 5 jam. Dan itu terjadi di sebuah hosting kecil-kecilan, namun kualitasnya bisa diandalkan.
Memang Indosat sebaiknya tidak ikut dalam usaha bisnis hosting, karena tidak mempunyai pengalaman yang cukup baik. Anda tahu dari mana saya bisa mengenal Anda/hosting Indosat? Saya menemukannya secara TIDAK SENGAJA alias KEBETULAN karena hosting Indosat ternyata (bisa-bisanya) menjadi mitra resmi dari Pandi untuk melakukan penjualan domain .id. Dari situ saya percaya bahwa Indosat mempunyai kualitas yang baik, menyediakan hosting dengan harga murah, walaupun ternyata MURAHAN. Kekesalan konsumen pasti akan terjadi pada saat-saat awal mau bertransaksi. Bagaimana tidak, Indosat hanya menyediakan pembayaran melalui rekening Bank P*rmata, sebuah bank yang kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mengapa tidak tersedia rekening bank lain yang sudah populer seperti B*A, B*I, M*andiri? Mau membayar saja susah, bagaimana jika ada refund? Tentu merupakan sebuah hal yang mustahil. Jangan beralasan bahwa bisa saja melalui ATM bersama, karena jika lewat situ tentu terkena biaya transfer, sebuah biaya yang sangat dihindari pelanggan.
Jangan berharap lagi ada pelanggan yang merasa puas. Silakan lakukan survey untuk membuktikan opini saya ini. Jika perlu, lebih baik tahun depan Indosat menutup jasa hostingnya. Lebih baik memperbaiki jasa layanan koneksi internet atau sambungan teleponnya saja. Jangan menambah citra buruk hosting Indonesia yang memang terkenal cukup buruk dan dengan harga yang mahal dibandingkan hosting luar negeri.
Demikian keluhan, kritik, dan saran saya. Terima kasih.
Bagaimana ini?? Saya sudah menunggu lebih dari 24 jam. Ini menunjukkan kalau hosting Indosat benar-benar TIDAK PROFESIONAL. Kalah jauh dibandingkan dengan hosting kecil yang responnya cukup cepat dalam melayani segala macam komplain. Beberapa saat yang lalu, di sebuah hosting lain langganan saya, mereka sangat cepat dalam merespon komplain. Hanya dalam waktu kurang dari 2 jam sejak saya komplian, masalah langsung teratasi. Untuk merestore website dengan backup seminggu/sebulan yang lalu juga cepat, tidak lebih dari 5 jam. Dan itu terjadi di sebuah hosting kecil-kecilan, namun kualitasnya bisa diandalkan.
Memang Indosat sebaiknya tidak ikut dalam usaha bisnis hosting, karena tidak mempunyai pengalaman yang cukup baik. Anda tahu dari mana saya bisa mengenal Anda/hosting Indosat? Saya menemukannya secara TIDAK SENGAJA alias KEBETULAN karena hosting Indosat ternyata (bisa-bisanya) menjadi mitra resmi dari Pandi untuk melakukan penjualan domain .id. Dari situ saya percaya bahwa Indosat mempunyai kualitas yang baik, menyediakan hosting dengan harga murah, walaupun ternyata MURAHAN. Kekesalan konsumen pasti akan terjadi pada saat-saat awal mau bertransaksi. Bagaimana tidak, Indosat hanya menyediakan pembayaran melalui rekening Bank P*rmata, sebuah bank yang kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mengapa tidak tersedia rekening bank lain yang sudah populer seperti B*A, B*I, M*andiri? Mau membayar saja susah, bagaimana jika ada refund? Tentu merupakan sebuah hal yang mustahil. Jangan beralasan bahwa bisa saja melalui ATM bersama, karena jika lewat situ tentu terkena biaya transfer, sebuah biaya yang sangat dihindari pelanggan.
Jangan berharap lagi ada pelanggan yang merasa puas. Silakan lakukan survey untuk membuktikan opini saya ini. Jika perlu, lebih baik tahun depan Indosat menutup jasa hostingnya. Lebih baik memperbaiki jasa layanan koneksi internet atau sambungan teleponnya saja. Jangan menambah citra buruk hosting Indonesia yang memang terkenal cukup buruk dan dengan harga yang mahal dibandingkan hosting luar negeri.
Demikian keluhan, kritik, dan saran saya. Terima kasih.
Spoiler for SS:
Setelah ane komplain gitu, jawaban mereka:
Spoiler for Jawaban:
TIDAK ADA JAWABAN SAMPAI THREAD INI DIBUAT.
Ya sudahlah, mungkin mereka memang perlu belajar untuk menjadi perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
Sekian curhat dari ane, ane harap agan-agan lebih berhati-hati dalam memilih webhosting. Jangan cuma cari harga murah jika akhirnya kualitasnya murahan.
0
2.3K
Kutip
7
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
23.3KThread•4.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru