Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OneBlackPearlAvatar border
TS
OneBlackPearl
Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi
Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi


Amlwch - Penuh bebatuan, pasir, dan gersang biasanya jadi ciri khas wilayah tambang. Namun, rupanya ada wilayah tambang di Wales, Inggris yang malah terlihat unik dan menarik, karena tanahnya berwarna merah, kuning, dan cokelat. Seperti bukan di Bumi saja!

Wilayah tambang tersebut bernama Gunung Parys yang ada di sebelah selatan sebelah selatan Kota Amlwch, North East Anglesey, Wales, Britania Raya. Kini wilayah tambangnya sudah tidak berfungsi dan malah jadi tempat wisata.

Dilansir dari Atlas Obscura, Rabu (25/9/2013) Gunung Parys disebut-sebut sebagai lanskap alien. Memang, tidak ada kehidupan di sekitar bekas tambangnya. Hanya terlihat banyak gundukan tanah yang berwarna-warni!

Inilah yang jadi daya tarik turis. Bayangkan saja, sebuah gundukan tanah yang sangat luas dan terlihat kontras dari hutan atau perkebunan hijau yang ada di sekitar Gunung Parys.

Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi


Lebih dari itu, tanahnya yang berwarna-warni, seperti warna merah, kuning, atau cokelat membuat wilayah bekas tambang inilah yang membuat Gunung Parys terlihat unik dan beda dari wilayah bekas tambang lainnya. Mungkin, hanya inilah satu-satunya wilayah bekas tambang yang berwarna-warni di dunia.

Usut punya usut, rupanya tanah yang berwarna-warni di sana melalu proses geologi sekitar 440 juta tahun lalu. Awalnya, bebatuan di Gunung Parys adalah hasil letusan gunung berapi di bawah laut yang lava dan lumpurnya terbawa angin dan menumpuk.

Kandungan tembaga dalam tanah Gunung Parys memang sangat tinggi. Hal itulah yang membuat gunung ini menjadi wilayah pertambangan sejak 3500 tahun lalu. Bahkan, Kerajaan Romawi mengambil tembaga dari gunung ini untuk menjadi bahan dasar pembuatan koin-koin mereka.

Di abad ke-18, Gunung Parys menjadi tambang tembaga terbesar di dunia. Lalu, pada awal abad ke-20, kegiatan pertambangan di sana sudah dihentikan oleh pemerintah.

Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi


Kini wilayah tambang di Gunung Parys menjadi destinasi wisata yang mencuri perhatian turis dunia. Turis bisa santai mendaki gunungnya yang hanya memiliki tinggi 147 mdpl sambil melayangkan pemandangan ke gundukan-gundukan tanah. Saat siang hari, warna-warni dari Gunung Parys terlihat makn jelas. Carilah angle terbaik untuk memotretnya, jepret!

Lebih dari itu, Gunung Parys ternyata pernah menjadi bagian lokasi syuting film 'Mortal Kombat: Annihilation' pada tahun 1997. Hal inilah yang jadi membuat turis makin penasaran untuk melihatnya dari dekat.

Kalau mau menjelajah Gunung Parys, Anda bisa ikut Parys Underground, sebuah komunitas yang senang menjelajah Gunung Parys. Tak hanya melihatnya dari luar, tapi mereka juga suka menelusuri lorong-lorong di bawah tanahnya yang dulu jadi tempat pertambangan. Anda bisa kut tur bersama mereka dengan biaya 10 Poundsterling atau sekitar Rp 183 ribu.

Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi


Untuk mengetahui info komunitas tersebut, Anda bisa melihat di situs resminya, yaitu amlwchhistory.co.ukSelamat menjelajahi Gunung Parys, wilayah bekas tambang yang pemandangannya seperti bukan di bumi!

Quote:


Spoiler for No Repost:


[URL="http://travel.detik..com/read/2013/09/25/165625/2369339/1520/bekas-tambang-di-wales-ini-seperti-bukan-di-bumi"]Sumber[/URL]

Spoiler for Lain - Lain:


Thanks Buat yang ngasih abu gosok, kebetulan cucian piring lagi full... emoticon-Kiss

Bekas Tambang Ini Seperti Bukan di Bumi
Diubah oleh OneBlackPearl 27-09-2013 04:08
0
10.5K
115
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.