Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!

therealkuclukAvatar border
TS
therealkucluk
Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!
Teknologi Wi-Fi saat ini memang semakin diminati oleh masyarakat. Pemasangannya yang mudah dan kecepatan internet yang stabil membuat teknologi Wi-Fi lebih banyak digunakan masyarakat ketimbang internet yang melalui telefon. Kemampuan Wi-Fi juga dapat tahan terhadap gangguan cuaca yang memang sering menjadi kendala di Indonesia. Ya, berkembangnya teknologi Wi-Fi membuat ilmuwan mengembangkan suatu bohlam lampu yang dimana lampu tersebut dapat memancarkan sinyal Wi-Fi!

Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!


Sebelumnya pada tahun 2008, para ilmuwan dari Universitas Amerika membuat ide gagasan yang sama. Tapi ide tersebut terbengkalai dan tidak sempat dilanjutkan kembali. Tahun 2008 lalu, tim ilmuwan di Boston University College of Engineering berhasil menciptakan teknologi nirkabel yang dapat mengirimkan koneksi data melalui perantara cahaya lampu LED dengan kecepatan 10 Mbps (megabyte per second).

Tapi seiring waktu berjalan akhirnya ide dan penemuan yang sempat terbengkalai tersebut dilanjutkan kembali oleh para sekelompok penemu di universitas Shanghai Cina. Saat ini sekelompok peneliti di Universitas Fudan, Shanghai tengah mengembangkan bola lampu LED yang dapat memancarkan sinyal Wi-Fi. Teknologi tersebut dikenal dengan nama Li-Fi. Agar dapat memancarkan sinyal, bohlam lampu LED ditanami sebuah microchip yang diklaim mampu mengirim koneksi data hingga 150 Mbps - jauh lebih cepat daripada koneksi Wi-Fi rata-rata di China.

Seperti yang dilansir dari liputan 6, Koneksi data yang terkirim dipancarkan melalui perantara cahaya. Nantinya cahaya dari sinar lampu yang dipancarkan dari LED akan menggantikan teknologi sinyal radio yang biasa digunakan untuk jalur Wi-Fi. Untuk merealisasikan temuannya, peneliti akan memamerkan 10 bola lampu LED pintar ini di ajang International Industry Fair di Shanghai, bulan depan. Jikalau penemuan ini berhasil, maka bukan tidak mungkin pemerintah akan membiayai penemuan ini dan menyebarkan teknologi Li-Fi keseluruh daratan Cina.

Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!

Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!

Begitu penemuan ini sukses dan rampung, tanda Free Wi-Fi Spot akan diganti dengan tanda Li-Fi diseluruh tempat-tempat dan mall di Cina



Para ahli berpendapat, microchip yang ada pada lampu LED dapat memancarkan sinyal nirkabel lebih baik ketimbang koneksi internet nirkabel pada umumnya. Lampu LED juga mengonsumsi energi yang jauh lebih sedikit daripada teknologi sebelumnya.

Wow, Lampu Bohlam Ini Bisa Pancarkan Sinyal Wi-Fi Hingga 150 Mbps!


Teknologi Li-Fi dianggap lebih aman dari teknologi jaringan yang ada saat ini. Hal itu disebabkan karena cahaya putih dari lampu tidak dapat menembus permukaan seperti dinding, sehingga dapat mengurangi risiko penyadapan atau pencurian data.

Source

Quote:
0
1.5K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.