perbawaAvatar border
TS
perbawa
Forum pemilik atau penggemar Mazda... mampir
Forum ini di buat tuk pemilik,pemuja atau yg berminat punya Mazda ....

Apapun Mazda anda....
Apapun Bentuk Mazda anda....
Apapun Tahun Mazda anda...
Apapun Aliran Modif anda....
Apapun Club anda
Dan siapapun anda... gabung disini gan....

forum ini ane buat hanya untuk silaturahin sesama pemilik Mazda
Ini forum yah gan... tempat bertukar fikiran... bukan Club atau ambisi saya guna mencapai cita2 he.. he... Slamat bergabung yah gan... Tapi dilarang keras menghina sesama Mazda.... Slamat bergabung....emoticon-I Love Indonesia
ni logo mazda dari masa ke masa....kl ada yg kurang tambahin y...

Spoiler for logo mazda:


nah ni mobil mobil retro yg pernah di produksi mazda
Mazda Retro 1000 thn 1967,987cc..
.






Mazda 1000 adalah salah satu versi dari Mazda Familia yang diproduksi pabrik di Hiroshima Jepang pada tahun 1967 dengan mesin 987 cc. Mazda 1000 diproduksi dengan 3 varian yaitu : 2 pintu sedan, 4 pintu, 4 pintu station wagon serta varian pick-up ( hanya di negara tertentu). Mazda 1000 nantinya akan menjadi dasar dari Mazda R100 Rotary. Mazda 1000 untuk ekspor keluar jepang diproduksi dengan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 1169 cc, seri “I4”, oleh sebab itu dinamakan sebagai Mazda 1200.

Mazda 1200 dipamerkan untuk pertama kalinya di eropa pada ajang Paris Motor Show tahun 1968. Pada tahun 1970, kapasitas mesin Mazda 1200 diperbesar menjadi 1,3 Liter dengan menggunakan mesin seri “TC I4”, dan diekspor dengan nama Mazda 1300.

Untuk versi eropa spesifikasi mesin yang digunakan adalah :

* 1968-1973 – 987 cc I4, 50 hp (37 kW)/56 ft·lbf (77 N·m)
* 1968-1970 – 1.2 L (1169 cc) I4,58 hp (43 kW)/69 ft·lbf (94 N·m)
* 1970-1973 – 1.3 L (1272 cc) TC I4, 2 Barrel, 69 hp (51 kW)/67 ft·lbf (92 N·m)

Di amerika serikat, Mazda 1200 baru dipasarkan pada tahun 1971 dan dilanjutkan pada tahun 1973. Mazda 1200 ini diekspor ke amerika serikat bersamaan dengan Mazda R100 Rotary. Spesifikasi mesinnya adalah : 1.2 L (1169 cc) I4,58 hp (43 kW)/69 ft·lbf (94 N·m)

Mazda 1000 juga dipasarkan di beberapa negara lain seperti : Malaysia, Taiwan, Afrika Selatan, Kolumbia dan Selandia Baru.

skrg ane coba review mazda MR yg katanya cm di produksi di indonesia n jd mobil dinas dr TNI kita

MAZDA MR90 /BABYBOOMERS


Mazda MR90, Mazda Baby Boomer dan Mazda Vantrend adalah produk-produk Mazda yang cukup terkenal di Indonesia. Harganya yang terjangkau pada jamannya, membuat mobil ini mempunyai jumlah populasi yang cukup banyak. Didukung oleh Brand Image Mazda sebagai mobil yang tangguh pada kejuaraan-kejuaraan Rally tingkat nasional, membuat nama Mazda melekat di banyak benak rakyat Indonesia. Tapi siapa yang tahu sejarahnya, bahwa Mazda MR90, Mazda Baby Boomer serta Mazda Vantrend yang pada saat itu dilecehkan sebagai mobil “murahan” adalah turunan dari Mazda GLC yang terkenal di seluruh dunia juga ?.


Mazda GLC adalah salah satu varian dari Pabrik Mobil Mazda yang terkenal di seluruh dunia. Nama ini sebenarnya adalah nama untuk Mazda 323 yang dipasarkan di Amerika Utara. GLC merupakan singkatan dari Great Litlle Car, yang mempunyai arti kurang lebih adalah sebuah mobil kecil dengan kemampuan besar. Mazda GLC termasuk dalam keluarga “Mazda Familia”, merek yang diproduksi dari tahun 1964 sampai dengan tahun 2003. Mazda Familia adalah mobil berukuran kompak, yang dibangun di pabrik mobil Mazda di Hiroshima, Jepang, walaupun nantinya dirakit di Taiwan, Malaysia, Afrika Selatan, Colombia dan New Zealand.


Mazda Familia cukup laris dipasaran, dalam kurun waktu tersebut (1964 – 2003) terjual 10.589.052 unit berbagai type di seluruh dunia. Mazda Familia dipasarkan dengan berbagai nama seperti Mazda 1000, Mazda 1200, Mazda 1300, Mazda 800, Mazda 808, Mazda 818 dan Mazda 323. Akan tetapi, dari seluruh produksi Mazda Familia yang dihasilkan, varian yang paling terkenal adalah Mazda 323,yang produksi awalnya dikenal dengan berbagai nama seperti Mazda GLC di Amerika utara (yang kemudian berubah menjadi Mazda Protégé), atau Mazda Etude di Afrika Selatan.


Tidak hanya diproduksi dengan berbagai nama, Mazda GLC juga dipakai sebagai basic untuk pembuatan Ford Laser dan Ford Meteor di Asia dan Australia, serta Ford Escort dan Mercury Tracer di Amerika Utara pada tahun 1991.

Mazda GLC diproduksi pertama kalinya pada tahun 1977, sebagai pengganti dari Mazda 818 / Mazda Mizer. Mobil ini dibuat dengan model Hatchback dan Station Wagon dengan 3 atau 5 pintu, berukuran subcompact,serta menggunakan system penggerak roda belakang. Mesin yang digunakan terdiri dari 3 jenis yaitu : seri PC (985 cc), seri TC (1272 cc) dan seri UC (1416 cc). Untuk memangkas biaya produksinya, beberapa “parts” Mazda GLC diambil dari produk Mazda pendahulunya yaitu Mazda RX-3.


Mazda GLC yang dipasarkan di Afrika Selatan,mempuyai perbedaan dalam hal mesin yang digunakan. Tidak menggunakan mesin produksi pabrikan Mazda, GLC di Afrika Selatan malah menggunakan mesin mobil produk pabrikan Mitsubshi, yaitu mesin yang dipakai pada Mitsubishi Saturn. Hal ini dilakukan untuk memenuhi peraturan pemerintah setempat mengenai penggunaan kandungan “local component”. Mesin Mitsubishi Saturn adalah salah satu mesin produksi dalam negeri Afrika Selatan yang telah mendapat pengesahan dari pemerintah setempat sebagai mesin dengan kandungan local yang telah memenuhi persyaratan.


Secara umum, Mazda GLC berhenti diproduksi pada tahun 1980. Kecuali untuk Mazda GLC Station Wagon yang terus diproduksi sampai dengan tahun 1985, dengan beberapa perubahan yang dilakukan seperti mulai digunakannya system “Penggerak Roda Depan” (front wheel drive) pada tahun 1981.

Varian Mazda GLC yang pertama kali dipasarkan di seluruh dunia sebenarnya adalah Mazda Familia generasi ke empat di pasar domestic jepang. Mazda Familia generasi ke empat ini tersedia dalam beberapa varian yaitu :

1. Hatcback Five-door four-seat.
2. Hatchback Three-door four-seat.
3. Station Wagon Five-door four-seat.
4. Station Wagon Three-door four-seat.
5. Van Three-door two-seat with an extended roof profile.

Sedangkan untuk mesinnya tersedia dalam beberapa jenis yaitu :

* 1.0 L PC,45 hp (33,6 kW) / 51 ft lbf (69 N m)
* 1.3 L TC (1977-1978).
* 1.4 L UC (1979-1980).

Transmisinya, pada type2 awal masing menggunakan “four Speed manual”, yang nantinya diganti dengan “Five Speed manual” serta “three Speed Automatic” sebagai alternative pilihan.


Tampilan muka Mazda GLC pada type-type awal menggunakan Headlights (lampu utama) yang berbentuk bulat berukuran 7 in (17,8 cm), yang kemudian diganti dengan lampu kotak (square sealed beam) pada semua model kecuali pada type “van”, Perubahan ini sebenarnya mengikuti perubahan bentuk serta penyempurnaan pada system mekanis mobil ini.

Pada saat generasi baru Mazda 323 dengan penggerak roda depan diperkenalkan pada tahun 1980, bentuk depan versi Mazda GLC station wagon dan Mazda GLC Van-nya tetap dipertahankan dengan model awal. Baru pada tahun 1981, versi Mazda GLC station wagon diberikan sedikit perubahan pada bagian “front clip” dengan bumper berbeda dengan model Model Mazda 323 yang menggunakan penggerak roda depan. Produksi Mazda GLC Station Wagon dan Mazda GLC Van dengan penggerak belakang di berhentikan pada tahun 1985, dan digantikan dengan model yang menggunakan penggerak roda depan.

Lain ladang lain belalang, peribahasa ini ternyata berlaku pula di dunia otomotif. Mazda GLC yang produksinya di seluruh dunia telah dihentikan pada tahun 1985, oleh Indomobil dicoba untuk dilahirkan kembali (reborn) pada tahun 1990, dengan mengeluarkan beberapa varian seperti :

1. Mazda MR90, type Hatchback (1990-1992).

2. Baby Boomers, type Hatchback (1992-1994).

3. Vantrend, type Station Wagon (1993-1997).

Mazda hasil produksi Indomobil ini mempunyai perbedaan dengan type Mazda GLC di belahan dunia lain seperti :

* Headlamp_nya menggunakan platform Mazda 626 GC.
* Bumper disain baru.
* Mesin menggunakan seri UC 1.4 L.
* Transmisi mengunakan “five Speed manual gearbox”

Tujuan utama dari Indomobil memproduksi kembali mobil ini adalah untuk memberikan harga mobil yang murah kepada masyarakat kelas menengah Indonesia. Pada saat itu memang terbukti bahwa ketiga produk ini : Mazda MR90, Mazda Baby Boomers dan Vantrend memang menjadi mobil pilihan dengan harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya.

Akan tetapi sesuai dengan harganya, ada beberapa kelemahan yang sering dikeluhkan oleh pemakainya antara lain :

* Mazda MR90, body-nya mudah penyok, kemungkinan karena kualitas pelat besi-nya tipis dan kurang baik. Pada Mazda Baby Boomer, keluhan ini sedikit berkurang.
* Sumbu roda Mazda MR90 katanya (?) lebih pendek dibandingkan Mazda Baby Boomer, sehingga penampilannya kurang gagah.
* Bodi dan interior terlalu sederhana, kecuali pada Mazda Baby Boomer yag telah dilengkapi dengan Rear Spoiler.
* Putaran Stir relatip berat.
* Sering bermasalah pada bagian kopelnya.

btw karena keterbatasan karakter ane lnjut dipost #14 y.....
0
74.9K
513
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.