pararempaaAvatar border
TS
pararempaa
In Vitro Fertilization (Bayi Tabung)


Spoiler for Bukan Dulu Gans!:


In Vitro Fertilization




In Vitro Fertilization atau Bayi tabung atau pembuahan in vitro (bahasa Inggris: in vitro fertilisation) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil. Prosesnya terdiri dari mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair.

IVF menjadi pilihan jalan bagi para orangtua yang tidak kunjung memiliki anak akibat adanya masalah dengan kesuburan. Masalah kesuburan yang dapat membuat IVF menjadi pilihan untuk memperoleh anak ada bermacam-macam, beberapa di antaranya adalah:
Spoiler for Penyebab:

IVF selalu berada dalam urutan terakhir dalam usaha untuk memiliki anak bagi pasangan yang ingin memiliki anak karena biayanya yang sangat mahal. Jika memang IVF adalah satu-satunya metode yang tersisa, sebaiknya pasangan yang mempertimbangkan melakukan IVF, mencari klinik IVF dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi serta bagaimana kondisi ibu serta calon bayi dengan mengikuti prosedur di klinik tersebut.

IVF dilakukan dengan menyuntikkan hormon agar lebih dari satu sel telur dapat berada di dalam tubuh. Setelah itu, penyuntikan obat yang menyuburkan sel telur yang sedang berkembang dan siap untuk berovulasi. Kemudian tubuh calon ibu akan dites untuk melihat apakah pengambilan sel telur yang siap dibuahi telah dapat dilakukan. Sel telur harus segera diambil sebelum sel telur sampai ke bagia follicles dalam ovarium. Jika terlambat atau terlalu cepat, sel telur tidak dapat berkembang secara normal. Akan ada prosedur yang harus dipenuhi oleh ibu yang sedang menjalani IVF untuk dipatuhi agar pembuahan berhasil.
Spoiler for Ilustrasi:

Prosedur IVF akan mengharuskan dokter yang menanganinya mencari letak follicles dalam ovarium dan mengangkat sel telur menggunakan jarum. Prosedur ini akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam. Pada saat yang bersamaan, sperma pihak pria juga akan dikumpulkan untuk segera dicampurkan dengan sel telur.
Spoiler for ilustrasi:

Tahap selanjutnya adalah menanti apakah sel telur yang sudah dibuahi sudah siap untuk dikembalikan ke rahim sang ibu. Proses ini akan memakan waktu sekitar lima hari. Jika embrio sudah siap, embrio ini akan dimasukkan kembali ke rahim dengan langkah yang lebih cepat daripada pengangkatan sel telur. Hanya dengan menggunakan kateter yang fleksibel melalui vagina ke dalam rahim.
Spoiler for Ilustrasi:

Biasanya, untuk tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, embrio yang dimasukkan akan berjumlah lebih dari dua embrio. Bahayanya adalah, akan terjadi kehamilan yang lebih dari satu sehingga dapat membahayakan sang ibu maupun bayinya. Setelah selesai memasukkan kembali embrio, sang ibu harus tetap tinggal di tempat tidur untuk beberapa lama. Setelah itu, normalnya, akan dilakukan tes kehamilan selang dua minggu.

Keberhasilan IVF bergantung pada penyebab masalah ketidaksuburan, klinik yang melakukan IVF, serta usia pasangan yang mengusahakan IVF. Semakin tua usia calon ibu, semakin kecil kemungkinan IVF akan berhasil.

Embrio yang dihasilkan dapat dibekukan untuk digunakan kembali nanti, tergantung dari keputusan pasangan yang menjalaninya. Jika tidak, embrio dapat disumbangkan ke pasangan lain yang juga menderita ketidaksuburan.

Catatan:
Sel telur (ovum) akan di panen pada saat mencapai ukuran tertentu sekitar 18-22 mm disebut folikel dominan, harus tepat kapan dilakukan panen karena kalau tidak sel telur akan pecah atau berovulasi sehingga tidak akan bisa di'panen'.

Sembur

Demikian info yang ane share, semoga bermanfaat
emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer

Spoiler for Buka Lagi Gans:


emoticon-Ngacir
0
5.2K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.