Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Child.CloneAvatar border
TS
Child.Clone
5 Ibu Indonesia Menolak Gunakan Kata "Bodoh’’ pada Anak


emoticon-Cool emoticon-Cool





Masih Ingat Dengan HT IBU RI1 aka Ibu Negara.Beberapa hari yang lalu, lagi-lagi ibu Ani Yudhoyono menjadi bahan perbincangan di ranah jejaring sosial. Lewat akun Instagram bernama @aniyudhoyono, Ibu Ani membalas komentar salah satu follower lewat akun bernama @erie­_nya, dengan sebutan “sangat bodoh”. Ternyata, penggunaan sebutan "bodoh" itu mengundang respons keberatan dari follower lainnya.

Kejadian tersebut kembali mengingatkan kita untuk jangan pernah menggunakan kata atau sebutan negatif terhadap sesama, terutama pada anak. Sebab, dengan rutinitas yang padat, bukan tidak mungkin seorang ibu jadi mudah "tercongkel" amarahnya menghadapi anak yang sedang berulah atau melakukan kesalahan.

Karena, perkataan orangtua memiliki makna yang dalam pada anak, dan berpotensi meninggalkan kesan buruk terhadap diri mereka. Apabila orangtua tanpa sengaja melontarkan kata "bodoh" pada anak, jangan malu atau gengsi untuk segera meminta maaf pada anak.

“Mengucapkan perkataan yang menyakitan pada anak, pertanda kurang bijaknya kita dalam me-manage emosi diri. Selain itu, apa yang Anda ucapkan, itulah yang akan didapatkan. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan kata negatif pada anak. Seseorang yang berkata menyakitkan, sebenarnya perkataan itu juga menyakiti diri mereka sendiri,’’ jelas Ainy Fauziyah, CPC, Leadership Coach & Motivator, penulis buku laris Dahsyatnya Kemauan.

Lima orang ibu Indonesia memiliki pandangan yang sama dengan pernyataan di atas. Bagi mereka, melontarkan sebutan negatif akan merugikan tumbuh kembang anak. Mengapa? Karena apa pun yang disampaikan oleh ibu sebagai figur otoritas, anak akan menyerapnya sebagai kebenaran.


Spoiler for Kerry Nurakhmah, 30 tahun, Enterpreneur.:


Spoiler for Masfilianda, 30 tahun, ibu rumah tangga.:


Spoiler for Astri, 26 tahun, ibu rumah tangga.:


Spoiler for Dhita, 30 tahun, karyawan swasta:


Spoiler for Fitriana, 30 tahun, ibu rumah tangga:


Quote:


Sumber
Quote:


Spoiler for Jawaban Agan-Agan Yang Brilian:




Spoiler for Thanks Batanya Gan:
Diubah oleh Child.Clone 17-03-2014 13:05
0
7K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.