Kenaikan BBM baik itu bensin, solar, pertamax atau yang lainnya menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang. Maklum saja kenaikan BBM tentu membuat pengeluaran untuk transportasi semakin meningkat. Salah satu solusi mengatasi kenaikan harga BBM adalah menghemat konsumsi BBM. Ada berbagai cara menghemat BBM kendaraan anda, baik itu sepeda motor atau mobil. Namun hal yang penting dalam menghemat BBM adalah bagaimana cara anda mengendarai kendaraan. Meski anda memasang alat penghemat BBM secanggih apapun, jika cara berkendara tidak benar,konsumsi Bahan bakar tetap saja ngowos alias boros.
Cara berkendara yang baik akan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan anda. Gaya berkendara ini mampu menekan konsumsi bahan bakar yang lumayan besar, jadi jika ingin menghemat bahan bakar, inilah cara paling murah. Namun jika cara berkendara anda sudah salah, harus ada kemauan untuk mengubah kebiasaan ini. Maka ane mau ngeshare beberapa cara untuk menghemat penggunaan BBM yang berati menghemat pengeluaran bulanan kita juga
Spoiler for cara pertama:
1. Berkendara dengan Kalem dan Langsam
Kebiasaan menghentakkan gas saat start kendaraan adalah hal yang biasa dilakukan. Satu contoh saat berhenti di lampu merah, begitu lampu hijau banyak orang langsung menggeber gas karena ingin melaju cepat. Cara seperti ini akan membuat bahan bakar yang dihisap dan masuk ke ruang bakar juga semakin banyak. Padahal pada saat iniputaran mesin belum tinggi, sehingga tidak semua bahan bakar yang masuk itu terbakar atau terbuang percuma. Maka kalem saja dan tambah gas secara perlahan-lahan.
Spoiler for cara kedua:
2. Gunakan Oktan Bahan Bakar Yang Sesuai Spek Kendaraan
Banyak orang berpikir bahwa semakin tinggi oktan bahan bakar akan membuat laju kendaraan semakin mantap. Namun pada kenyataannya kendaraa membutuhkan oktan bensin yang sesuai dengan peruntukannya. Untuk itu, bacalah buku manual untuk mencari tahu jenis oktan yang tepat untuk mobil Anda karena membeli bensin jenis mahal belum tentu tepat guna. Biasanya kendaraan-kendaraan tua didesain bukan untuk bahan bakar dengan oktan tinggi.
Spoiler for cara ketiga:
3. Jangan membawa beban melebihi Anjuran
Setiap mobil dirancang dengan memperhitungkan kapasitas atau kemampuan menyangga beban tertentu. Sehingga bila beban yang diangkut melebihi kapasitas yang seharusnya, maka tenaga yang dibutuhkan mobil juga berlipat. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan tenaga juga lebih besar.
Spoiler for cara keempat:
4. Sesuaikan posisi gigi dengan putaran mesin
Hal lain yang patut diingat agar mobil tetap irit bahan bakar adalah, sesuaikan posisi gigi dengan putaran mesin. Jangan memposisikan gigi di tingkat tinggi di saat putaran mesin rendah. Sebab, dengan posisi gigi tinggi di saat putaran mesin rendah sama halnya memaksa mesin untuk mendorong beban yang lebih berat.
Spoiler for cara kelima:
5. Ikuti gaya elang terbang
cara ini terlalu extri
Spoiler for cara keenam:
6. Periksa tekanan angin ban
Faktor lain yang juga turut menyebabkan mobil boros bahan bakar adalah tekanan angin ban yang kurang dari ukuran yang disarankan pabrikan. Selain menyebabkan mobil berat melaju, tekanan angin yang kurang juga berpotensi menyebabkan ban pecah dan kecelakaan. Untuk menambah tekanan angin ban sebaiknya dilebihi sedikit antara 2 – 3 psi dari anjuran. Jangan lebih dari itu, karena bila terlalu keras justru ban akan membal dan menyebabkan mobil tidak stabil saat digeber.
Spoiler for cara ketujuh:
7. Periksa emisi gas buang
Langkah ini dibutuhkan untuk memastikan apakah di mesin banyak kandungan hidrokarbon (HC) serta gas karbonmonoksida (CO). Bila kandungan kedua unsure itu tinggi, maka bisa dipastikan proses pembakaran di ruang bakar tidak berjalan sempurna. Banyak bahan bakar yang dihisap ke ruang itu yang terbuang percuma. Sehingga, konsumsi bahan bakar pun melebihi dari takaran yang seharusnya saat mesin mobil normal. Cara mengatasi hal ini adalah, dengan membersihkan mesin dari unsure itu dan mau tidak mau anda harus melakukan turun mesin.
Spoiler for cara kedelapan:
8. Matikan mesin saat macet dan lampu merah.
Sekrang ini sudah banyak lampu merah yang dilengkapi timer, sehingga kita bisa menghitung berapa lama kita akan berhenti. Jika lampu merah masih lama, matikan mesin untuk menghemat bahan bakar. Selain menghemat BBM, langkah ini juga mengurangi polusi udara yang kita hirup.
Spoiler for cara terakhir:
9. Cara yang terakhir itu dengan cara menumpang atau menebeng kepada teman yang sejalur. Dengan cara ini yang biasanya pemakain rutin seminggu kita harus membeli bensin 100ribu maka kita akan banyak sekali menghemat penggunaan bbm kita
Sembilan cara tersebut bisa ente coba dirumah. Semoga penggunaan bbm bisa lebih hemat lagi.
Silahkan agan agan memberi komentar untuk ane. Karena ane disini butuh kritikan dan saran. Silakan ngejunk maupun SR masuk. Karena ane disini membuat trit agar anggaran untuk bbm bisa dihemat dan bisa dialihkan ke hal lain yang lebih penting lagi
Semua Point ane setuju gan
tp khusus point5
ane ga setuju
memang kalau pegal gas dilepas asupan bensin ke ruang pembakaran berkurang
tp kalau dijalanan menurun dan sambil tekan tuas kopling.
yang ada kopling cepat Habis dan Aus gan
apalagi ketika kembali memasukkan Gigi kembali dari posisi kopling di tahan lama akan cepat merusak Timing Belt CMIIW
Quote:
Original Posted By xanax.viagra►tambahan cara hemat bensin ala ane
gunakan premium, tapi tambahkan aditif; tapi beli aditif nya jangan di supermarket, mahal; belinya di kaskus fjb aja; cost nya 10rb per full tank bensin mobil, hemat kan? invest duit setara 1 liter pertamax dan bisa ubah premium satu full tank mobil agan menjadi serasa pertamax
soal gaya ilmu terbang elang, kalo utk matic, caranya pindahkan kopling ke netral dan mainkan rem mobil utk mengatur kecepatan menurun nya, cara ini selalu ane lakukan di jalanan menurun kayak di pinggir kali dekat giant supermarket cibubur itu
tekanan ban angin? saran ane jangan isi angin biasa di pinggir pinggir jalan itu, ngaco semua ukuran tekanan nya, mereka masih pake alat manual (bentuknya kayak pulpen besi itu loh; atau pengukur kayak jam itu); cara manual tidak akurat dan biasanya selalu kebanyakan ngisi angin nya; sudah gak jaman isi angin biasa, sekarang jamannya nitrogen, jauh lebih akurat karena pake komputer, harga terjangkau (lebih mahal dari angin biasa, tapi masih terjangkau), dan yg penting, tidak gampang memuai oleh panas matahari dan tidak gampang bocor karena ukuran molekul nitrogen lebih besar ketimbang angin biasa (oksigen)
emisi buangan gas bisa dibagusin kalo ente rajin pake aditif yg tadi
saran matikan mesin kayaknya gak praktis di jaman sekarang yg panas dan butuh ac
nebeng gratis juga gak etis gan, ente minimal tau diri lah nyumbang duit, jaman skarang serba duit, tidak ada orang yg suka di tebengin gratisan melulu kayak gitu, walau sodara skalipun, apalagi teman
gak percaya? coba aja ente nginap berbulan bulan di rumah sodara, pasti bakal di cemberutin atau di kata2xin, minimal di belakang agan
di jepang aja, sodara sekalipun, pasti akan kasi duit kalo merasa ngerepotin tuan rumah nya, walau sbenarnya mereka gk minta duit skalipun; apalagi kalo statusnya cuma teman doank, wajib tuh, kalo gak mau dianggap hazukasikunai
nambahin gan, buat agan" yang mau kendaraannya lebih irit, stel pembakaran karburator gan (bagi motor karbu) bukaan baut angin 2,5 atau 3 putaran gan. langsamnya nyesuaiin.
terus setel juga businya gan, sudut L di ujung nya di naikin sedikit, jadi lebih dari 90drajat.
fungsi stel putaran baut angin, biar perbandingan campuran udara sama bensinnya berubah gan. porsi udaranya lebih banyak dari bensin. kalo perubahan sudut pengapian busi, listrik dari busi area combustionnya lebih luas gan. Intinya pembakaran di motor lebih sempurna(02 lebih banyak).
kalo efisiensi naik, pasti ada yang ngurang kan gan... jadi kalo setingannya udah di rubah begini, agan" yang doyan geber mohon ikhlas karo tarikannya berkurang
setingan ini pas banget buat mondar mandir kerja, kuliah atau sekolah
pejwan gan kalo berkenan
CMIIW
0
37.8K
Kutip
768
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!