Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apakah Tuan - Tuan udah sholat wajib berjamaah dimasjid ? insyAllah niat amal #2

ferysafardiansyAvatar border
TS
ferysafardiansy
Apakah Tuan - Tuan udah sholat wajib berjamaah dimasjid ? insyAllah niat amal #2
Alhamdulilah Tuan Tuan yang dimuliakan oleh Allah subhana wata'ala Kita sebagai manusia kadang lupa akan tujuan diciptakannya manusia di muka bumi ini, mari kita sama sama saling mengingatkan satu sama lain atas pentingnya Iman, tanpa melihat perbedaan diantara kita, kenapa kita tidak sama sama melihat persamaan di dalam ber Iman dan beribadah kepada Allah SWT. Tidak lain Allah SWT menciptakan kita sebagai manusia semuanya hanya untuk beribadah kepada Alloh SWT. "Semoga dengan nasehat yang ada akan membuat hati kita semakin sejuk"


Tuan tuan , jujur sangat sedih sekali melihat zaman sekarang yang sedikit lagi seperti zaman jahiliyah

ketika mau pergi kemasjid untuk memanggil Tuan Tuan muslim yaitu adzan untuk sholat berjamaah dhuhur dimasjid, adzan sudah dikumandangkan dan sholat sunah pun telah selesai dilaksanakan untuk menunggu Tuan Tuan muslim melihat ke kiri ke kanan kebelakang keluar masjid melihat dan menunggu Tuan Tuan muslim ternyata tidak ada satu pun yang datang kemasjid untuk sholat berjamaah ya Allah sungguh celaka lah orang orang (Tuan Tuan) yang menghiraukan adzan berkumandang dan sholat fardhu berjamaah dimasjid

Allah Ta'ala berfitman: "Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud; maka mereka tidak kuasa, (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk kebawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sejahtera." (Al-Qalam:42-43)



Ibrahim At-Taimi berkata,"Maksudnya, mereka diajak kepada shalat-shalat wajib yang terdapat adzan dan iqamatnya. "Said bin Musyayab berkata,"Mereka mendengar 'hayya 'alas shalah, hayya 'alal falah namun mereka tidak memenuhi panggilan itu sementara mereka dalam keadaan sehat wal afiat."



Kabul Ahbar berkata,"Demi Allah, ayat ini tidak diturunkan kecuali kepada orang-orang yang meninggalkan shalat berjamaah. Adakah ancaman lain yang lebih dahsyat dari ancaman di atas bagi orang yang meninggalkan shalat berjamaah padahal mampu melakukannya?.



Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma ketika ditanya tentang orang yang berpuasa pada siang hari dan melakukan qiyamul lail di malam hari, namum ia tidak shalat berjamaah di Masdjid. Ia menjawab, "Jika ia mati dalam keadaan demikian maka ia di neraka." (Diriwayatkan Tirmidzi).



Abu Hurairah Radhiyallahu Anhuma berkata," Jika telinga anak Adam dipenuhi dengan cairan timah panas, tentu hal itu lebih baik daripada ia mendengar adzan namun tidak memenuhinya.



Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa mendengar orang memanggil untuk shalat dan tidak ada halangan untuk memenuhinya. "Ada yang bertanya," Apa halangannya wahai Rasulullah? Rasulullah shallallahu alaihi wassalam menjawab,"Rasa takut atau sakit. Maka shalat yang dilakukannya (yakni shalat dirumahnya) tidak diterima. (Diriwayatkan Abu Dawud, Ibnu HIbban, dan Ibnu Majah).



Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu berkata,"Tidak ada shalat bagi tetangga masdjid kecuali di masdjid." Ada yang bertanya kepadanya, "Siapakah tetangga masdjid itu?" Ia menjawab,"Siapa (saja) yang mendengar adzan." (diriwayatkan Ahmad)
maleo.pejuang
maleo.pejuang memberi reputasi
1
3.6K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.