Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

romagoldAvatar border
TS
romagold
Perilaku Tidak Etis Moderator Kaskus
Selamat pagi/siang/sore/malam/subuh kaskuser semua,

Kira2 tiga hari yang lalu, saya menemukan postingan saya tidak lagi dapat dilihat publik. tayangan gambarnya bisa dilihat seperti dibawah ini:
Spoiler for postingan tidak dapat dilihat:


Kalau saya login, saya bisa membuka postingan saya itu. ID saya sebelumnya adalah dexsiha, seperti bisa dilihat di spoiler di bawah ini:
Spoiler for ID dexsiha:


akan tetapi kalau saya log out, maka saya tidak dapat menemukan lapak saya itu di forum jual beli.

Saya kemudian curiga bahwa account saya ini sudah di lock/banned atau apapun namanya. Namun di profile page, saya tidak melihat ada keterangan Banned, atau ada pesan dari moderator yang mungkin menggunakan wewenangnya kepada account saya. Karena bingung berat, maka saya melemparkan sebuah email kepada kaskus helpdesk <cs@kaskusnetworks.com>. dan sehari kemudian dibalas melalu pesan untuk mengirimkan thread saya yang bermasalah. (lihat pada spoiler di bawah)
Spoiler for balasan customer service kaskus:


karena itu saya kirim postingan saya yang bermasalah itu kepada mereka, yaitu: http://www.kaskus.co.id/post/525e936...cb17134800000a

Sementara menunggu balasan, saya mencari-cari, kira2 apa penyebabnya. ada info bilang bahwa ini peralihan dari "old kaskus" ke kaskus yang baru. ada juga bilang pembersihan server, ada yang bilang di banned oleh moderator, ada yang bilang karena pacar yang pencemburu, ya macam-macam lah!

lama kemudian, tidak sengaja saya melihat profile page account saya dan melihat ada keterangan 'last visitor' disana. tercantum beberapa nama-nama account (bisa dilihat di spoiler di bawah)
Spoiler for last visitor:


maka, demi suatu jawaban, saya membuka satu per satu account-account yang pernah melihat page saya. Dan pengamatan saya tertambat di sebuah nama: buraisrowo

hal pertama yang saya temukan melalu pengamatan terhadap posting2nya adalah bahwa ia mengelola urusan pengaduan postingan bermasalah. hal kedua? bahwa buraisrowoadalah moderator! jadi ada kemungkinan dia yang melakukan aksi-aksi wewenangnya terhadap postingan saya.

karena belum ada jawaban dari customer servis kaskus, akhirnya saya posting pengaduan kepada the great moderator buraisrowo. isinya dapat dilihat di spoiler di bawah ini:
Spoiler for pesan terbuka kepada buraisrowo:


setelahnya?
ya sudah, apalagi yang bisa saya lakukan selain menunggu, menunggu dan menunggu. terbersit sih sebuah pemikiran untuk bikin account baru dan bikin postingan baru, akan tetapi nanti saya dipikir tidak mempunyai niat baik untuk menyelesaikan masalah.

singkat kata, akhirnya customer servis kaskus yang cepat membalas keluhan saya. intinya dalam email mereka, mereka mengatakan bahwa posting saya dianggap spam dan harap menghubungi siapa coba tebak?
Yap,
buraisrowo

balasan lengkap customer service kaskus dapat diamati di spoiler dibawah.
Spoiler for balasan cutomerservis kaskus:


NB. bukan saya tidak menghubungi. saya sudah menghubungi! sampai sekarang buraisrowobelum membalas posting saya.

************

Oke, momod buraisrowo, tiga hal dari saya:
1. saya paham anda punya kewajiban, maka dari itu kaskus membekali anda dengan wewenang.

2. saya paham bahwa saya mungkin punya salah, maka saya melempar pesan di wall anda,

3. saya tidak menghormati cara anda.

tapi mari kita belajar sama-sama, mungkin ini juga bisa menjadi contoh untuk moderator yang lain sehingga tidak mengulangi kesalahan anda, dan pengguna-pengguna kaskus lain sehingga tidak mengulangi kesalahan saya.

saya mengalami dilema dalam menilai momod buraisrowo. entah dia melaksanakan tugasnya atau entah dia pengecut. Ya, dia menjalankan tugasnya akan tetapi mengapa tidak berani bertanggung jawab atas kewenangannya? mengapa tidak meninggalkan jejak dengan mem-PM saya? mengapa tidak ada niat baik untuk menunjukkan bahwa keputusan yang dia lakukan adalah miliknya, mencantumkan namanya.

jadi kalau saya simpulkan, buraisrowo tak bertanggungjawab, akan tetapi ia melakukan tugasnya sebagai moderator, walau dengan cara yang tidak etis.

Karena itu lain kali, saya mohon agar buraisrowo sebagai penguasa, menghubungi saya sebagai pelaku kesalahan (sampai sekarang saya juga ga tau salah saya dimana).

YA, saya tau bahwa moderator tidak digaji dan bersukarela menyumbangkan waktu dan pikirannya demi kaskus. tapi bukan berarti anda melakukan hal-hal tidak etis yang boleh jadi mempermalukan kaskus.

kenyataan sampai sekarang buraisrowo belum membalas posting saya sudah menunjukkan belum adanya keinginan menyelesaikan masalah.

karena itu, saya memberikan anda kesempatan kedua. saya akan mengeluarkan lagi postingan iklan ROMAgold di account yang baru saya buat: ROMAgold.

kita ulangi prosesnya dari awal, yang perlu anda lakukan adalah:
1 - lock postingan itu, Klik disini untuk melihat postingannya
2 - tinggalkan jejak perilaku anda dengan membubuhkan identitas supaya kita bisa ngobrol mengenai sebuah solusi
3 - balas pesan-pesan saya.

akhir kata, saya pikir ini semua masih dalam kerangka etika saja.
tidak ada yang fatal. selama buraisrowo dan saya masih mempunyai niat baik untuk mencari solusi, seharusnya tidak perlu berlarut-larut.

terima kasih.
Polling
0 suara
Setuju kah anda dengan argumen agan ini?
Diubah oleh romagold 18-10-2013 14:04
0
3K
25
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUSKASKUS Official
8.3KThread1.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.