endolineAvatar border
TS
endoline
Sejarah perkembangan becak di Indonesia yang kini di Tergusur??
Malam agan & agan wati
mari kita pikirkan kembali untuk melestarikan becak atau memusnahkanya...
karna di pandag dari sisi kesehatan tidak sama sekali mencemarkan lingkungan dengan polusi
di lihat dari tampilan kan bisa di bikin standar becak yang layak dan lebih bagus/celasic agar bisa menjadi crikhas budaya
ini malah BAJAI yang di perbaharui dan di bikin moderen dengan bahn bakar dan tampilanya.....
kalo ane si gx setuju
bagaimana dengan agan-agan sekalian...
mari kita kenali perkembangan becak di negri ini cekidaut gan:

Spoiler for becak thn 1936:


Spoiler for jakarta 1986:


Perkembangan selanjutnya...
Becak setelah berkembang di Batavia/Jakarta kemudian berkembang ke Surabaya pada tahun 1940, Jawa Shimbun[6] terbitan 20 Januari 1943 menyebut becak diperkenalkan dari Makassar ke Batavia akhir 1930-an. Pasca perang, ketika jalur dan moda transportasi kian berkembang, becak tetap bertahan. Bahkan ia menjadi transportasi yang menyebar hampir di seluruh Indonesia. Pada pertengahan hingga akhir 1950-an ada sekira 25.000 hingga 30.000 becak di Jakarta. Jumlah becak membengkak dan pada tahun 1966 jumlah becak ada 160 ribu –jumlah tertinggi dalam sejarah.

Gubernur Ali Sadikin mengeluarkan aturan mengenai larangan total angkutan yang memakai tenaga manusia, membatasi beroperasinya becak, dan mengadakan razia mendadak di daerah bebas becak. Kebijakan serupa dilanjutkan oleh gubernur-gubernur berikutnya: Suprapto, Wiyogo Atmodarminto, Suprapto, dan Sutiyoso. Becak dianggap biang kemacetan, simbol ketertinggalan kota, dan alat angkut yang tak manusiawi. Di sisi lain, becak juga mulai menghadapi pesaing dengan kehadiran ojek motor, mikrolet, dan metromini. Pada 1980, misalnya, pemerintah mendatangkan 10.000 minica (bajaj, helicak, minicar) untuk menggantikan 150.000 becak. Pemerintah ketika itu memprogramkan para tukang becak beralih profesi menjadi pengemudi kendaraan bermotor itu. Bahkan pemerintah menggaruk becak dan membuangnya ke Teluk Jakarta untuk rumpon, semacam rumah ikan. Karena sulit, Gubernur Suprapto sampai bilang: “becak-becak akan punah secara alamiah.”emoticon-Bingung (S)
Di Indonesia becak merupakan salah satu lapangan kerja yang mudah untuk dimasuki, sehingga kalau tidak dikendalikan jumlah becak akan berkembang dengan luar biasa. Jumlah pengayuh becak biasanya berkurang pada musim panen, ataupun pada saat nelayan turun kelaut, pada musim angin nelayan yang tidak melaut akan menjadi pengayuh becak sebagai alternatif.emoticon-Berduka (S)


Bagaimana menurut Agan" & Aganwati....



JANGAN LUPA YA GAN......emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh endoline 18-10-2013 17:18
0
4.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.