beizukeAvatar border
TS
beizuke
Ngeri gan, Semut Zombie!!!
malem gan, ane mw coba share, ternyata ada yang mirip cerita di film2 gan, ada jenis jamur yang bisa bikin inang (induknya) jadi kek zombie, langsung aja nih gan. sorry kalo berantakan ya gan emoticon-Malu (S)

Ilmuwan menemukan salah satu jenis jamur yang kemungkinan telah menginvasi tubuh semut kayu (Camponotus leonardi) dan mengontrol perilaku mereka selama 48 juta tahun terakhir.

Sebuah jamur parasit bernama Ophiocordyceps unilateralis telah terbukti secara sengaja menginfeksi semut-semut karena semut-semut itu bertempat tinggal di tanaman dan pepohonan yang ingin dimanfaatkan juga oleh jamur.







begini gan cara tuh jamur bikin semutnya jadi Zombie



Setelah jamur menginvasi tubuh semut, ia kemudian menginstruksikan serangga itu untuk menggigit bagian bawah daun, tepat di pembuluhnya. Kemudian, saat semut berada di lokasi yang optimal, jamur kemudian tumbuh pesat di seluruh tubuh semut.

Akhirnya jamur membunuh semut ‘zombie’ yang perilakunya sudah dikontrol itu sambil bersiap-siap menyebarkan spora baru.

“Saat semut berada di bawah kontrol jamur, semut meninggalkan tanda yang jelas yang disebut ‘gigitan kematian’ di daun-daun,” kata David Hughes, peneliti dari Harvard University, seperti dikutip dari Unexplained-Mysteries.

Semut yang dikontrol, kata Hughes, menggigit tepat di pembuluh tanaman dalam upaya mencari titik optimal bagi pertumbuhan jamur.

Dari penelitian, Hughes menemukan bahwa gigitan tersebut sama persis dengan temuan fosil daun yang sudah berusia 48 juta tahun. Temuan ini membuatnya yakin bahwa jamur telah melakukan praktek pembuatan semut ‘zombie’ jauh sebelum manusia muncul di Bumi.

“Kami yakin bahwa jamur yang mengontrol pikiran semut saat semut itu membuat tanda gigitan di daun,” kata Hughes. “Pasalnya, bukanlah hal yang normal bagi semut untuk menggigit daun tepat di pembuluhnya karena tindakan itu tidak ada nilai nutrisinya bagi mereka,” ucapnya.

Bahkan, Hughes menyebutkan, bagi semut, menggigit tepat di pembuluh tanaman spesies tertentu justru sangat berbahaya karena beracun.

nih gan biodata lengkap jamur`y

Scientific classification

Kingdom: Fungi
Phylum: Ascomycota
Class: Sordariomycetes
Order: Hypocreales
Family: Clavicipitaceae
Genus: Cordyceps
Species: C. unilateralis
Binomial name : Cordyceps unilateralis
Synonyms : Ophiocordyceps unilateralis

nih cara doi hidup gan (life circle) emoticon-Matabelo

Morfologi

Jamur ini dapat diidentifikasi pada saat akhir siklus hidupnya berdasarkan struktur reproduksinya. Bentuknya terdiri dari tangkai stroma kecil memanjang namun lentur dan berpigmen gelap yang membentang di bagian belakang kepala semut korban(yang sudah mati).

Siklus Hidup

Spora yang mulai tumbuh



Jamur berkembang



Seperti jamur yang patogenik pada serangga dalam genus Cordyceps, C. unilateralis memiliki target spesifik seperti semut Camponout leonardi. Spora jamur masuk ke tubuh serangga melalui spirakel pernapasan, dimana mereka mulai mengonsumsi jaringan halus yang tidak vital. Ketika jamur siap untuk berspora, mycelianya memasuki otak semut dan mengubah persepsi tentang feromon. Hal tersebut menyebabkan semut menaiki batang tanaman dan menggunakan rahangnya untuk mengamankan dirinya dari tanaman. Semut yang terinfeksi menggigit urat daun dengan gerakan yang tidak normal dan meninggalkan bekas. Jamur kemudian membunuh semut dan terus tumbuh sebagai miselia dan menyerang jaringan yang lebih lembut dan jaringan struktural yang melindungi eksoskeleton. Ketika jamur sudah siap bereproduksi, tubuh buah tumbuh dari kepala semut dan pecah melepaskan spora. Spora itu jatuh ke tanah atau terbawa hujan sehingga dapat bersentuhan dengan semut lain. Proses ini berlangsung 4-10 hari.

Perubahan perilaku semut yang terinfeksi sangat spesifik, sehingga muncul istilah semut zombie. Semut pada umumnya bergelantungan pada urat daun sekitar 25 cm diatas tanah di daerah utara, dalam lingkungan yang memiliki kelembapan 94-95% dan temperature antara 20-30 °C. Semut tersebut bergelantungan di tempat tinggi untuk menyebarkan spora jamur yang menginfeksi.

Persebaran Geografis

Habitat di sekitar hutan tropis seperti di Afrika, Brazil, dan Thailand.

ternyata doi ada manfaatnya juga gan emoticon-Matabelo

Manfaat

Jamur Cordyceps menghasilkan bermacam metabolit bioaktif yang dikenal dan belum dimanfaatkan. Saat ini masih dalam penelitian untuk digunakan sebagai sumber obat-obatan alami yang berfungsi sebagai immunomodulator, antitumor, hipoglikemik, dan fungsi hipokolesterolemik. Contoh bioaktif turunan dari C. unilateralis :erythrostominone; deoxyerythrostominone; 4-O-methyl erythrostominone|4-O-methyl erythrostominone; epierythrostominol; deoxyerythrostominol; and 3,5,8-trihydroxy-6-methoxy-2-(5-oxohexa-1,3-dienyl)-1,4-naphthoquinone.

Diduga senyawa aktif cordyceptin dapat meningkatkan energy sebesar 30 %, menurunkan trigliserida, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.

Sumber : http://www.beritaunik.net/unik-aneh/...ti-zombie.html

sekali lagi sorry kalo tritnya berantakan... boleh di rate gan apalagi dikasi emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

UPDATE

karena ada yang minta videonya, ini ane nemu dari yutup ane cari yang durasinya pendek, cuman 30 detikan, monggo di wafer dulu gan emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Diubah oleh beizuke 18-10-2013 18:03
0
17.4K
249
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.