Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

coretanpagiAvatar border
TS
coretanpagi
Dapat Penghargaan Anti Korupsi, Ahok Senang Patahkan Mitos
Skalanews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyambut gembira penghargaan 'Bung Hatta Anti Corruption Award' (BHACA) 2013 yang disematkan kepadanya.

Basuki melihat penghargaan yang diterimanya itu bisa membongkar mitos tentang seorang pejabat.

Karena selama ini seperti ada mitos bahwa seorang pejabat birokrasi itu pasti melakukan korupsi. Dan tidak mungkin seseorang bisa bertahan untuk 'bersih' dalam lingkungan yang korup.

"Tapi nyatanya saya dapat kok penghargaan itu," ujarnya, di Balaikota, Kamis (17/10).

Saat ditanya apa tantangan terbesarnya menghadapi praktik korupsi yang bisa terjadi di lingkungan kerjanya, wagub yang biasa disapa Ahok itu hanya menjawab singkat, "Takut mati aja. Takut dibunuh orang yang jadi musuh karena korupsi."

Ahok tak sendirian mendapat penghargaan BHACA 2013. Bersamanya juga ikut menerima Direktur Utama (Dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Nur Pamudji.

BHACA sendiri merupakan ajang dua tahunan pemberian penghargaan kepada pejabat pemerintah daerah (Pemda) dan pada pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang dinilai memiliki komitmen anti korupsi.

Dikatakan Ketua Dewan Juri BHACA 2013, Betti Alisjahbana, kedua orang itu dinilai layak mendapat anugerah BHACA 2013 karena sangat memperhatikan upaya melibatkan masyarakat atau publik secara umum terkait pemberantasan korupsi.

"Upaya pelibatan masyarakat itu dalam rangka menunjukkan komitmen mereka terhadap pemberantasan korupsi. Serta memperhatikan faktor keberlanjutan dari reformasi birokrasi yang dilakukan dalam prosesnya."

Salah satu contoh terobosan yang telah ditunjukkan Basuki, tutur Betty, yakni kebijakan mata anggaran dikaji ulang dan menyiarkan rapat-rapat mengenai anggaran di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melalui situs Youtube.

Proses penjaringan BHACA 2013 sudah dilakukan sejak Maret sampai Oktober 2013 melalui penelitian dan pengiriman formulir nominasi BHACA 2013 ke seluruh instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan juga sosial media.(mvw)

http://skalanews.com/berita/detail/1...Patahkan-Mitos
0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.