Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

awesome4Avatar border
TS
awesome4
Membahas lagu "Gloomy Sunday"
Maaf ya gan klau thread agak brantakan, soalnya ane bkin thread ini lwat androis

Gloomy Sunday” adalah sebuah judul lagu karya komposer dan pianis asal Hungaria bernama Rezső Seress. Lagu ini berjudul asli “Szomorú Vasárnap” berbahasa Hungaria, dengan lirik berasal dari sajak László Jávor dan pertama kali direkam pada 1935 dengan penyanyi Pál Kalmár.Lagu ini punya latar belakang lirik seperti ini. László Jávor, seorang penyair Hungaria, membuat sajak ini untuk kekasihnya. sajak ini kemudian diaransemen menjadi sebuah lagu oleh Rezső Seress.
Lagu ini kemudian terkenal. Tapi, kekasih Jávor malah bunuh diri tidak lama setelah lagu ini diluncurkan. Ironis. Namun tidak bisa menghalangi kesuksesan lagu ini.“Gloomy Sunday” semakin mendunia ketika lyricists Sam M. Lewis dan Desmond Cartet menggubah lagu ini ke dalam bahasa Inggris. “Gloomy Sunday” kemudian pertama kali direkam berbahasa Inggris dengan Bob Allen sebagai penyanyi (1936). Billie Holiday lalu menyanyikannya kembali pada 1941. Versi Inggris yang paling banyak digunakan adalah versi Sam M. Lewis.
Tidak cuma dalam bahasa Inggris, “Gloomy Sunday” juga dialihbahasakan ke dalam berbagai bahasa dunia. Di Rusia, lagu ini berubah judul menjadi “Мрачное воскресенье” ["Mrachnoe voskresen'e"] dan dinyanyikan oleh Pyotr Leschenko (1935). Di Prancis, Damia menyanyikannya menjadi “Sombre Dimanche” (1936), setelah liriknya diubah menjadi Prancis oleh Jean Marèze dan François-Eugène Gonda. Sementara di Jepang, Gloomy Sunday menjadi “Kurai Nichiyobi”, dinyanyikan oleh Noriko Awaya (1936)
Sudah bisa ditebak mungkin, bahwa ya, “Gloomy Sunday” ini disebut sebagai lagu asal Hungaria yang menjadi soundtrack bunuh diri banyak orang. Percaya atau tidak, sejak kemunculannya, Gloomy Sunday ditemukan banyak diputar oleh pelaku bunuh diri, sebelum mereka bunuh diri. Itulah kenapa pada akhirnya label “suicide song” menempel erat di citranya. Bagian paling unik, para korban memilih bunuh diri di hari Minggu, persis seperti judul lagu itu.
Korban yang ‘terekam’, sebut saja seorang pegawai negeri di Hungaria yang menembak dirinya. Ketika mayatnya ditemukan, ia tertelungkup di atas kertas-kertas berisi lirik “Gloomy Sunday”. Atau, seorang pemuda di sebuah restoran di Budapest yang menembak diri sendiri, ketikaband musik restoran baru selesai memainkan “Gloomy Sunday”.“Gloomy Sunday”, karena seolah memicu banyak orang membunuh dirinya sendiri, sempat dilarang penayangannya di berbagai radio. Salah satu yang turut melarang-tayang lagu ini adalah BBC. BBC melarang-tayang Gloomy Sunday versi rekaman Billie Holiday, sedangkan untuk pertunjukan live masih diperbolehkan. Lagu itu terlalu depresi, kata mereka. Pelarangan baru dihapus pada 2002.
Lepas dari segala pelarangan yang diberlakukan, “Gloomy Sunday” tetap menginspirasi banyak orang. Kalau para musisi, terinspirasi untuk menyanyikan lagu ini kembali. Hingga kini, sudah banyak musisi yang me-recycle“Gloomy Sunday”, seperti Genesis (1968),  Sinead O’Connor (1992), Sarah McLachlan (1996), Sarah Brightman (2000), sampai Bjork. Sementara, sisanya, “Gloomy Sunday” mungkin (masih) menginspirasi untuk membunuh diri mereka sendiri.Entah ada kaitannya atau tidak, pada Januari 1968, 35 tahun setelah merilis “Gloomy Sunday”, Rezső Seress juga membunuh dirinya. Ketika melompat dari jendela apartemennya di lantai 8 di Budapest tidak berhasil membunuhnya, ia kemudian mencoba bunuh dirinya dengan kawat. Alasan resmi yang beredar kemudian, “Mr. Seress complained that the success of Gloomy Sunday actually increased his unhappiness, because he knew he would never be able to write a second hit.” Adakah yang lebih sedih daripada ini?

Jika berkenan, mohon timpuk TS pkai emoticon-Cendol (S) ya gan
Tpi, jika kurang menarik, tolong jangam timpuk TS emoticon-Bata (S)

Sumber :
http://renjanatuju.wordpress.com/201...gloomy-sunday/
Diubah oleh awesome4 20-04-2014 02:05
0
8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.