Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masquatorAvatar border
TS
masquator
Ternyata Menara Eiffel Pernah Kebanjiran Gan!
Halo agan dan aganwati...

emoticon-Shakehand2

Maturnuwun dan Selamat menikmati emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for No Repsol gan:

Ternyata Menara Eiffel Pernah Kebanjiran Gan!

Berawal dari nonton kartun Monster In Parisyang bikin ane sadar kalau Eiffel keliatan kerendem banjir dan juga pas dengerin alunan suara Lucille yang menyanyikan La Seine yang berarti The Seine atau sungai Seine -ini ngapain ada lagu pake nama kali-, walhasil ane sempet nyari-nyari masalah banjir ini walaupun dalam beberapa scene di filmnya juga sedikit-sedikit dijelasin sih tapi gak gamblang. Inilah rangkuman hasil pencarian ane…

Spoiler for Banjir Eiffel di Film:
Spoiler for La Seine Song:
Spoiler for La Seine versi asli:


La Seine adalah sungai yang melintasi ibukota Perancis, yaitu Paris. Dengan panjang 776 Km, Sungai ini membelah kota Paris menjadi dua bagian yang dalam bahasa Perancis disebut dengan istilah la rive droite ("tepi kanan") dan la rive gauche ("tepi kiri"). Yang dimaksud dengan tepi kanan adalah Paris Utara dan tepi kiri adalah Paris Selatan. Sungai Seine adalah salah satu kawasan wisata kota Paris dan telah dikomersialkan untuk transportasi air.
Spoiler for Seine River:

Film Monster in Paris bersetting tahun 1910 yang menunjukkan adanya banjir sungai Seine, selain tahun 1910 ternyata Seine juga pernah banjir di tahun 2013, 1000, 976 SM dan 1389. Pada akhir Januari 1910 sungai ini meluap karena curah hujan yang sangat tinggi selama berbulan-bulan dan menggenangi sebagian tengah Paris. Luapannya sebagian besar tidak sampai melewati batas bantaran sungai tapi menggenangi kota dengan cara memenuhi terowongan, selokan dan saluran air hingga kemudian naik keatas dan membanjiri Paris. Karena sistem penampungan air yang kurang bagus dibandingkan Paris, kota-kota bagian timur dan barat seputaran Paris terkena dampaknya yaitu luapan air yang langsung keluar dari sungai hingga menyebabkan banjir yang cukup parah.
Spoiler for Peta Banjir:

Pada tanggal 21 Januari 1910 Seine mulai meluap sampai puncaknya yaitu 10 hari kemudian, dimana air mencapai ketinggian maksimum pada 8,62 meter, sekitar 6 m di atas batas banjir normal. Saat itu ribuan warga Paris dievakuasi dari rumah mereka karena air mulai menggenangi bangunan dan jalan-jalan di seluruh kota dan mematikan banyak infrastruktur Paris . Mulai dari polisi, pemadam kebakaran, dan tentara menyusuri jalan-jalan yang tergenang air dengan kapal untuk menyelamatkan penduduk yang terjebak di lantai dua dan mendistribusikan bantuan. Pengungsi berkumpul di tempat penampungan sementara di tempat ibadah, sekolah, dan bangunan pemerintahan. Meskipun air terancam meluap melewati puncak dinding dermaga pada batas garis sungai, ahli-ahli teknik Paris mampu menjaga batas Seine dengan tanggul dan parit yang dibangun secara terburu-buru.
Spoiler for Kondisi Saat Banjir:
Spoiler for Evakuasi:
Spoiler for Pembangunan Tanggul dan Parit Darurat:

Setelah air membanjiri rel stasiun kereta api Gare d’Orsay, luapan mulai diprediksi naik hingga batas satu meter. Agar warga dapat terus bergerak di tengah banjir, warga bepergian dengan perahu yang disediakan pemerintah atau melewati trotoar kayu yang dibangun di seluruh kota oleh para insinyur pemerintah dan oleh masyarakat Paris sendiri. Perkiraan kerusakan banjir mencapai sekitar 400 juta franc, atau $ 1,5 miliar menurut nilai saat ini. Banjir berlangsung hampir seminggu. Tidak ada laporan kematian, dimungkinkan karena kenaikan tinggi air yang bertahap dan tidak tiba-tiba. Tinggi air mencapai puncaknya setelah 10 hari dan setelah 35 hari banjir surut sepenuhnya.
Spoiler for Trotoar Kayu:
Spoiler for Kondisi Eiffel:
Spoiler for Foto Unik:

Tambahan gan, buat yang penasaran sama La Seine..Monggo disimak emoticon-2 Jempol
Spoiler for Sekilas Seine:
Spoiler for Sumber:

Terima Kasih sudah berkenan mampir di trit ane yang sangat nubie iniemoticon-Malu
0
3.1K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.