Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fauzanafif99Avatar border
TS
fauzanafif99
Dijamin Anti Mainstream : Wisata Pulau Langka di Indonesia
Di negeri kepulauan yang mencakup lebih dari 17.000 pulau, selalu ada saja pulau-pulau mempesona yang belum kamu kunjungi di Indonesia. Sudahkah Agan mendengar tentang wisata pulau langka di Indonesia berikut ini?

Moyo & Satonda

Spoiler for Moyo island:

Moyo mungkin sudah bukan destinasi yang terlalu langka setelah dikunjungi sejumlah selebritas dan bangsawan internasional. Untuk ke sana tinggal naik speedboat 20 menit dari Sumbawa Besar di NTB. Moyo dikenal untuk bentang alamnya yang memukau, baik di darat maupun di laut. Liburan di sini identik dengan petualangan dalam hutan lebat sambil mengamati burung dan berenang di sungai-sungai dan air terjun bening menyegarkan. Lautnya juga menyediakan banyak penyelaman unik seperti di takat segele, pulau kerikil sangat kecil dengan tembok terumbu karang di bawahnya.

Di sebelah Moyo ada Satonda, pulau yang baru terbentuk tahun 1815 oleh letusan Gunung Tambora di Sumbawa. Pulau yang subur dan berbentuk donat ini “bolong” dengan danau air asin seluas 400 hektar, yang oleh beberapa ilmuwan dikatakan menyerupai miniatur laut purba. Gunung Tambora nampak dari sisi baratdaya danau pada hari yang cerah. Cobalah selam lumpur di teluk sambil mencari clown frogfish yang langka. Kalau akan bertualang ke darat, jangan lewatkan kunjungan ke gua kelelawar. Satonda yang masih terlindung dari jamahan teknologi modern ini merupakan wisata pulau langka di Indonesia yang menenteramkan jiwa. Untuk menuju ke sana bisa naik speedboat dari desa Nangamiro, Pekat, Dompu.

Kepulauan Banggai

Spoiler for Kepulauan Banggai:

Terletak lepas pantai Luwuk di ujung timur Sulawesi Selatan, pulau Banggai dan Peleng dulu dikenal pada masa jayanya sebagai pusat Kerajaan Benggawi yang berperang melawan Portugis. Benggawi berbeda dari kerajaan Nusantara lain pada umumnya karena raja dipilih secara demokratis dari rakyat yang dianggap mampu, tanpa membeda-bedakan kelasnya.

Reruntuhan benteng-benteng kolonial dan museum dalam keraton tua bersahaja membuat wisata pulau langka di Indonesia ini kaya akan sejarah. Namun tentu tetap banyak atraksi bahari yang menjadi ciri khas wisata pulau langka di Indonesia, seperti peternakan mutiara dan situs selam yang memamerkan keanekaragaman hayati langka seperti Banggai cardinalfish (Pterapogon kauderni). Di daratan Peleng juga banyak kegiatan menyenangkan seperti mengamati burung-burung lokal dan berenang di Mata Air Luwuk Panenteng.

Mau tahu daftar-daftar yang lain? Sabar, bisa ditemukan di sini
Yuk langsung rencanakan liburan, akhir tahun dah deket Gan emoticon-Traveller
0
2.1K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.