sepedaantikAvatar border
TS
sepedaantik
Ayo mari belanja yang hemat(tips dan trik)
Spoiler for triks:


pagi gan,ane mau sedikit sharing tips belanja hemat versi ane
langsung aje...agan pasti sering mengalami, dari rumah berniat ke Supermarket untuk belanja bulanan, sampai di tempat tujuan, tanpa terasa Anda malah membeli barang-barang yang diluar perencanaan. Sampai rumah Anda kaget melihat betapa banyak barang yang sebetulnya Anda kurang perlu, dan betapa banyak pengeluaran ekstra Anda untuk belanja bulan ini.

Berikut tips-tips yang mungkin bisa membantu untuk menghindari hal-hal di atas;

1. Makan dulu sebelum pergi berbelanja.

Seringkali ketika berbelanja dalam keadaan lapar dan haus, Anda akan membeli produk-produk makanan/minuman lebih banyak dari yang diperlukan. Makan secukupnya sebelum berbelanja dan bawalah bekal minum dari rumah.

2. Buat perencanaan batasan waktu berapa lama akan berbelanja

Dengan suasana senyaman Supermarket, waktu belanja yang tidak dibatasi akan membuat Anda merasa betah berlama-lama. Semakin lama Anda berada di dalam Supermarket, semakin besar keinginan Anda untuk terus menimbun isi keranjang belanja Anda.

3. Buat list daftar belanja, dan patuhi daftar tersebut

Ini adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Dengan membuat daftar belanja, Anda akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak perlu, atau terlupa membeli barang yang sebenarnya penting.

4. Perhatikan harga setiap barang yang akan dibeli.

Belilah barang yang memang biasa Anda beli. Jangan mudah terpancing dengan promosi jenis barang yang sama dengan merek berbeda. Kadang harga yang lebih mahal belum tentu memiliki kualitas yang lebih bagus dari yang biasa Anda pakai. Perkirakan harga total sebelum ke kasir, jika harga meliebihi budget, jangan ragu untuk mengurangi belanjaan anda.

5. Usahakan tidak membawa anak kecil.

Kalau Anda terbiasa mengajak anak Anda berbelanja ke Supermarket, sebaiknya titipkan anak Anda (bersama pengasuh, tentunya) di lokasi bermain saja. Rata-rata Supermarket sekarang memiliki area bermain untuk anak-anak. Karena selain merepotkan, membawa anak kecil ke Supermarket akan menambah bengkak budget belanja Anda dengan permintaan untuk jajan dan mainan yang sulit Anda tolak.

6. Bawa uang secukupnya sesuai dengan daftar list belanja.

Pisahkan semenjak dari rumah, uang untuk belanja dan ongkos. Sebaiknya tidak membawa kartu kredit sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk berbelanja melebihi budget yang sudah Anda tentukan sendiri.

7. Jangan terpengaruh dengan tulisan obral atau diskon besar-besaran.

Obral atau Diskon besar-besaran memang sangat menggoda. Kadang kita jadi kurang memperhatikan apakah harga yang didiskon itu memang jauh lebih murah dari harga aslinya? Kebanyakan barang yang didiskon sudah dinaikkan dulu dari harga asal. Jangan mudah tergoda. Teliti dan cermat sebelum membeli, sebaiknya tidak membeli barang diskon di saat itu juga. Kembalilah di keesokan hari apabila memang Anda merasa benar-benar membutuhkan barang yang didiskon tersebut, dan harga yang ditawarkan memang terbukti jauh lebih murah dari harga aslinya.

8. Fokus dengan apa yang sudah direncanakan akan dibeli.

When you're in the supermarket, stick to your shopping list. Langsung menuju rak-rak yang menyediakan kebutuhan Anda, jangan pergi ke section yang tidak tertera dalam daftar belanja. Kurangi keinginan untuk 'sekedar melihat-lihat' karena tanpa sadar Anda akan merasa memerlukan barang-barang tersebut, dan tergoda untuk membelinya saat itu juga.
Jangan lupa

Komennya gan

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0
2.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.