Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pheypinAvatar border
TS
pheypin
Yang salah dengan Pendidikan Indonesia
Yang salah dengan Pendidikan Indonesia

Yang salah dengan Pendidikan Indonesia


PENDIDIKAN INDONESIA


Apakah Salah / Ngawur ..??
Langsung aja
Yang salah dengan Pendidikan Indonesia


Apakah Cukup penting, Sangat penting, Kurang penting, Penting gak penting emoticon-NgakakPendidikan di Indonesia...???
kalo menurut ane cukup penting, cukup ya gak pake BUUANGET.
Kenapa ane bilang cukup ? karena ane ngrasa ada kekeliruan Pendidikan di Indonesia, bisa dibilang NGAWUR ( salah kaprah ) emoticon-Cape d... (S)
Di indonesia, pendidikan wajib hanya sembilan tahun. Sedangkan pendidikan di Jepang terdiri dari sistem 6-3-3-plus yaitu enam tahun sekolah dasar, tiga tahun SMP, dan tiga tahun SMA, plus 2 sampai 4 tahun kuliah atau universitas; 1 sampai 4 tahun kuliah pelatihan khusus ( special training college ). Sembilan tahun pendidikan pada sekolah dasar dan SMP adalah wajib ( usia 6 sampai 15 tahun ), dan tidak dikenakan biaya sekolah selama periode ini. Semua anak yang telah mencapai usia 6 tahun pada 1 April tahun ajaran tersebut layak untuk mendaftar pada tingkat pertama di sekolah dasar.
Kenapa di Indonesia di Pungut Biaya yang guedenya pake banget dari SD - SMA atau pun Perguruan Tinggi.



Next =

1. Kita mulai Pendidikan dari SD ( Sekolah Dangkal Ehh Dasar Maksudnya ) emoticon-Ngakak

Di Indonesia menurut ane, terlalu memaksakan anak SD mempelajari mata pelajaran yang begitu banyak dan tidak terlalu penting. seharusnya ditingkat dasar atau SD lebih mementingkan Kepribadian / tingkah laku si anak. Potensi yang seharusnya bisa dilihat menjadi tertutup oleh banyaknya tugas / mata pelajaran khususnya teori. Di JEPANG anak SD lebih diajarkan pelajaran yang berbentuk keterampilan atau praktek, dari 100 % , 20 % diantaranya teori sisanya 80 % adalah praktek. Alhasil si guru bisa mengetahui potensi / bakat dari anak didiknya, walaupun baru sekedar tindakan kecil. dan sedangkan di INDONESIA keterampilan yang diajarkan saat SD antara lain :
- Membuat asbak dari Tanah liat ( Lempung )
- Membuat kapal-kapalan dari Kertas
- Senam Sehat di Hari jum'at.
- Membuat topi ultah dari karton atau Koran.
apa cuman itu keterampilan anak anak Indonesia, apa ada sekarang orang Indonesia menjadi pembuat ASBAK atau kapal Kertas / Pesenam / pembuat topi Ultah emoticon-Ngakak terkenal di Dunia. . .?
Gak ada kan. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sedangkan di JEPANG,
Di sekolah dasar, murid belajar Bahasa Jepang, Pelajaran lingkungan hidup, musik, menggambar dan kerajinan tangan, ilmu sains, ilmu-ilmu sosial, aritmatik, homemaking, dan pelajaran kesegaran jasmani. Mereka juga akan menerima pelajaran pendidikan moral, berpartisipasi dalam aktivitas sosial, dan pelajaran-pelajaran topik ( topic studies ).
jauh banget sama di Indonesia ya bos emoticon-Sorry emoticon-Sorry


2. SMP ( Sekolah Menengah Plin-Plan ( Pertama ) ) emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Di SMP kita mulai dicekokin banyak materi, yang ada cuman pada Bingung seakan akan otak kita diPaksa kuat untuk menguasai semua MAPEL. dan lagi-lagi keterampilan masih dipandang sebelah mata, intinya murid harus menguasai MAPEL yang penuh dengan teori dan Praktek hanya 10 % saja

Sedangkan di JEPANG
Murid SMP belajar Bahasa Jepang, ilmu-ilmu sosial, matematika, ilmu-ilmu sains, musik, kesehatan dan pendidikan jasmani, seni industri, dan homemaking, dan bahasa asing. Mereka juga akan menerima pelajaran pendidikan moral, berpartisipasi dalam aktivitas sosial, dan pelajaran-pelajaran topik ( topic studies ). Hampir semua sekolah mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa asingnya.
wah manteb tuh gan, pantes aja Maju, lah bagaimana dengan INDONESIA. Tanya Kenapa . .?? emoticon-Najis
emoticon-Najis

3. SMA ( Sekolah Menengah Au ah ( Atas ) )

Di Jepang anak SMA sudah mempunyai Potensi besar, gak kaya di Indonesia masih pada bingung mw jadi apa, emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S) alhasil cuman bisa modal ijasah yang mentok mentok kerja di PT. atau Karyawan, yah ini menurut ane sia sia gan, ngapain lama lama sekolah kalo ujung-ujungnya jadi Karyawan. Kadang ada juga yang Banyak yang memiliki potensi tinggi, tetapi di Indonesia tidak di hargai, khususnya kota ane gan., PEMALANG IKHLAS yang pinter hafalan doang, yang di Puja-puja.

4. Perguruan Tinggi

Kayaknya gak usah ane jelasin gan, dari bawahnya aja kagak jelas, apalagi ini, cuman bikin Stres buat orang kaya ane.
Intinya kenapa di Indonesia PENDIDIKAN yang katanya Nomer 1 sangat penting, koq sistem pendidikannya kaya gini. sama aja bohong dong.

Siapa yang harus merubah semua ini, PRESIDEN.....? atau GM Kaskus...? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak gak tau lah.
intinya ane cuma mw PENDIDIKAN di INDONESIA itu yang benar, PAS Komposisinya. ibarat kopi gak terlalu Pait gak terlalu manis.
Apakah agan Setuju ...??? emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Apakah nantinya pendidikan Indonesia bisa benar dan Logis ..??emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Cape d... (S)
Menurut ane yang bisa merubah Pendidikan Indonesia hanya Allah SWT.
nyok amint bareng bareng

Ammmiiiiiinnnnnnn


Sekian dari ane gan.
Sampe jumpa lagi. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Tolong bata ane kalo salah emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Polling
0 suara
Selamat Datang
Diubah oleh pheypin 14-10-2013 14:18
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.