News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5237fa1cbfcb179f12000022/mari-mengenal-profesi-dokter-militer
Salam kenal gan, ane mau sedikit sharing tentang dokter militer, dimana seseorang mempunyai 2 fungsi selain profesinya sebagai seorang dokter dan fungsinya sebagai
Lapor Hansip
17-09-2013 13:43

Mengenal Profesi Dokter Militer

Mari Mengenal Profesi Dokter Militer


Salam kenal gan, ane mau sedikit sharing tentang dokter militer, dimana seseorang mempunyai 2 fungsi selain profesinya sebagai seorang dokter dan fungsinya sebagai seorang tentara.


Quote:
Quote:
REKRUTMEN

Quote:
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer


Dulu kita kenal istilah wajib militer tp ane lupa tahun berapa berganti menjadi perwira karir sampai sekarng, dulu ketika jaman wajib militer seorang dokter yang baru lulus mendapat surat untuk wajib mengikuti wajib militer untuk memenuhi formasi kesehatan militer, dibeberapa negara banyak yang masih menerapkan sistem ini setelah memenuhi kewajiban militer mereka bebas memilih mau kembali menjadi masyarakat sipil atau meneruskan karir militernya menempati jabatan2 strategis di kesehatan militer. Sekarang sistem rekrutmen berubah menjadi perwira karir dimana seorang dokter secara sukarela mendaftarkan diri untuk menjadi personel militer dan berkarir di militer, sebelum mereka pendidikan mereka harus mengikuti persyaratan2 tes dan harus lulus tes seperti proses rekrutmen pada umumnya, tahap kesehatan, jasmani, psikotes, mental ideologi. Setelah dinyatakan lulus mereka berhak mengikuti pendidikan militer.




Quote:
Quote:
PENDIDIKAN MILITER

Quote:
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer


Mereka akan dididik secara disiplin militer bersama2 dengan calon2 perwira karir lainnya dari sumber sarjana yang lain di kawah Chandra dimuka Akademi Militer Magelang selama 7 bulan. Selama 7 bulan dididik militer mereka di perkenalkan tentang persenjataan, kehidupan militer, hirarki militer agar menjadi Perwira TNI yang tangguh dan berbakti pada Nusa Bangsa. Setelah melewati 7 Bulan akan dilantik menjadi perwira TNI AD, AL, AU. Dengan pangkat Letnan Dua. Setelah dilantik menjadi Letnan Dua atau perwira remaja, para perwira dari 3 Angkatan ini akan berpisah dan menjalani pendidikan lagi sesuai Matra masing2 atau biasa di kenal dengan nama Sarcab (Dasar Kecabangan) selama 3-5 bulan. Untuk TNI AD akan menjalani pendidikan di Pusdikes TNI AD Kramat Jati Jakarta, TNI AL pendidikan di Kobangdikal Moro Krembangan Surabaya, TNI AU di AAU Yogyakarta, selama 3-5 bulan akan dididik sesuai kematraan masing2 atau tradisi masing2 Angkatan dan profesinya. Setelah mereka selesai menjalani pendidikan Sarcab (Dasar Kecabangan), Para perwira remaja ini akan siap memasuki penempatan dan medan penugasan.




Quote:
Quote:
PENUGASAN MILITER

Quote:
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer


Pada penempatan dan penugasan ini, perwira remaja ini akan disebar menempati posnya di berbagai macam satuan-satuan di lingkungan TNI. Contoh untuk dokter TNI AD akan menempati satuan-satuan TNI AD seperti Kopasus, batalyon-batalyon Kostrad, Rindam dan fasilitas kesehatan TNI AD seperti Rumah Sakit AD. Untuk TNI AL seperti di Pangkalan-pangkalan TNI AL, batalyon-batalyon Marinir dan Fasilitas kesehatan TNI AL seperti Rumah Sakit AL. Untuk AU di Pangkalan Udara TNI AU, Skadron Tempur TNI AU, batalyon-batalyon Paskhas dan Fasilitas kesehatan TNI AU. Berbagai macam penugasan akan dialami para dokter2 militer disini, tidak hanya bertempur dan mengobati anggota2 militer para dokter juga akan banyak melakukan Bakti Sosial yang bisa dilakukan di setiap daerah di Indonesia, tidak lupa pada saat bencana alam dokter2 militer ini akan masuk pertama kali kedaerah yang tertimpa bencana alam untuk dapat memberikan pertolongan yang cepat kepada para korban sesuai dengan Tugas TNI yang selalu hadir dalam membantu korban bencana secara cepat, dan profesional. Selain itu banyak juga penugasan tidak hanya dalam negeri sesuai dengan politik Indonesia yang bebas aktif, dalam menjaga perdamaian dunia para dokter2 militer juga mempunyai kesempatan untuk tergabung dalam pasukan perdamaian PBB atau Pasukan Garuda, sungguh membanggakan bisa ikut dalam pasukan ini, dan pengalaman yang sangat berharga bisa keluar negeri membantu sesama.




Quote:
Quote:
KARIER KEDOKTERAN

Quote:
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer


Untuk karir kedokteran para dokter sesuai dengan prestasi, senioritas, masa dinas dan kepangkatan diberikan kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Dokter Spesialis yang dibiayai oleh negara. Dan ketika sudah spesialis nanti mereka akan tetap membaktikan ilmunya untuk negara dan setau ane juga selama diluar jam dinas dan seizin atas boleh berpraktek diluar sesuai keahlian masing2.



Sekian gan sharing ane tentang dunia Kedokteran Militer kalo ada salah ane minta koreksi berbagai sumber ane kumpulkan dari pengalaman, browsing dll. Negara dan bangsa menanti dharma baktimu.

emoticon-I Love Indonesia

pendidikan dasar magelang

latihan rutin

dokter marinir

dokter Marinir dan dokter USMC

dokter Pasukan Garuda

dokter TNI AD

dokter TNI AL

dokter AU

dokter TNI AU

Sarcab

memeriksa tentara asing

dokter Kopasus

dokter TNI AD





Quote:
Diubah oleh vitawulandari
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
militer-dan-kepolisian
Militer dan Kepolisian
1.2K Anggota • 2.2K Threads
Halaman 2 dari 17
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:06
woow hebaaatt emoticon-Belo
maju terus pak / bu dokter emoticon-Big Grin
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:07
pengalaman pribadi sbg istri dokter tentara. ga gampang karena smua pekerjaan suami 24x7. dia jg dikirim2 ke daerah utk mendukung tugas. sama2 manggul senjata, sama2 ikut samapta yg berat bareng akmil utk kenaikan pangkat. huhuhu mau sekolah spesialis jg byk kendala.. doakan gan
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:09
mantep keren gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:21
keren bgt gan,,udah dokter,,militer pl...emoticon-2 Jempol
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:25
Quote:Original Posted By BingkuangBusuak
paragraph nya kasih space aja gan. Biar enak bacanya.
TS pasti ad ya?

Iya gan maklum nubi berantakan makasi saranny gan, hehe ane cm ngumpulin info aj bwt sharing. Kl agan pasti ud jadi y? Boleh gan sharingny

0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:42
Quote:Original Posted By mahointhehouse
terus klo mau daftar jadi dokter militer prosedurnya bijimane gan ? emoticon-Betty

Prosedurnya skr ada 2 gan

1.agan daftar setelah lulus gelar dokter ke kodam/kodim atau pangkalan AL atau AU terdekat

2.agan daftarnya ketika masih kuliah/koas di TNI ada program mahasiswa beasiswa TNI, nanti kl dinyatakan lulus agan akan diberi beasiswa sampai menyelesaikan gelar dokterny. Setelah mendapat gelar/lulus dokter agan akan lgsg ditarik mengikuti pendidikan dasar militer di Akmil Magelang.

CMIW
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 14:56
emoticon-Ngakak jadi inget dulu tahun 80 an kalau didaerah terpencil ditangani ama dokter dari militer, kalau nyuntik alat suntiknya dilempar gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 15:04
gan, update dong, gaji dokter militer berapaan ya emoticon-Kissemoticon-Kiss
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
17-09-2013 16:11
Quote:Original Posted By uangkul
gan, update dong, gaji dokter militer berapaan ya emoticon-Kissemoticon-Kiss

Buat range gaji pangkat Letnan Dua sama seperti PNS gol IIIA gan. Mgkn nanti disini ada agan2 yg mau memberikan pencerahan

0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
28-09-2013 09:59
Quote:Original Posted By ratuchantique
pengalaman pribadi sbg istri dokter tentara. ga gampang karena smua pekerjaan suami 24x7. dia jg dikirim2 ke daerah utk mendukung tugas. sama2 manggul senjata, sama2 ikut samapta yg berat bareng akmil utk kenaikan pangkat. huhuhu mau sekolah spesialis jg byk kendala.. doakan gan

Sharing donk sis gmn kehidupannya kedepanny
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
28-09-2013 10:01
ane baru tau gan nice inpoh
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
28-09-2013 10:07
keren gan....
anak cewe ane bercita-cita jadi dokter, tapi juga pengen jadi tentara spt alm.kakungnya. Ane bilang: kakak belajar yg pintar ya, trus masuk sekolah kedokteran, kalo udah lulus, daftar deh jd tentara :-)
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
02-10-2013 12:39
Gan fyi skr lg buka pendaftaran perwira karir
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
07-10-2013 14:22
Bismillah mudah2an ane bs lulus pa pk tni tahun ini, cita2 ane dari dulu ingin jd dokter militer
Amiin
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
07-10-2013 14:32
gelar tikar doeloe ijin baca2, panjaang bgt gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
07-10-2013 14:39
Bokap ane gan, Dokter AD...
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
12-10-2013 16:53
Nyimak gan yee....
Bisikin Gajinya dong gan.. hehe....
Naik pangkatnya berapa tahun sekali ya gan ?
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
09-12-2013 15:00
nais inpoh gan
0 0
0
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
16-12-2013 15:58
Quote:Original Posted By nana.bocil
gelar tiker dulu dah gan


emoticon-Matabelo
0 1
-1
Mari Mengenal Profesi Dokter Militer
14-01-2014 01:15
jadi inget sama adiknya kakek yang udah almarhum, dulu dia dokter yang masuk TNI, kalo ngga salah AD. Pangkat terakhirnya kalo ga salah Letkol apa Kolonel gitu lupa.....

anaknya, keitung om ane lah, juga sama, dia dokter spesialis saraf dan masuk TNI AD juga.

dwifungsi ini terhitung unik juga. Tadinya ane pikir om dan opa ane itu ngga boleh kerja selain di lingkup TNI aja, ternyata boleh. Om ane juga kerja di RS swasta kalo ngga salah.

*Oh ya, dibelakang pangkat mereka, ada tulisan CKM, yang artinya pembina kesehatan prajurit (mungkin singkatan dari Corps Kesehatan Militer kali ya)
Diubah oleh Shogun110tromol
0 0
0
Halaman 2 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia