• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Karya VIDEO MAPPING anak muda Bandung menghiasi Festival Seni di Jepang!

kazuhirooAvatar border
TS
kazuhiroo
Karya VIDEO MAPPING anak muda Bandung menghiasi Festival Seni di Jepang!
Hot News Gan!

"Ini adalah penampilan tahun lalu yang membuka jalan bagi kami tahun ini," tutur Adi Panutun, pendiri dan direktur Sembilan Matahari, saat ia mulai bercerita tentang keterlibatan perusahaannya dalam festival ini kepada The Travel Jakarta Post melalui online chat.





Zushi Media Art Festival ( ZMAF ) kini memasuki tahun keempat. Festival ini bertujuan untuk menampilkan bentuk seni yang baru, berbeda dengan lukisan biasa, patung dan instalasi yang satu mungkin sering temui di galeri seni atau museum.



Sebaliknya, ia menekankan penggunaan video, komputer, digital, interaktif, dan informasi sebagai fokus dalam menciptakan seni, disajikan di tempat di mana kehidupan sehari-hari berlangsung , jauh dari batas-batas museum atau galeri.


Tahun lalu, Sembilan Matahari, sebuah perusahaan designed-film yang berbasis di Bandung, meraih Grand Prize di Zushi Media Art Festival untuk 1 Menit Kompetisi Internasional Projection Mapping.

Projection Mapping, atau Video Mapping, adalah metode memproyeksikan visual ke sebuah permukaan, biasanya façade bangunan, untuk membuat sebuah tampilan yang dinamis.



"Seperti pemenang Grand Prize tahun sebelumnya, kami diminta untuk menyajikan sesuatu tahun ini," tutur Adi.




Menurut Sembilan Matahari, tahun lalu mereka menciptakan karakter burung merak untuk mewakili Jawa Barat.

Merak melakukan perjalanan panjang dari Jawa Barat sampai ke Jepang untuk bertemu karakter ramah lainnya, yang menggambarkan orang-orang di Zushi yang mengundang mereka.

Proyek Video Mapping, berjudul "Warm Hug From West Java", rupanya mencuri hati banyak orang , termasuk para juri.

Berdasarkan cerita tahun lalu, Sembilan Matahari sekarang ingin berbagi cerita pribadi mereka dan pengalaman untuk memberikan makna yang lebih dalam melalui Video Mapping mereka.

Merak kini bergabung dengan karakter lucu di petualangan menjelajahi laut, hutan, gua, dan ruang. Secara bersamaan, dua karakter item yang pada akhirnya, digunakan sebagai bahan untuk membuat kue besar .

"Kue raksasa hadiah khusus untuk Zushi Media Art Festival 2013 dari Sembilan Matahari" demikian pernyataan dari rilis mereka.



Tahun ini, proyek Video Mapping mencari cara untuk menyajikan hubungan lintas budaya antara masyarakat Jepang dan Indonesia. Instrumen tradisional Indonesia gending dan angklung untuk dikombinasikan dengan musik modern untuk mengiringi penampilannya.





Adi Panuntun sendiri diminta untuk bergabung dengan para juri dari Kompetisi Video Mapping kecil dan juga menjadi salah satu dari lima juri untuk 1 Menit Kompetisi Internasional Projection Mapping juga, bersama dengan walikota Zushi.



Pertunjukkan Video Mapping yang dipersembahkan oleh Sembilan Matahari ini diadakan di gedung Sekolah Dasar yang berlokasi di Zushi pada 6 Oktober 2013, mendapatkan banyak tepuk tangan dan sambutan meriah dari penonton.




ZMAF 2013 diadakan di beberapa tempat di seluruh kota kecil ini seperti Zushi City Culture Plaza, Sekolah Dasar Zushi, Civic Exchange Center, dan Festival Park dari 27 September sampai 6 Oktober 2013 .



Program festival meliputi 1 Menit Kompetisi Internasional Projection Mapping, Graffiti Mapping of Light , Kompetisi kecil Video Mapping, Android Play atau Pentas Theater, dan Machinaka Media Art yang ditampilkan di beberapa titik kota.



emoticon-2 Jempol


Sumber : http://www.jakpost.travel/news/bandu...iF93o8rHL.html

For More info Sembilan Matahari : http://www.sembilanmatahari.com/home/
Sembilan Matahari Projects : https://vimeo.com/sembilanmatahari
0
2.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.