velvet.incAvatar border
TS
velvet.inc
8 Hal Penting yang sering dilupakan agan saat mau Travelling
Setelah sukses HT dengan thread INI. Dan jadi banyak kaskuser yg sadar bahwa mereka butuh travelling.

Nah Saatnya mempersiapkan apa-apa saja yang sering dilupakan (padahal penting banget!!) saat mau travel:


A. PERSIAPAN TRIP AGAN

1. Jgn lupa print semua itinerary yang sudah anda buat dan konfirmasi tiket pesawat agan-agan, lalu keep bersama paspor dan dokumen-dokumen penting lainnya. Jangan bergantung penuh dengan koneksi internet atau electritity dengan sok-sok simpen di Laptop atau hp anda.

KISAH NYATA: Saya sudah pernah hampir ketinggalan pesawat saat di Phuket hanya karena sok-sok mau “tech savy”dengan menyimpan semua data di hape saya, pada akhirnya hape low bat, airportnya tidak ada internet, dan yg paling parah, counter check in airline nya Cuma mau proses dgn hardcopy bukan cuma softcopy.


2. Simpan copy paspor anda dan jangan pernah taruh credit card agan-agan di tempat yang sama dengan KTP agan-agan, sekali hilang atau rusak atau terbakar, habislah semua.


B. KEUANGAN AGAN
1. Selalu catat pengeluaran Agan-agan saat travelling, jangan sampe sebelum waktu travelling habis, uang agan-agan sudah habis. Biasanya yang bahaya itu yang pengeluaran-pengeluaran kecil gan. Contohnya: Street food, souvenir, tiket kereta, uang tip supir dll, kecil-kecil lama-lama jadi gede.


2. Usahakan minimalisir gesek kartu kredit di luar negeri apalagi tarik tunai dari mesin ATM. Bisa kena charge 11-15% dari nilai yang agan tarik (PERAMPOKAN SECARA TIDAK LANGSUNG) .. Lebih baik tuker di money changer sebelum berangkat, kelebihan lebih baik daripada kekurangan, kalo lebih, uangnya bisa dituker lagi di airport atau jadi koleksi memento agan-agan.


C. SAAT DI NEGARA TUJUAN
1. Banyakin keluar gan dari hotel untuk jalan-jalan di sekitar, banyakin interaksi dengan orang-orang sekitar, terutama tukang jualan makanan, front office hotel kamu, untuk dapet informasi-informasi yang ga akan kamu dapetin di buku-buku travel. Inget motto: ‘BERTANYALAH maka kamu akan DIJAWAB’. *Tanya nomor telpon front office gan sapa tau dijawab* emoticon-Ngakak


2. Don’t sweat the small stuff.. Jangan permasalahkan masalah-masalah kecil gan kalo di Negara orang. Yang ada nanti agan “dituncep atau ditikam atau dikeroyok”, belajar untuk “cincai” kalo di Negara orang.

KISAH NYATA: Saat di Male City, Maldives, tariff normal Taxi satu trip adalah USD 2.00-USD 3.00, ada satu taxi yang ketok saya USD 5.00 dengan berbagai macam alasan, saya complain sedikit, lalu akhirnya saya bayar USD 5.00. Agan mau tau kenapa akhirnya saya bayar? Muka supir taxi sudah berubah jadi ga seneng, kalo saya terus ributin masalah uang kecil itu, mungkin mayat saya udah ngambang di laut Maldives gan, jadi makanan ikan..


3. Saat travel sendirian, lalu minta tolong orang yang lewat untuk fotoin kamu, pastikan orang itu badannya “gendut”, “lebih lemah kelihatannya dari kamu”, atau paling aman minta tolong cewe kantoran atau cewe yang udah agak tua. Karena supaya apa? Supaya kalo dia bawa kabur kamera agan, agan bisa kejar balik, atau kalo dia ajak ribut, agan seenggaknya bisa ada kemungkinan menang dan ambil balik kamera agan..

KISAH NYATA: Sore itu di Moscow, saya sudah capek jalan seharian, tiba di Arbatz road, saya minta tolong seorang anak muda fotoin saya, dia sudah atur posisi saya dengan bagus, lalu 1,2,3 kabur… untung saya pemaen bola, saya sprint saya dapetin balik kameranya, lalu saya dorong dia. Kalo bukan di Negara orang mungkin udah saya timpa gan pake balok itu orang.. Sejak saat itu, sekarang paling aman, minta tolong orang yg dengan kriteria fisik di atas..




4. Kecuali agan fotografer yang kumpulin portofolio, coba nikmatin deh view yang ada di depan agan, jangan Cuma poto-poto mulu pake teknik alay tingkat kemiringan kepala 45 derajat lah, bibir dimonyong monyongin lah dll.. Itu kebiasaan orang Asia gan, yang sering diketawain ama orang barat. Sampe satu tempat, mustinya kita enjoy view semua yg ada, ambil bbrp foto diri sendiri sudah cukup gan, agan travel kan untuk nikmati tempatnya bukan untuk narsis sendiri..

Ini poto yg saya ambil langsung saat lagi menikmati birunya pantai di Maldives.. Ada couple yang sepertinya gagal audisi jadi cover majalah di China, hingga akhirnya frustasi sehingga bergaya ala model majalah. Berkali-kali gan fotonya banyak bener! Mungkin satu SD Card habis kuotanya oleh poto mereka berdua aja..



Selamat Travelling,
Velvet.inc
Quote:


TS MENGAHARAPKAN:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)


dan

emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh velvet.inc 10-10-2013 10:07
0
2.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.