baikbrangasanAvatar border
TS
baikbrangasan
Bishi Bashi, masih ingat gan?
Selamat datang di trit perdana ane, ane pengen mengembalikan memori agan ke jaman PS1 dulu, dan yang pernah maen PS1 pasti pernah maen game yang satu ini. Yuk langsung disimak gan emoticon-Kiss
Spoiler for penampakan1:

Saya kira sebagian besar gamer setuju bahwa seyogyanya game memang diciptakan untuk menghadirkan sedikit atmosfer kesenangan bagi mereka yang memainkannya. Terlepas dari efek yang justru seringkali terjadi sebaliknya, game adalah sesuatu yang harus diakui diperlukan manusia untuk tetap menikmati hidup. Tetapi sayangnya, para pemaku kepentingan di industri game justru mulai melupakan hal yang essensial tersebut. Yang mereka pikirkan hanyalah bagaimana menghadirkan game dengan kualitas grafis sempurna, cerita yang kompleks, gameplay yang rumit, dan menjualnya sebanyak mungkin. Apakah kita sudah kehilangan arah?

Salah satu game yang menghadirkan kesederhanaan dengan gameplay paling menyenangkan dari semua yang saya pernah mainkan adalah BISHI BASHI SPECIAL. Game buatan Konami di tahun 2000 untuk Playstation ini mampu menghadirkan pengalaman bermain yang maksimal tanpa mengusung berbagai tetek-bengek yang berusaha dijual perusahaan game di masa kini. Sederhana, menyenangkan, adiktif, dan memorable adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan game ini.

Saya masih ingat bagaimana ketika game ini pertama kali masuk ke dalam koleksi Playstation dulu. Karena seringnya teman-teman sekolah menjadikan rumah saya sebagai tempat berkumpul, tidak ada yang lebih menyenangkan selain menjalin keakraban dengan memainkan Bishi Bashi Special bersama-sama. Suasana pun dipastikan selalu menyenangkan. Membicarakan masalah yang serius seputar pelajaran atau gosip-gosip kecil tentang romansa masa sekolah menjadi bumbu penyedap memainkan game ini. Game ini selalu menghadirkan tawa!


Spoiler for Penampakan2:

Bishi Bashi Special sebenarnya merupakan kombinasi dua buah game dalam satu disc permainan: Super Bishi Bashi dan Hyper Bishi Bashi. Pada dasarnya kedua game tersebut merupakan game yang serupa. Bagi yang belum pernah mengenal Bishi Bashi, game ini merupakan kumpulan-kumpulan mini game yang menghadirkan tema yang lucu dan yang pastinya mampu menghadirkan suasana kompetisi yang menyenangkan. Bishi Bashi terbagi atas 3 jenis permainan: permainan yang mengandalkan kecepatan, mengandalkan konsentrasi (warna), dan yang mengandalkan ketangkasan tangan. Semua hal tersebut dipadukan dengan gambar, pewarnaan, dan karakter yang boleh dikatakan konyol.

Spoiler for Penampakan3:

Super Bishi Bashiboleh dikatakan sebagai Bishi Bashi yang jauh lebih sederhana, kualitas gambar yang buruk, tanpa kehadiran karakter, dan jenis permainan yang lebih sedikit. Ada cukup banyak permainan yang membuat saya jatuh cinta dengan Super Bishi Bashi. Salah satu yang menjadi favorit tentunya permainan mengocok kaleng bir dan meluncurkannya ke angkasa. Kecepatan yang diperlukan untuk melakukannya memang adiktif, apalagi ketika Anda memainkannya bersama dengan teman-teman lain untuk sekedar kompetisi ringan. Permainan yang serupa seperti mengeluarkan isi pensil dan memacu mobil dengan tenaga soda juga mengusung gaya yang sama.

Spoiler for Penampakan4:

Hyper Bishi Bashiadalah pilihan utama saya ketika memainkan Bishi Bashi Special. Kita tidak sedang membicarakan tampilan grafis yang lebih baik, namun hadirnya karakter yang mempresentasikan player serta jenis permainan yang lebih jauh lebih banyak dibandingkan Super Bishi Bashi. Kekonyolan dan gelak tawa dibangun dari permainan-permainan yang terlihat kocak dan tak masuk akal. Ah..saya benar-benar jatuh cinta dengan game yang satu ini sampai sekarang.

Spoiler for Penampakan5:

Saya berani mengatakan bahwa Bishi Bashi merupakan game yang tidak bercela dan hampir sempurna. Ketika kita memainkan game seperti ini, kita tidak lagi memikirkan masalah grafis, soundtrack, dan sebagainya. Yang ada di otak hanyalah keinginan untuk bersenang-senang dan sekedar melepas stres melalui mini games yang ditawarkan oleh game ini. Memainkannya bersama orang lain membuat game seperti ini semakin menarik untuk dimainkan. Jarang sekali saya menemukan teman yang marah karena kalah berkompetisi di Bishi Bashi, yang terjadi malah lebih banyak tawa yang tercipta. Berbeda jika Anda memainkan game seperti Winning Eleven 4 misalnya, dimana saya pernah menemui teman yang memecahkan keping disc-nya karena terlalu sering kalah di Master League.
Spoiler for Penampakan7:

Implikasi serius memainkan Bishi Bashi Special hanya 2, yakni kehilangan sense of time dan hancurnya joystick yang digunakan. Mulai memainkan game berarti bersiap-siap untuk menghadapi dua masalah yang pasti terjadi ini. Anda akan lupa waktu dan mengeluarkan dana ekstra untuk membeli joystick yang baru. Beli stik palsu? Mungkin hanya akan berfungsi selama 6 jam ketika Anda mulai memainkan Bishi Bashi.

Mini Game Apa yang Termudah di Bishi Bashi?
Spoiler for Penampakan:

Hampir semua mini game memiliki gameplay yang mudah. Anda hanya perlu menekan beberapa tombol dengan tepat atau cepat, itu saja. Beberapa di antaranya memang membutuhkan konsentrasi tinggi, namun penggunaan warna tombol pada stick Playstation untuk memberikan clue sudah terhitung mempermudah semuanya. Favorit saya? Karate, Pie, dan Fishing. Saya menyukai semuanya.

Mini Game Apa yang Tersulit di Bishi Bashi?
Spoiler for Penampakan:

Walaupun hampir semua mini game yang ada mudah dimainkan, namun hingga saat ini ada dua buah mini game yang belum bisa saya kuasai. Yakni Perm dan Cook.

Di Perm, Anda akan berperan sebagai penari Afro yang sedang pentas di depan panggung. Sang instruktor memberikan instruksi melalui ketukan nada tertentu dan Anda harus mengikutinya dengan menekan tombol X secara berirama. Memainkan mini game ini berkali-kali sama sekali tidak membuat saya lebih hebat memainkannya. Mini Games ini memang menyenangkan, namun juga membuat frustrasi.

Yang kedua adalah COOK. Bukannya memasakan makanan secara langsung, Anda diminta untuk memasak makanan dengan menggunakan slot machines. Boleh dibilang, bahwa mini games ini benar-benar mengandalkan keberuntungan semata. Sulit sekali.


Sensasi Setelah Memainkannya Kembali
Spoiler for Penampakan:

Bishi Bashi Special hingga kapapun memang akan jauh lebih seru jika dimainkan oleh dua orang player dengan semangat kompetisi ringan di dalamnya. Suasana di ruang gaming kantor seketika menjadi menyenangkan dan penuh tawa ketika Bishi Bashi ini dimainkan. Stress yang terasa karena hendak mengejar artikel tertentu pun terasa lenyap sementara. Sangat sulit untuk menggambarkan bagaimana game ini menyajikan momen-momen yang nostalgic namun sekaligus juga menghadirkan kegembiraan bagi siapapun yang memainkannya.


Terimakasih udah mau mampir gan, jika agan punya waktu luang, Bishi Bashi Special benar-benar sebuah game yang pantas untuk dimainkan kembali, sekedar untuk menghilangkan kepenatan aktivitas sehari-hari. Gelak tawa yang dihadirkan mampu menutup rasa kesal dan marah yang mungkin kita dapatkan dari bekerja atau mungkin dari sekolah. Saya merekomendasikan agan untuk memainkan game ini kembali.emoticon-2 Jempol

Game ini menurut saya mampu memperakrab hubungan sama temen2 kita, saat bermain pasti ada gelak tawa bahagia, dan rasa tidak mau kalah, itulah yang membuat keakraban itu terjadi emoticon-Ngakak

Pengalaman agan setelah memainkan game ini bagaimana? yuk saling berbagi, tinggalin jejak dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star
0
13.1K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.