candra.ajiAvatar border
TS
candra.aji
Pelayanan Buruk BLIBLI.COM
Blibli.com merupakan social e-commerce yang dikembangkan dengan visi untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, dan membebaskan. Itulah yang dikatkan oleh website resminya, namun menurut ane:

Blibli.com merupakan e-commerce yang otomatis, bekerjasama dengan merchant lain, namun tidak mempunyai pengawasan yang baik terhadap merchant tersebut. "bisa dikatakan buruk". Ane ngomong gitu bukan ngasal, namun hal ini didasarkan pengalaman belanja ane "[dibatalkan]". blibli.com di websitenya menampilkan semua barang-barang yang dipajang seolah adalah miliknya dan ada dalam kendali blibli.com, [seperti bhinneka.com dll]namun kenyataannya tidak semua barang tersebut diatur dan dikendalikan oleh blibli.com tapi oleh masing-masing toko yang bekerja sama dengan blibli.com, mirip dengan bukalapak.com ataupun tokobagus.com, namun blibli.com tidak seperti tokobagus ataupun bukalapak yang terang terangan memberikan akses komunikasi pembeli kepada penjual/toko/merchant. Namun blibli.com menjadikan dirinya sebagai "calo/blantik/tukang tanah" yang hanya menawarkan link namun tidak mempunyai pengendalian yang jelas. Sehingga data mengenai produk berada di tangan penjual tanpa ada pengawasan yang seharunsya ada.

Mungkin hal tersebut lumrah di berbagai toko online, namun dibanyak toko online hal tersebut diatasi dengan cara pembeli dapat berhubungan langsung dengan penjual dan tidak mengharuskan lewat perantara, jadi produk yang ditawarkan bisa ditanyakan dengan jelas baik itu ketersediannya dan lain-lain.

Itulah blibli.com

Setelah tahu blibli.com, ane mau cerita pengalaman belanja ane.. [curhat dikit]

Ane checkout tangal 25 juli 2013, dan kemudian melakukan pemabyaran seingat ane tanggal 26 juli 2013. Konfirmasi pun sudah diterima, tinggal pengiriman. Estimasi tanggal diterima 1 Agustus - 15 Agustus 2013. Dengan segala kejanggalan, ane tunggu dengan sabarnya. ketika tanggal 29, ane dapet konfirmasi pengiriman dan juga dapet airwaybill/resi jne reguler, dengan no.2348320290007. Ane lega setelah mendapatkan pemberitahuan tersebut, jadi ane tinggal nunggu yang ditunggu-tunggu dateng. Tapi beberapa hari berikutnya ane cek lagi di web blibli.com , status pemesannannya berubah jadi "menunggu pengambilan kurir", padahal sebelumnya status nya udah proses pengiriman, tapi anehnya balik lagi ke status awal. Jadi ane hubunginlah blibli.com dan kekecawaan yang ane dapat terhadap pelayanannya. Ane cuman disuruh nunggu sampai estimasi tanggal diterima, ane nurut aja.
Singkat cerita, estimasi tanggal diterima pun berkahir, dan ane hubungin lagi blibli.com, namun hasilnya bahwa ada keterlambatan dan silahkan menunggu, ane nurut lagi. Sekali lagi ane hubungin blibli.com di lain waktu, dan hasilnya blibli.com tidak bisa menghubungi merchantnya, [merchant tidak merespon]. Hari ini 23 Agustus 2013, blibli.com mengatakan bahwa produk yang saya pesan Out of Stock, dan berujung di refund.

Dari pengalaman ane diatas, banyak terjadi kejangglan dan kekecewaan :

  1. Status dari konfirmasi pengiriman dan resinya, tiba-tiba berubah jadi status awal menunggu pengambilan.
  2. Jika barang tersebut Out of Stock, tapi kenapa ada resi dan status pengiriman order.
  3. Blibli.com tidak bisa menghubungi merchant / merchant tidak merespon.
  4. Costumer Servicenya buruk.
  5. Data tidak bisa dipertanggungjawabkan.
  6. Biaya pengiriman sampai 170.000 untuk sebuah barang yang tidak lebih berat dari 2 kg.
  7. Biaya pengiriman = Diskon yang didapat.



Terus ane tadi tanyakan kenapa bisa terjadi no.2 dan blibli.com menjawab :
"untuk email dikirimkan secara sistematis Pak, mohon diabaikan dan disesuaikan dengan data ataupun informasi yang sudah kami update per hari ini Pak Candra"

Itu pengalaman ane belanja di toko online blibli.com, sekarang ane jauh lebih milih belanja di KASKUS ataupun toko yang punya kredibilitas yang baik.
Gimana menurut agan?..

nb: ane kasih SS nya dll.

Spoiler for SS:


udah gan.. ane cuman share..
kalau ane salah kamar, tolong dibantu gan..
Diubah oleh candra.aji 23-08-2013 08:40
0
21K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.